Penyebab Kanker Diffuse Large B-Cell Lymphoma (DLBCL) - Info Sehat Klikdokter.com
search

Penyebab Kanker Diffuse Large B-Cell Lymphoma (DLBCL)

Ari Lasso mengidap kanker langka bernama Diffuse Large B-Cell Lymphoma. Ketahui penyebab, gejala dan pengobatan kanker DLBCL di sini.
Ilustrasi Kanker Diffuse Large B-Cell Lymphoma (DLBCL) (Foto: ari_lasso/Instagram)

Penyanyi Ari Lasso mengaku mengidap kanker bernama Diffuse Large B-Cell Lymphoma (DLBCL). Kabar ini tentu mengejutkan, terlebih jenis kanker yang diidap tergolong langka dan jarang terdengar.

Berdasarkan Lymphoma Research Foundation, DLBCL merupakan jenis kanker non-Hodgkin atau kanker yang yang berkembang di sistem limfatik.

Sistem ini terdiri dari kelenjar serta pembuluh yang menjadi bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Umumnya, pertumbuhan kanker DLBCL berawal di limfosit B (salah satu jenis sel darah putih) yang bertugas memproduksi antibodi di kelenjar getah bening

Artikel lainnya: Komplikasi yang Dapat Terjadi Akibat Kanker Pankreas

Kelenjar seukuran kacang polong tersebut bertempat di leher, selangkangan dan ketiak. Meski begitu, limfoma juga dapat tumbuh di luar area kelenjar getah bening, seperti saluran pencernaan, testis, tiroid, kulit, payudara, tulang, otak, dan organ tubuh lainnya.

1 dari 4

Penyebab Kanker DLBCL

Ilustrasi Kanker DLBCL
loading

Disampaikan dr. Theresia Rina Yunita, hingga saat ini penyebab kanker DLBCL belum diketahui secara pasti.

“Namun, ada faktor risiko yang harus diwaspadai, yaitu berusia pertengahan atau rata-rata dialami oleh orang berusia 64 tahun, pria, dan bukan orang Asia atau Afrika-Amerika,” katanya.

“Selain itu, kemungkinan mengalami kanker ini meningkat jika memiliki penyakit autoimun, atau kondisi sistem kekebalan tubuh yang rendah,” dia menambahkan.

Mengutip WebMD, risiko terjangkit kanker DLBCL juga semakin tinggi jika Anda pernah mendapatkan perawatan radiasi atau kemoterapi.

Hal ini juga berlaku pada orang yang pernah terpapar radiasi tingkat tinggi maupun bahan kimia tertentu.

Artikel lainnya: Menyingkap Berbagai Penyebab Benjolan di Paru-Paru

2 dari 4

Gejala Diffuse Large B-Cell Lymphoma

Demam Merupakan Gejala Diffuse Large B-Cell Lymphoma
loading

Dokter Theresia menjelaskan, gejala awal Diffuse Large B-Cell Lymphoma dapat menyebabkan benjolan di selangkangan, ketiak, atau leher.

“Benjolan ini membesar dengan cepat, dapat disertai nyeri ataupun tidak,” jelas wanita yang akrab disapa dr. There tersebut.

Sementara itu, sekitar 40 persen pasien mengalami kanker DLBCL yang tumbuh di perut atau usus.

Berikut gejala lain yang muncul akibat kanker DLBCL:

  • Demam
  • Keringat pada malam hari
  • Penurunan berat badan
  • Nyeri perut atau dada
  • Sesak napas
  • Batuk
  • Gatal

Artikel lainnya: Perut Sakit dan Bengkak, Waspada Kanker Kantong Empedu

3 dari 4

Pengobatan Kanker DLBCL

Ilustrasi Kanker DLBCL
loading

Pertumbuhan DLBCL sangat cepat. Saking cepatnya, dokter biasanya menemukan kanker ini bersarang pada banyak tempat di tubuh pasien.

Kendati demikian, kanker limfoma berpotensi disembuhkan. Sebanyak 3 dari 4 pengidap kanker DLBCL berhasil sembuh usai menjalani pengobatan.

“Pengobatan tersebut disesuaikan berdasarkan sejumlah faktor, seperti usia, kondisi kesehatan keseluruhan, stadium, dan subtipe kanker,” kata dr. There lagi.

Selain itu, dokter juga akan mempertimbangkan tempat penyebaran kanker DLBCL pada tubuh pasien guna menyesuaikan terapi pengobatannya.

Disampaikan dr. Theresia, terapi pengobatan Diffuse Large B-Cell Lymphoma yang paling umum digunakan adalah R-CHOP, yaitu kombinasi obat intravena dan pil.

Lebih dari 18.000 orang didiagnosis mengidap kanker DLBCL setiap tahunnya. Limfoma ini memang agresif dan dapat menjalar cepat di dalam tubuh.

Baca Juga

Meski begitu, Diffuse Large B-Cell Lymphoma berpotensi untuk disembuhkan. Oleh karena itu, jika Anda merasakan gejala-gejala DLBCL, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. 

Anda masih punya pertanyaan seputar kanker dan gejalanya? Hubungi dokter kami melalui layanan Live Chat 24 Jam dari aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

ARTIKEL TERKAIT

Mengenal Terapi Target untuk Mengatasi Penyakit Kanker

Info Sehat
09 Sep

Menyingkap Berbagai Penyebab Benjolan di Paru-Paru

Info Sehat
08 Sep

Komplikasi yang Dapat Terjadi Akibat Kanker Pankreas

Info Sehat
08 Sep

Operasi Whipple untuk Mengatasi Kanker Pankreas

Info Sehat
07 Sep

Pemanfaatan Robot pada Operasi Kanker Lambung dan Kolorektal

Info Sehat
06 Sep

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat