Bolehkah Minum Es Setelah Tambal Gigi? Ini Faktanya
searchtext customer service

Bolehkah Minum Es Setelah Tambal Gigi? Ini Faktanya

Ada berbagai pantangan makanan setelah perawatan tambal gigi, salah satunya konsumsi es. Ini alasannya.
Bolehkah Minum Es Setelah Tambal Gigi? Ini Faktanya

Kondisi gigi berlubang dan karies memerlukan perawatan. Pada umumnya, bila gigi yang berlubang masih bisa diselamatkan, perawatan yang dapat dilakukan berupa penambalan pada gigi yang bermasalah.

Tambal gigi menjadi perawatan dasar yang berfungsi untuk mencegah terjadinya keparahan. Tindakan ini juga bertujuan untuk mengembalikan struktur gigi yang hilang.

Agar perawatan tambal gigi berjalan secara optimal, setelah tindakan ini pasien sebaiknya memperhatikan soal makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Anda sebaiknya mengetahui apa saja jenis makanan yang dilarang setelah tambal gigi. Beberapa jenis makanan yang sulit dikunyah, misalnya makanan kenyal, lengket, dan keras (seperti es), perlu Anda hindari untuk sementara.

1 dari 3

Kapan Boleh Konsumsi Es Setelah Tambal Gigi?

Kapan Boleh Konsumsi Es Setelah Tambal Gigi?
loading

Instruksi dari dokter gigi pasca dilakukan tambal gigi akan sangat bervariasi, bergantung pada jenis perawatan.

Umumnya, hal dasar yang perlu diperhatikan setelah melakukan tambal gigi, yaitu gigi yang telah ditambal tidak boleh digunakan untuk makan atau minum minimal 30 menit pertama.

Artikel Lainnya: Berbagai Pantangan Setelah Tambal Gigi, Apa Saja?

Waktu yang dibutuhkan tersebut akan berbeda-beda, tergantung dari jenis bahan tambal yang digunakan.

Untuk bahan glass ionomer cement, waktu yang diperlukan agar gigi bisa digunakan kembali lebih lama, yaitu sekitar 24 jam.

Lalu, bagaimana dengan konsumsi es? Bolehkah Anda minum es setelah tambal gigi?

Sebenarnya untuk perawatan tambal gigi sederhana, Anda diperbolehkan mengonsumsi es. Namun, Anda harus menunggu sekitar 30 menit atau 24 jam.

Seperti yang dijelaskan di atas, tambal gigi membutuhkan waktu untuk melekat dengan sempurna. Tentu saja, waktu yang diperlukan tergantung dari jenis bahan tambal yang digunakan.

Sementara itu, bila perawatan tambal gigi yang Anda lakukan membutuhkan pengurangan gigi cukup banyak, bahkan sampai dilakukan pemberian anastesi, es baru boleh dikonsumsi setelah 24 jam.

2 dari 3

Dampak Konsumsi Es Setelah Tambal Gigi

Dampak Konsumsi Es Setelah Tambal Gigi
loading

Perawatan tambal gigi yang mengurangi cukup banyak struktur gigi dan perawatan yang membutuhkan anestesi, membutuhkan waktu setidaknya 24 jam bagi pasien untuk dapat mengonsumsi es.

Lantas, apa yang menjadi alasan es tidak dianjurkan setelah tambal gigi? Perlu diketahui, ketika gigi terkontaminasi oleh obat bius, maka kepekaan gigi akan suhu dan beberapa rasa sakit menjadi berkurang drastis.

Artikel Lainnya: Gusi Bengkak Setelah Tambal Gigi, Inilah Penyebabnya

Bila Anda tetap memaksakan untuk mengonsumsi es sebelum batas waktu yang dianjurkan, dikhawatirkan adanya hal yang melukai gigi atau gusi.

Ketika pengaruh obat bius masih ada, gejala yang muncul mungkin tidak akan terasa. Namun, dampaknya baru akan terasa ketika efek obat bius menghilang.

Oleh sebab itu, konsumsi es atau beberapa makanan yang memiliki risiko melukai gusi atau gigi sebaiknya dilakukan setelah 24 jam setelah perawatan tambal gigi.

Beberapa jenis makanan yang dilarang setelah perawatan tambal gigi sekaligus berisiko melukai gusi, yaitu:

  • Makanan yang terlalu panas.
  • Makanan terlalu dingin.
  • Makanan yang sulit dikunyah karena keras, lengket, dan sebagainya.

Jadi, usahakan Anda menghindari makanan-makanan tersebut tepat setelah menjalani prosedur tambal gigi.

Selain itu, pastikan Anda mengetahui bahan tambal yang digunakan. Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan kapan tambal gigi mengeras dengan sempurna sebelum digunakan untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Baca Juga

Konsumsi es sebenarnya sah-sah saja setelah melakukan perawatan tambal gigi. Namun demikian, Anda harus menunggu kira-kira 30 menit hingga 24 jam agar tambal gigi dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Waktu yang dibutuhkan tambal gigi agar mengeras sempurna akan berbeda-beda, tergantung dari bahan tambal yang digunakan. Jadi, pastikan Anda berkonsultasi kepada dokter gigi setelah melakukan prosedur perawatan ini.

Apabila memiliki pertanyaan seputar tambal gigi atau perawatan gigi dan mulut lainnya, Anda dapat menggunakan layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter. Jangan lupa unduh aplikasinya, ya!

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. Nuzulul Ismi, Sp. Perio

Dokter Gigi Spesialis Periodonsia
wallet
Rp. 65.000
avatar

drg. Max Johnson, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Robin, Sp. Perio

Dokter Gigi Spesialis Periodonsia
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Berbagai Pantangan Setelah Tambal Gigi, Apa Saja?

Info Sehat
06 Okt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat