Waspada Bahaya Microneedling Makeup bagi Kulit Wajah - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Waspada Bahaya Microneedling Makeup bagi Kulit Wajah

Microneedling makeup adalah metode memasukkan BB cream ke lapisan kulit. Meski bikin kompleksi wajah sempurna, ini efek samping microneedling makeup.
Waspada Bahaya Microneedling Makeup bagi Kulit Wajah

Memiliki kulit wajah flawless setiap saat pasti diidam-idamkan setiap wanita. Tahukah Anda? Untuk mendapatkan tampilan kulit mulus seperti habis memakai foundation atau BB cream, ada treatment kecantikan yang dinamakan microneedling makeup

Teknik microneedling makeup banyak diminati karena bisa memberikan kemudahan untuk mendapatkan wajah cantik dan glowing dengan cepat, tanpa perlu terlalu banyak base riasan. 

Sayangnya, efek samping microneedling makeup cukup buruk untuk kesehatan kulit wajah. Ketahui lebih jauh tentang microneedling makeup dan bahayanya berikut ini.

1 dari 3

Proses Microneedling Makeup

Proses Microneedling Makeup
loading

Metode microneedling makeup mirip seperti microneedling pada umumnya. Bedanya, yang dimasukkan melalui jarum kecil adalah produk makeup seperti BB cream.

Artikel Lainnya: Kandungan Make Up yang Bisa Picu Jerawat

Dokter Theresia Rina Yunita menjelaskan, “Microneedling merupakan teknik yang menggunakan jarum kecil yang ditusuk-tusuk ke seluruh wajah, dan memicu proses healing pada kulit sehingga terbentuk kolagen dan elastin.”

Menurut dr. Theresia, memasukkan BB cream atau foundation pada proses microneedling makeup bertujuan agar kulit tampak lebih baik dan tidak perlu menambahkan base makeup lagi setiap harinya.

“Saat proses microneedling makeup ini, kulit akan lebih maksimal dalam menyerap nutrisi yang diberikan. Makanya penerapan microneedling sering dibarengi dengan pemberian serum wajah. Dengan harapan hasilnya akan lebih maksimal,” jelasnya.

Pendiri fasilitas kecantikan Glow Skin & Laser di New York City, Aishe Balic, mulai menerapkan teknik microneedling makeup sejak 2018. 

Kulit disuntikkan dengan cairan foundation atau BB cream sedalam 1 mm ke dalam kulit. Metode ini dianggap layaknya “tato pigmen” untuk seluruh wajah. 

Proses microneedling makeup memakan waktu sekitar tiga jam. Produk BB cream atau foundation semi permanen ini dapat bertahan selama 6 bulan hingga 1 tahun. 

2 dari 3

Bahaya Microneedling Makeup bagi Kulit Wajah

Bahaya Microneedling Makeup bagi Kulit Wajah
loading

Walaupun memberikan tampilan cantik tanpa harus mengaplikasikan banyak makeup setiap hari, microneedling makeup memiliki efek samping berbahaya. 

“Tindakan microneedling makeup ini berisiko. BB cream atau foundation pastinya memiliki kandungan bahan kimia, yang apabila terlalu lama di kulit dapat menyebabkan iritasi dan masalah kulit lainnya,” papar dr. Theresia.

Makeup umumnya tidak boleh digunakan sepanjang hari, harus memberikan waktu untuk kulit beristirahat,” sambungnya.

Ahli dermatologi Amerika Serikat, Linda C. Honet, MD, juga berpendapat agar para wanita menjauhi microneedling makeup. Menurutnya, treatment ini akan berbahaya bagi kulit. 

Artikel Lainnya: Cara Make Up Mata yang Benar dan Aman

Dokter Linda mengatakan, microneedling yang benar dan aman diformulasikan khusus untuk merangsang produksi kolagen baru yang lebih sehat. 

Manfaat microneedling untuk kulit sebenarnya memperbaiki kondisi tekstur dan pigmen, serta mengurangi kerutan kulit. 

Kemampuan penyembuhan alami di kulit akan terangsang. Jika dicampur makeup, maka masalah kulit malah bisa timbul. 

Dokter Linda mengungkapkan beberapa efek samping microneedling makeup bisa bermacam-macam. Contohnya, kulit akan sulit diobati dan yang paling buruk dapat merusak kulit secara permanen. 

Selain itu, komplikasi yang bisa terjadi akibat proses microneedling makeup pada wajah adalah jaringan parut, infeksi, iritasi, toksisitas kimia, dan reaksi inflamasi. 

Perawatan microneedling makeup pun belum menggunakan produk yang disetujui Food and Drug Administration, Amerika Serikat. Jadi, keamanannya masih dipertanyakan.

Baca Juga

Bila Anda menemukan tawaran treatment microneedling makeup dan sejenisnya, lebih baik dihindari. Produk kosmetik seharusnya tidak boleh menempel seharian di wajah, bahkan berada di dalam lapisan kulit. 

Kalau ingin tanya lebih lanjut seputar perawatan kecantikan dan pemakaian makeup, Anda bisa konsultasi lebih mudah lewat LiveChat dokter kulit.

(FR/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Irwan Junawanto,SpKK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Febrina T Kurniasih, M. Ked(DV), Sp. DV

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Julieta Diana Pricillia Dotulong, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Laser Fotona untuk Kecantikan Kulit Wajah

Info Sehat
05 Okt

Mengenal Perbedaan Primer dan Pelembap Kulit

Info Sehat
04 Okt

Bahan-Bahan Kosmetik yang Berisiko Menyebabkan Kanker

Info Sehat
27 Jul

Waspadai Efek Samping Perawatan Setrika Wajah

Info Sehat
06 Mei

Perawatan yang Perlu Dilakukan Setelah Mikrodermabrasi

Info Sehat
07 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat