Fakta Seputar Kanker Testis yang Mungkin Belum Anda Tahu - Info Sehat Klikdokter.com
search

Fakta Seputar Kanker Testis yang Mungkin Belum Anda Tahu

Tak hanya pada pria dewasa, kanker testis juga bisa terjadi pada anak-anak, lho. Waspada, berikut ini deretan fakta kanker testis yang mungkin belum Anda ketahui.
Fakta Seputar Kanker Testis yang Mungkin Belum Anda Tahu

Kanker testis merupakan penyakit mematikan yang terjadi akibat pertumbuhan sel abnormal pada buah zakar. Penyakit ini sering dianggap hanya terjadi pada pria dewasa.

Faktanya, kanker testis juga bisa menyerang anak-anak. Studi yang dimuat dalam National Library of Medicine (PubMed) menyebut bahwa jenis keganasan tersebut umumnya ditemukan pada pria berusia 15–44 tahun

Fakta yang cukup mengejutkan, bukan? Nah, agar tak lagi salah memahami penyakit tersebut, berikut ini deretan fakta kanker testis yang mesti Anda ketahui:

1. Penyebab Kanker Testis Belum Diketahui

Melansir dari Healthgrades, penyebab kanker testis masih belum diketahui pasti hingga saat ini. 

Meski demikian, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit tersebut, seperti testis tidak turun, perkembangan testis tidak normal, usia, dan riwayat keluarga (genetik).

Artikel Lainnya: Apakah Nyeri di Selangkangan Selalu Tanda Kanker Testis?

Karena berkaitan dengan faktor genetik, dr. Devia Irine Putri menyarankan kepada orang-orang yang punya riwayat keluarga dengan kanker testis untuk melakukan pemeriksaan organ tersebut secara berkala.

“Kalau misalnya mulai ada keluhan, seperti benjolan ataupun nyeri, segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ujar dr. Devia.

1 dari 3

2. Kanker Lain dapat Menyebar ke Testis

Kanker Lain dapat Menyebar ke Testis
loading

Kanker yang sejak awal terbentuk di buah zakar dikenal dengan nama kanker testis primer. Namun, jika kanker tersebut terjadi akibat penyebaran dari bagian tubuh lain, kondisi ini dikenal dengan sebutan kanker testis sekunder.

Kanker yang dapat menyebar ke testis biasanya berhubungan dengan gangguan darah, seperti limfoma dan leukemia.

3. Gejala yang Paling Umum Adalah Benjolan

Sebagian besar kanker testis menunjukkan gejala berupa benjolan di buah zakar. Gejala tersebut biasanya disertai dengan rasa sakit maupun tidak nyaman pada salah satu atau kedua testis.

Selain itu, penderita kanker testis juga bisa merasakan sensasi berat di skrotum, nyeri di selangkangan maupun perut, dan pembengkakan atau nyeri di area payudara.

Apabila Anda merasakan gejala-gejala tersebut, segeralah berobat ke dokter. “Semakin cepat dideteksi dan diobati, kemungkinan untuk sembuh bisa semakin tinggi,” ungkap dr. Devia.

Artikel Lainnya: Kanker Testis Rentan Ganggu Kesehatan Mental Pasien

2 dari 3

4. Operasi Bedah Merupakan Pilihan Pengobatan Pertama

Operasi Bedah Merupakan Pilihan Pengobatan Pertama
loading

Pengobatan kanker testis biasanya dimulai dengan melakukan pembedahan untuk mengangkat buah zakar yang bermasalah. Tindakan tersebut juga dapat membantu dokter menentukan jenis serta stadium kanker yang dialami pasien. 

Setelah testis dan sel kanker diangkat, dokter akan merekomendasikan perawatan lebih lanjut jika diperlukan.

5. Kesuburan Tidak Berpengaruh Jika Satu Testis Dibiarkan Utuh

Pengangkatan satu testis tidak akan berpengaruh terhadap kesuburan pria. Dengan catatan, testis lain yang masih tersisa dalam keadaan sehat dan berfungsi dengan baik.

Akan tetapi, jika dokter mesti mengangkat kedua testis atau melakukan kemoterapi dan radioterapi, pasien biasanya diminta untuk menyimpan sperma di bank khusus. Sebab, perawatan tersebut dapat menyebabkan kemandulan.

6. Menggunakan Testis Palsu

Pengangkatan satu ataupun dua testis menjadi tantangan dari sudut pandang emosional. Namun, pasien tidak perlu khawatir berlebih akan hal tersebut. Pasalnya, Pasien bisa menggunakan testis palsu untuk mengembalikan penampilan.

Testis palsu tersebut biasanya terbuat dari karet silikon dan diisi dengan gel atau air saline. Testis palsu juga tersedia dalam berbagai ukuran dan berat untuk memastikan kecocokannya.

Baca Juga

Itu dia sederet fakta kanker testis yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Meskipun tergolong jarang terjadi, para pria diminta untuk tetap waspada akan jenis keganasan tersebut.

Apabila mencurigai adanya gejala kanker testis, Anda bisa terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter sebelum ke rumah sakit.

(NB/JKT)

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat