Penyebab Flu pada Ibu Hamil dan Cara Mencegahnya - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Penyebab Flu pada Ibu Hamil dan Cara Mencegahnya

Tahukah Anda, ibu hamil lebih rentan flu dibandingkan orang pada umumnya? Bukan tanpa sebab, flu pada ibu hamil ternyata berkaitan dengan kondisi berikut ini.
Penyebab Flu pada Ibu Hamil dan Cara Mencegahnya

Flu merupakan salah satu penyakit yang sering muncul saat kehamilan. Meski umumnya bukan kasus berat, namun flu pada ibu hamil harus ditangani dengan tepat agar tak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Lantas, mengapa ibu hamil lebih sering mengalami flu daripada orang pada umumnya? Adakah cara untuk mencegah dan mengatasinya agar tak sampai mengganggu aktivitas serta menurunkan kualitas hidup ibu hamil?

Artikel Lainnya: Ini Akibatnya jika Ibu Hamil Terserang Flu Unta

Penyebab Flu saat Hamil

Kehamilan menyebabkan banyak perubahan pada tubuh wanita. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), perubahan-perubahan tersebut melibatkan sistem kekebalan, jantung, serta paru-paru.

Jika perubahan tersebut tak diimbangi dengan gaya hidup sehat dan pola makan bergizi seimbang, virus atau kuman dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh ibu hamil dan menyebabkan flu.

1 dari 2

Solusi untuk Flu pada Ibu Hamil

Solusi untuk Flu pada Ibu Hamil
loading

Pada dasarnya, flu tidaklah berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, ibu hamil harus tetap waspada akan segala kemungkinan.

Faktanya, satu-satunya gejala flu pada ibu hamil yang harus diwaspadai adalah demam.

Demam pada awal kehamilan dapat meningkatkan risiko gangguan pertumbuhan janin. Kondisi tersebut juga bisa mengakibatkan keguguran, khususnya jika tidak ditangani dengan baik.

Adakah cara mencegah flu saat kehamilan agar tak berujung pada kondisi-kondisi yang membahayakan?

Artikel Lainnya: Penyebab Ibu Hamil Rentan Mengalami Anemia

 

Flu pada Ibu Hamil
loading

“Meningkatkan imunitas tubuh adalah cara terbaik untuk mengantisipasi flu pada ibu hamil. Semakin baik imunitas ibu hamil, kemungkinan flu juga semakin rendah”, ujar dr. Muhammad Iqbal Ramadhan.

Meningkatkan imunitas dapat dilakukan dengan mencukupi waktu tidur, melakukan aktivitas fisik ringan, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Di samping itu, ibu hamil juga perlu mengonsumsi cukup cairan, kontrol berkala ke dokter kandungan.

“Ibu hamil juga disarankan untuk menggunakan alat perlindungan diri, seperti masker, saat beraktivitas. Masker dapat memperkecil risiko paparan virus ataupun dengan orang yang membawa mikroorganisme berbahaya tersebut,” ucap dr. M. Iqbal.

Ada pula cara lain yang bisa dilakukan untuk memperkecil risiko flu pada ibu hamil, yaitu dengan mendapatkan vaksin flu. Tak perlu khawatir untuk mendapatkan vaksin flu saat hamil, khususnya jika Anda telah berkonsultasi kepada dokter yang merawat.

Baca Juga

Flu pada ibu hamil adalah kondisi yang umumnya tidak berbahaya. Akan tetapi, ibu hamil tak boleh lengah agar tak mengalami hal fatal akibat kondisi tersebut.

Untuk tahu lebih lanjut tentang flu saat hamil, Anda bisa berkonsultasi secara daring kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Astrina Supandy, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Donny Sutrisno Winardo, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Melinda Febiani, MBiomed Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Bahayakah Sering Mengkonsumsi Kangkung Saat Hamil?

Info Sehat
18 Okt

Terapi Kesuburan Bisa Picu Sindrom Hiperstimulasi Ovarium

Info Sehat
17 Okt

Kulit Lebih Cerah Saat Hamil, Kenali Pregnancy Glow

Info Sehat
17 Okt

Ragam Jenis Ikan yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Info Sehat
16 Okt

Bisakah Punya Anak Kembar Tanpa Garis Keturunan Kembar?

Info Sehat
15 Okt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat