Manfaat Putih Telur untuk Tumbuh Kembang Anak - Info Sehat Klikdokter.com
search

Manfaat Putih Telur untuk Tumbuh Kembang Anak

Banyak orangtua menghindari kuning telur dan lebih memilih memberikan putih telur untuk anak. Lantas, apa saja manfaat putih telur untuk anak?
Manfaat Putih Telur untuk Tumbuh Kembang Anak

Kuning telur diketahui punya banyak kandungan lemak dan kolesterol. Meski keduanya sama-sama dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak, terlalu banyak konsumsi kuning telur dapat membuat si kecil mengalami obesitas

Itu sebabnya, banyak orangtua memilih untuk memberikan si kecil putih telur saja karena dianggap lebih rendah kandungan lemak dan kolesterol. Namun, apakah putih telur untuk anak bermanfaat bagi tumbuh kembangnya?

1 dari 3

Nutrisi Dalam Putih Telur

loading

Melansir dari WebMd, kuning telur memang mengandung kandungan lemak dan kolesterol yang cukup tinggi. Jika Anda ingin memberikan telur tanpa lemak dan kolesterol, keluarkan kuningnya sebelum telur dimasak.

Namun, yang perlu diketahui, saat kuning telur disingkirkan, anak akan kehilangan banyak vitamin seperti A, D, E, K, serta DHA. Jadi, apakah ini berarti putih telur yang tersisa tidak menawarkan nilai gizi?

Tentu tidak. Putih telur tetap punya kandungan sehat yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Artikel Lainnya: Manfaat Konsumsi Telur untuk Ibu Menyusui

Putih Telur
loading

Selain rendah kalori dan tidak mengandung lemak, putih telur memiliki:

  • 4 gram protein
  • 55 miligram natrium
  • 1,3 mikrogram folat
  • 6,6 mikrogram selenium
  • 2,3 milligram kalsium
  • 3,6 milligram magnesium
  • 4,9 miligram fosfor‌
  • 53,8 milligram potasium

Melansir Healthline, putih telur mengandung protein tinggi tetapi rendah kalori. Bagian ini memiliki sekitar 67 persen dari semua protein yang ada di sebutir telur.

Dokter Dyah Novita Anggraini menambahkan, putih telur untuk anak juga menyediakan protein lengkap.

“Artinya, putih telur mengandung semua asam amino esensial dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh anak untuk berfungsi dengan baik,” katanya.

Artikel lainnya: Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan protein pada putih telur akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Pedoman diet Australia merekomendasikan 14 gram protein sehari untuk anak usia 1-3 tahun dan 20 gram sehari untuk anak 4-8 ​​tahun.

Sebutir telur mengandung sekitar 6 gram protein yang menyediakan hampir setengah dari asupan harian yang direkomendasikan untuk balita.

Jumlah tersebut sudah memenuhi hampir sepertiga dari asupan harian yang direkomendasikan untuk anak yang lebih besar.

2 dari 3

Manfaat Putih Telur untuk Anak

Manfaat Putih Telur untuk Anak
loading

Ada beberapa manfaat yang disajikan dalam putih untuk anak. Berikut beberapa di antaranya.

1. Mencegah Obesitas

Putih telur dapat mengurangi rasa lapar sepanjang hari pada anak. Selain itu, konsumsi putih telur dapat mengurangi keinginan anak untuk ngemil makanan yang tidak sehat, tinggi gula, dan tinggi lemak.

“Kandungan protein yang tinggi dapat membantu melawan obesitas pada anak. Protein dapat membantu mengurangi nafsu makan, sehingga sangat cocok untuk anak yang mengalami obesitas,” ucap dr. Dyah Novita. 

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Putih telur memiliki kandungan yang bernama kolin. Nutrisi makro ini membantu sinyal saraf serta fungsi sistem saraf otak.

Sebuah penelitian yang telah dilakukan di Universitas Washington menemukan, bayi yang mengonsumsi satu telur setiap hari selama total enam bulan, fungsi otak mereka akan meningkat.

Hal ini tentu harus didukung dengan kebutuhan nutrisi dan faktor lainnya.

Artikel Lainnya: Manfaat Telur Angsa yang Jarang Diketahui

3. Memperkuat Otot Anak

Manfaat putih telur untuk anak berikutnya adalah memperkuat otot si kecil. Putih telur kaya akan protein sehingga sangat baik untuk pertumbuhan otot di masa kanak-kanak.

Mengonsumsi putih telur secara teratur dapat membantu memperkuat otot, mencegah anak kelelahan, serta meningkatkan tingkat kekebalan.

4. Memperkuat Tulang

Putih telur tinggi kandungan kalsium sehingga baik untuk kesehatan tulang secara keseluruhan. Mengonsumsinya secara teratur dapat menguatkan tulang anak serta mencegah terjadinya patah tulang dan osteoporosis di masa depan. 

Selain itu, putih telur juga membantu dalam meningkatkan tingkat kepadatan tulang pada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Dijelaskan dr. Dyah Novita, tidak ada anjuran khusus berapa banyak atau seberapa sering boleh mengonsumsi putih telur untuk anak. Namun, pahamilah kalau untuk mendukung tumbuh kembang anak, ibu perlu mencukupi nutrisi lainnya.

Berikan anak variasi makanan yang berbeda. Anda bisa menggunakan putih telur pada campuran masakan sehat, seperti dibuat omelet dengan campuran sawi dan wortel.

Ibu juga perlu mengetahui bahwa putih telur mentah juga dapat menimbulkan risiko keracunan makanan dari bakteri Salmonella. Bakteri ini dapat hadir dalam telur atau di kulitnya.

Baca Juga

Untuk mencegah bakteri ini masuk ke tubuh si kecil, pastikan ibu selalu mencuci telur dan juga tangan sebelum mengolahnya. Pastikan putih telur dimasak hingga matang. 

Jika memiliki pertanyaan lain seputar kesehatan dan tumbuh kembang anak, manfaatkan layanan LiveChat dari aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Verly Hosea, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Joko Kurniawan, M.Sc, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Ribka Cordelia Iskandar, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 25.000

ARTIKEL TERKAIT

Anak Suka Jalan Jinjit, Indikasi Kelainan Tulang?

Info Sehat
12 Okt

Kapan Si Kecil Dapat Memulai Bisnis? Ini Kata Psikolog

Info Sehat
12 Okt

Tips Memilih Ukuran Sepeda yang Pas Buat si Kecil

Info Sehat
09 Okt

Tidak Disangka, Ini Manfaat Luar Biasa dalam Sebutir Telur Bebek

Info Sehat
07 Okt

Tips Membesarkan Anak dengan Diabetes Tipe 1

Info Sehat
06 Okt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat