Mengenal Dokter Gigi Spesialis Ortodonti dan Perannya - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Mengenal Dokter Gigi Spesialis Ortodonti dan Perannya

Dokter gigi spesialis ortodonti akan lebih fokus pada perawatan gigi yang tidak rapi. Apa lagi, ya, masalah gigi dan mulut yang bisa ditangani dokter spesialis ini?
Mengenal Dokter Gigi Spesialis Ortodonti dan Perannya

Tahukah Anda jika dokter gigi memiliki beberapa spesialis? Salah satu spesialis pada kedokteran gigi yang saat ini banyak dikunjungi, yaitu dokter gigi spesialis ortodonti.

Dokter spesialis ini berfokus pada perawatan merapikan susunan gigi dan posisi rahang yang abnormal. Caranya adalah dengan memasangkan alat di rongga mulut, biasanya berupa kawat gigi atau behel.

Spesialis ortodonti akan menempuh pendidikan dokter gigi umum terlebih dahulu. Kemudian setelahnya, barulah ia menjalani pendidikan spesialis ortodonti dengan mempelajari ilmu seputar ortodonsia. Dokter spesialis ini memiliki gelar Sp.Ort.

Apa sajakah tugas dokter gigi spesialis ortodonti? Simak ulasan berikut ini. 

1 dari 4

Masalah yang Ditangani Dokter Gigi Spesialis Ortodonti

Masalah yang Ditangani Dokter Gigi Spesialis Ortodonti
loading

Berbicara terkait rongga mulut, akan banyak sekali hal yang menjadi masalah. Permasalahan yang umum ditemui pada masyarakat Indonesia adalah seputar kondisi gigi yang tidak rapi.

Pengetahuan, kebiasaan, dan faktor keturunan adalah beberapa penyebab yang membuat sebagian gigi orang Indonesia tidak rapi. 

Masalah gigi yang tidak rapi tersebut merupakan keluhan yang paling banyak terjadi ketika seseorang mendatangi praktik dokter gigi spesialis ortodonti.

Selain itu, apabila ditemukan posisi gigi yang masih tertanam di dalam tulang atau pertumbuhan gigi tidak di tempat yang seharusnya, juga dapat dilakukan perawatan oleh spesialis ortodonti.

Artikel Lainnya: Pasang Behel di Tukang Gigi, Ini Risikonya!

Beberapa perawatan spesialis ortodonti memang bisa dilakukan oleh dokter gigi umum, asalkan dokter tersebut sudah mengikuti kepelatihan tertentu. Akan tetapi, masih banyak hal yang hanya dapat dilakukan oleh spesialis ortodonti, terutama jika pasien memiliki tingkat keparahan tertentu.

Dokter gigi yang tidak memiliki kompetensi terkait beberapa perawatan akan merujuk pasien tersebut kepada spesialis ortodonti. 

2 dari 4

Perawatan yang Bisa Diberikan Spesialis Ortodonsia

Perawatan yang Bisa Diberikan Spesialis Ortodonsia
loading

Dokter gigi spesialis ortodonti dituntut untuk terus mengawasi pergerakan dari gigi yang dirawat. Perawatan yang dilakukan lebih banyak mengubah susunan gigi yang sebelumnya tidak rapi menjadi rapi kembali.

Prosedur yang harus dilakukan ada banyak sekali. Oleh sebab itu, tidak dimungkiri jika perawatan yang dilakukan akan membutuhkan waktu yang sangat panjang.

Beberapa perawatan yang dapat dilakukan dokter gigi spesialis ortodonti, yaitu:

  • Mengidentifikasi penyebab ketidakrapian pada gigi.
  • Menganalisis jenis perawatan yang dapat dilakukan.
  • Menghitung ketersediaan ruang pada lengkung gigi.
  • Menganalisis kondisi gigi berdasarkan pemeriksaan langsung dan hasil radiologi.
  • Mendiagnosis kondisi gigi pada pasien.
  • Melakukan perawatan untuk merapikan gigi dengan alat ortodontik.
  • Melakukan kontrol rutin pada pasien pengguna alat ortodontik.
  • Merawat untuk mencegah pasien melakukan kebiasaan yang tidak baik untuk gigi.
  • Membuatkan alat yang dipakai pasca perawatan ortodontik untuk meningkatkan keberhasilan perawatan.

Artikel Lainnya: Dampak dan Cara Mengatasi Kondisi Rahang Bawah Maju (Cakil)

3 dari 4

Kapan Harus ke Dokter Gigi Spesialis Ortodonti?

Kapan Harus ke Dokter Gigi Spesialis Ortodonti?
loading

Sebenarnya, untuk melakukan pemeriksaan gigi ke spesialis ortodonti tidak ada batasan. Ketika Anda sudah merasa memiliki kelainan pada gigi, segeralah untuk memeriksakan ke dokter spesialis ortodonti.

Anak-anak yang masih mengalami masa pertumbuhan juga tidak memiliki batasan minimal usia, karena beberapa tindakan pencegahan juga dapat dilakukan.

Semakin dini seseorang menyadari betapa pentingnya menjaga kondisi gigi dan mulut dan datang ke dokter gigi, maka hal ini semakin baik.

Pada beberapa kasus anak-anak, mungkin tidak dapat segera mendapatkan perawatan ortodontik. Pasalnya, akan dibutuhkan waktu untuk pertumbuhan beberapa gigi permanen supaya tidak mengganggu jalannya perawatan.

Selain itu, sebelum menggunakan alat ortodontik, sebaiknya tanyakan dengan detail kepada dokter gigi spesialis ortodonti mengenai perawatan yang akan dilakukan. Dengan begitu, setelah selesai perawatan, gigi Anda tidak kembali seperti sebelumnya.

Baca Juga

Demikian penjelasan mengenai peran dokter gigi spesialis ortodonti. Jika Anda memiliki susunan gigi yang tidak rapi atau kondisi rahang yang abnormal, maka kini Anda sudah tahu dokter spesialis gigi yang akan Anda datangi.

Konsultasi masalah perawatan gigi dan mulut kepada dokter bisa dengan mudah dilakukan lewat layanan Live Chat 24 jam dari Klikdokter.

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. drg. Dhiyan Andre Prima Poetra

Dokter Gigi
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Mengenal Dokter Gigi Spesialis Periodonti, Apa Tugasnya?

Info Sehat
22 Okt

Mengenal Dokter Spesialis Konservasi Gigi atau Endodontist

Info Sehat
22 Okt

Alasan di Balik Dokter Gigi yang Rentan Sakit Punggung

Info Sehat
31 Mar

Stigma Masyarakat Terhadap Dokter Gigi

Info Sehat
31 Mar

Tips Mengatasi Odontophobia, Ketakutan Ekstrem terhadap Dokter Gigi

Info Sehat
14 Feb

REAKSI ANDA

2 KOMENTAR

Avatar
Anisa Putri
3 Bulan Lalu

assalamualaikum

Avatar
Anisa Putri
3 Bulan Lalu

assalamualaikum

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat