9 Manfaat Pull Up bagi Kesehatan, Ampuh Bentuk Otot?
search

Ragam Manfaat Pull Up bagi Kesehatan Tubuh dan Otot

Selain membentuk otot, ada beragam manfaat melakukan pull up lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan.
Ragam Manfaat Pull Up bagi Kesehatan Tubuh dan Otot

Pull up merupakan salah satu latihan untuk tubuh bagian atas. Untuk melakukan pull up, pertama-tama Anda harus menggantung pada sebuah pull up bar dan berusaha mengangkat tubuh Anda sampai dagu melewati bar.

Jenis latihan ini tergolong sulit. Namun, ada beberapa variasi assisted pull up yang bisa dilakukan, misalnya dengan menggunakan yoga band atau menggunakan mesin yang memiliki tumpuan di lutut.

Apa pun variasi pull up yang dilakukan, manfaatnya tetap sama. Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat pull up:

1. Melatih Otot Punggung

Pull up merupakan latihan terbaik untuk memperkuat otot punggung. Dengan melakukan latihan ini, berbagai otot pada punggung langsung dilatih sekaligus.

Tidak hanya memperkuat, gerakan pull up juga bermanfaat untuk membentuk otot-otot punggung, sehingga dapat memberikan tubuh bentuk V yang diidam-idamkan banyak orang.

Artikel Lainnya: Praktis, Ini Cara Membentuk Otot Lengan Tanpa ke Gym

1 dari 4

2. Baik untuk Kekuatan Lengan dan Bahu

Olahraga Pull Up Baik untuk Kekuatan Lengan dan Bahu
loading

Selain punggung, fungsi lain dari latihan pull up adalah untuk melatih lengan dan bahu. Khasiat ini diperoleh karena gerakannya yang membutuhkan kekuatan dari kedua bagian tubuh tersebut.

Jadi, bagi Anda yang ingin meningkatkan kekuatan pada area lengan dan bahu, lakukan pull up secara rutin.

3. Meningkatkan Kekuatan Genggaman

Manfaat gerakan pull up lainnya adalah memperkuat genggaman. Kekuatan genggaman terutama penting untuk olahraga-olahraga, seperti angkat besi, golf, tennis, panjat tebing, dan bowling.

Tak hanya itu, genggaman yang kuat juga berguna untuk kegiatan sehari-hari, misalnya membuka toples, menggali, atau membawa belanjaan.

4. Membakar Lemak

Jika Anda berencana menurunkan berat badan, sertakan latihan pull up ke program Anda. Karena latihan ini melibatkan banyak otot, energi yang dibutuhkan dan pembakaran kalorinya pun lebih banyak.

Dengan latihan ini, Anda bisa membakar lemak sekaligus membentuk otot secara bersamaan.

Artikel Lainnya: Deretan Makanan untuk Membentuk Otot di Tubuh Anda

2 dari 4

5. Melibatkan Otot Inti Tubuh

Pull Up Melibatkan Otot Inti Tubuh
loading

Pada saat melakukan gerakan pull up, Anda akan mempertahankan posisi dan mencegah tubuh bergerak secara berlebihan. Secara otomatis, otot inti tubuh akan mengencang.

Semakin banyak repetisi pull up yang dilakukan, otot tubuh pun akan semakin mengencang. Oleh sebab itu, gerakan pull up dapat bermanfaat untuk melatih otot tubuh.

Perlu diketahui, otot inti tubuh yang kuat penting untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas postur tubuh.

6. Baik untuk Kesehatan Mental

Ternyata melakukan pull up bisa menjaga kesehatan mental, lho. Olahraga—termasuk latihan pull up—punya efek yang baik terhadap kesehatan mental.

Dengan rutin latihan pull up, maka bisa membantu mencegah depresi, meningkatkan percaya diri, menurunkan kecemasan, serta memperbaiki fungsi kognitif.

Artikel Lainnya: Kombinasi Suplemen Protein dan Nge-gym untuk Mengencangkan Otot

7. Melatih Daya Ledak

Dalam olahraga, latihan daya ledak sering kali dilupakan oleh banyak orang. Daya ledak merupakan istilah ketika seseorang beralih dari fase diam ke fase gerakan intensitas tinggi dan sekejap.

Jika tujuan latihan pull up Anda adalah untuk melatih itu, Anda sudah tepat. Latihan ini bisa memperkuat daya ledak yang nantinya akan berguna, terutama bagi olahraga kompetitif seperti sepak bola dan basket.

3 dari 4

8. Efisiensi Waktu Latihan

Seorang Pria sedang Pull Up
loading

Salah satu kelemahan dari latihan otot yang terisolasi adalah diperlukan waktu yang banyak untuk melakukannya. Nah, pull up bisa membantu Anda melatih banyak otot sekaligus.

Jadi, jika Anda sedang buru-buru atau memiliki waktu yang sedikit untuk olahraga, masukkan pull up ke dalam program latihan Anda.

9. Memperkuat Kebugaran dan Kekuatan Tubuh Secara Keseluruhan

Banyak sekali aspek yang diperoleh dari manfaat pull up di atas. Oleh karena itu, melakukan pull up akan memberikan kekuatan dan kebugaran secara keseluruhan.

Selain itu, pull up bisa memperkuat tulang dan sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

Baca Juga

Itu dia sembilan manfaat dari gerakan pull up. Hasil yang optimal bisa didapatkan jika Anda melakukannya secara rutin, sekitar dua sampai tiga kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk mengombinasikannya dengan latihan lain serta menjaga pola makan. Selamat mencoba!

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar gaya hidup sehat dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[WA]

ARTIKEL TERKAIT

Ingin Tingkatkan Stamina? Coba Kombinasi Taurin dan Kafein!

Info Sehat
07 Okt

Apa Penyebab Jerawat Muncul Setelah Berolahraga?

Info Sehat
26 Sep

Manfaat Olahraga CrossFit, Efektif Bakar Kalori

Info Sehat
25 Sep

Manfaat Latihan Parkour bagi Kesehatan Tubuh

Info Sehat
22 Sep

Olahraga Picu Stres Oksidatif, Apa Artinya?

Info Sehat
21 Sep

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat