Obesitas Bisa Menurunkan Kepadatan Tulang dan Massa Otot? - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Obesitas Bisa Menurunkan Kepadatan Tulang dan Massa Otot?

Selain diabetes tipe 2, obesitas juga dianggap dapat menurunkan kepadatan tulang dan massa otot. Apakah hal tersebut fakta atau mitos belaka? Cek di sini!
Obesitas Bisa Menurunkan Kepadatan Tulang dan Massa Otot?

Sebuah studi baru-baru ini mengklaim bahwa obesitas atau berat badan di atas normal bisa berdampak buruk pada kepadatan tulang dan massa otot.

Para peneliti di Florida State University menyebut bahwa pasien obesitas memiliki risiko lebih besar untuk mengalami patah tulang.

Lantas, bagaimana medis menanggapi kondisi tersebut? Apakah benar obesitas bisa menurunkan kepadatan tulang dan massa otot? Yuk, cari tahu!

 

1 dari 3

Obesitas, Menurunkan Kepadatan Tulang dan Massa Otot?

Obesitas, Menurunkan Kepadatan Tulang dan Massa Otot?
loading

Melansir healthline, profesor nutrisi di Florida State, Jasminka Ilich-Ernst, melakukan upaya untuk membuktikan bahwa obesitas bisa menurunkan kepadatan tulang dan massa otot.

Dalam penelitiannya, Ilich-Ernst melakukan telusur pada 200 wanita yang telah diukur massa otot, kepadatan tulang, dan komposisi lemaknya.

Dia menemukan bahwa sekitar sepertiga dari partisipan studi memiliki lebih dari 30 persen jaringan lemak yang ditambah dengan penurunan kepadatan tulang (osteopenia) dan massa otot (sarcopenia).

Artikel Lainnya: Kepadatan Tulang Bisa Menurun di Usia 30, Lakukan Ini dari Sekarang!

Sebuah studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Metabolism mengonfirmasi hasil serupa. Studi pada hewan ini menunjukkan bahwa obesitas berhubungan dengan tulang yang melemah.

Tim peneliti dalam studi itu membandingkan tikus gemuk yang dipaksa diam dan bergerak. Mereka menemukan, tikus yang lebih banyak diam memiliki lebih sedikit massa tulang dibandingkan dengan yang bergerak aktif.

Tikus obesitas yang tidak banyak bergerak mengalami penurunan laju pembentukan tulang. Hewan tersebut pun kehilangan massa dan kekuatan tulang alaminya.

Di sisi lain, kondisi tersebut tidak terjadi pada tikus gemuk yang berolahraga. Lantas, apakah itu artinya obesitas benar-benar bisa menyebabkan penurunan kepadatan tulang dan massa otot?

Menampik penelitian sebelumnya, dr. Valda Garcia mengatakan bahwa penurunan kepadatan tulang dan massa otot pada orang obesitas masih belum dapat dipastikan hingga saat ini.

Pasalnya, lanjut dr. Valda, sebagian ilmuwan tidak setuju dengan klaim tersebut. Ada beberapa penelitian yang bahkan menyebut bahwa kekuatan tulang berbanding lurus dengan berat badan.

Artinya, semakin berat bobot tubuh Anda, semakin baik pula kekuatan tulang yang dimiliki.

“Pengaruh obesitas pada kepadatan tulang dan massa otot masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut. Studi sebelumnya yang sudah dilakukan masih berkisar pada hewan dan juga subjek yang sedikit,” tegas dr. Valda.

Artikel Lainnya: Cegah Otot Menyusut Saat Lansia dengan Cara Ini!

2 dari 3

Tetap Harus Waspada Meski Belum Pasti

Berkonsultasi dengan Dokter
loading

Meski obesitas belum sepenuhnya terbukti dapat menurunkan kepadatan tulang dan massa otot, Anda diminta untuk tetap waspada akan hal tersebut.

Dengan kata lain, Anda harus berupaya untuk terbebas dari kondisi obesitas. Pasalnya, obesitas tak melulu berkaitan dengan kondisi tulang dan massa otot.

Sejatinya, obesitas adalah faktor risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, hipertesi, dan GERD.

Baca selengkapnya soal bahaya obesitas bagi kesehatan di artikel berikut ini: Sederet Penyakit yang Mengintai di Balik Obesitas.

Baca Juga

Ingin tahu lebih dalam soal obesitas? Punya pertanyaan tentang kesehatan tulang dan massa otot?

Anda bisa melakukan konsultasi secara langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

ARTIKEL TERKAIT

Komplikasi yang Dapat Terjadi Setelah Operasi Cangkok Tulang

Info Sehat
22 Okt

Mitos atau Fakta? Konsumsi Antasida untuk Bayi Berisiko Patah Tulang

Info Sehat
18 Okt

Mengenal Prosedur Pencakokan Tulang Lebih Dekat

Info Sehat
16 Okt

Jenis Tulang Rawan dan Kondisi Kesehatan yang Dapat Terjadi

Info Sehat
10 Okt

Alasan Jumlah Tulang Bayi Lebih Banyak dari Orang Dewasa

Info Sehat
04 Okt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat