Ketahui Tes Molekuler Isotermal untuk Deteksi COVID-19 - Info Sehat Klikdokter.com
search

Ketahui Tes Molekuler Isotermal untuk Deteksi COVID-19

Metode molekuler isotermal saat ini digunakan untuk COVID-19. Seberapa efektif swab test molekuler isothermal untuk deteksi coronavirus? Ini kata dokter.
Ketahui Tes Molekuler Isotermal untuk Deteksi COVID-19

Cms-admin.klikdokter.com, Jakarta Dalam memutus rantai penularan COVID-19, para ahli percaya dibutuhkan tracing dan tracking yang cepat dan akurat. 

Artinya, pemeriksaan coronavirus secara masif diperlukan agar pasien cepat teridentifikasi dan mendapat penanganan tepat.

Baru-baru ini terdapat metode baru dalam mendeteksi virus corona,  yaitu tes molekuler isotermal. Tes ini dinilai memiliki performa tinggi untuk mendeteksi virus corona dalam waktu singkat. 

Penasaran seberapa cepat dan efektif swab test molekuler isothermal? Simak penjelasan dokter berikut.

1 dari 3

Tes Molekuler Isotermal dan Efektivitasnya untuk Deteksi COVID-19

Tes Molekuler Isotermal dan Efektivitasnya untuk Deteksi COVID-19
loading

Tes molekuler isotermal relatif baru yaitu pada tahun 2000. Penggunaanya telah dimanfaatkan untuk mendeteksi virus RNA, seperti virus HIV dan virus Ebola Zaire.

Artikel Lainnya: Hasil CT Pasien COVID 1,8, Tanda Infeksi Varian Mu?

Dokter Arina Heidyana menjelaskan, tes molekuler isotermal umumnya hampir sama dengan tes PCR. 

Kedua tes tersebut bertujuan mendeteksi DNA atau materi genetik virus. Kemudian, pengambilan sampel juga dilakukan melalui usapan (swab) nasofaring.

“Tes molekuler isotermal dan RT-PCR sama-sama merupakan jenis NAAT (nucleic acid amplification test), yaitu sama-sama mendeteksi asam nukleat dari virus COVID-19. Hanya saja, tes isotermal bisa memberikan hasil yang lebih cepat, yaitu sekitar 15 menit,” jelas dr. Arina. 

  • Bisa Menggunakan Sampel Urine dan Air Liur

Menurut studi yang dipublikasikan National Center for Biotechnology Information, AS, sampel tes molekuler isotermal tidak hanya melalui swab orofaringeal dan nasofaring. Tes ini juga dapat mendeteksi SARS-CoV-2 menggunakan sampel urine dan air liur.

  • Hasil Lebih Cepat

Keunggulan lain dari tes molekuler isotermal adalah hasil yang cepat dan tidak memerlukan fasilitas laboratorium. 

Hasilnya bisa diketahui dalam waktu di bawah 30 menit. Sangat jauh berbeda dengan swab PCR yang memerlukan pemeriksaan lab dalam 1-3 hari.

Selain itu, hasil yang cepat dari tes molekuler isothermal dapat membantu pasien dengan kasus gawat darurat di IGD, memerlukan operasi segera, serta bergejala berat dan butuh rawat inap.

  • Praktis Digunakan

Alat tes molekuler isotermal memiliki ukuran yang relatif kecil dan mudah dibawa ke mana-mana. Jadi, alat ini bisa lebih mudah digunakan oleh fasilitas kesehatan dan masyarakat umum untuk mendeteksi virus corona.

Keuntungan lainnya, deteksi isotermal dapat menghindari langkah ekstraksi asam nukleat. Prosedur tersebut memakan waktu dan berpotensi menyebabkan kontaminasi.

Swab test molekuler isothermal dapat mendeteksi coronavirus dalam waktu lebih singkat, dengan sensitivitas 95 persen dan spesifisitas 97,9 persen. Penggunaan tes yang cepat sangat baik digunakan untuk memutus penularan COVID-19.

Artikel Lainnya: COVID-22, Virus Lebih Berbahaya dari Mutasi COVID-19 Delta

2 dari 3

Tes PCR Masih Menjadi Gold Standard untuk Deteksi COVID-19

Tes PCR Masih Menjadi Gold Standard untuk Deteksi COVID-19
loading

Dokter Arina mengatakan, meskipun tes molekuler isotermal terbukti memiliki hasil yang cepat dalam mendeteksi COVID-19, tes ini memiliki keterbatasan dalam mendeteksi.  

“Tes harus dilakukan kurang dari tujuh hari setelah muncul gejala atau setelah kontak. Lebih dari itu tidak efektif. Jadi, tetap tes RT-PCR yang menjadi pemeriksaan gold standard untuk diagnosis COVID-19,” terang dr. Arina. 

Selain itu, teknik deteksi isotermal dapat menunjukkan hasil positif palsu. Jika Anda memiliki gejala COVID-19, segera lakukan pemeriksaan PCR agar cepat mendapat penanganan tepat. 

Baca Juga

Selalu terapkan protokol kesehatan di mana pun Anda berada. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar tes COVID-19, Anda bisa konsultasi lebih mudah lewat LiveChat dokter. Pemeriksaan bisa lebih cepat lewat layanan PCR Homecare dari Klikdokter.

(FR/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Rommi Rusfiandhi, MKK

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000
avatar

dr. Khalida Handayacita

Konsultasi Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Peter Fernando

Dokter Umum
wallet
Rp. 35.000

ARTIKEL TERKAIT

Kombinasi Vaksin COVID dan Flu, Cegah Keparahan COVID?

Info Sehat
13 Sep

Waspada, Ini Gejala dan Komplikasi MIS-C COVID pada Anak

Info Sehat
13 Sep

Hasil CT Pasien COVID 1,8, Tanda Infeksi Varian Mu?

Info Sehat
10 Sep

Overdosis Ivermectin Sebabkan Kemandulan pada Pria, Benarkah?

Info Sehat
10 Sep

Perlu Tahu, Ini Arti Warna di Aplikasi PeduliLindungi

Info Sehat
09 Sep

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat