Solusi Mata Merah Akibat Main Game Terlalu Lama - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Solusi Mata Merah Akibat Main Game Terlalu Lama

Main game terlalu lama terkadang dapat membuat mata merah. Mengapa mata merah bisa terjadi akibat main game? Simak di sini dan cara mengatasinya.
Solusi Mata Merah Akibat Main Game Terlalu Lama

Sejak era pandemi ini, banyak orang menjadi lebih sering menghabiskan waktu di rumah dibandingkan di luar rumah. Karena terbatasnya kegiatan yang dapat dilakukan di rumah, bermain game menjadi pilihan favorit.

Kebiasaan main game pun semakin marak, baik di handphone, konsol, maupun komputer. Keseruan dari beragam jenis permainan tersebut akhirnya membuat banyak orang main game terlalu lama.

Sayangnya, kebiasaan bermain game dalam waktu lama dapat berdampak buruk bagi kesehatan, contohnya menyebabkan mata merah.

1 dari 3

Awas Mata Merah Karena Main Game Terlalu Lama

loading

Bermain game terlalu lama berarti menggunakan mata untuk menatap layar dalam jangka waktu yang lama.

Hal ini membuat mata menjadi lebih sering dibuka dan kurang mendapatkan lubrikasi dari air mata.

Artikel Lainnya: Buta Warna karena Kelamaan Main Gadget, Kok Bisa?

Akibatnya, mata akan terlihat merah karena adanya pelebaran pembuluh darah kecil yang terletak pada mata. Pembuluh darah kecil ini biasanya tidak terlihat, namun dapat membengkak dan membuat mata merah.

Selain mata lebih lama dibuka dengan sedikit istirahat, banyak juga paparan lainnya yang dapat masuk ke mata.

Beberapa contoh penyebab mata merah antara lain polusi udara, asap, alergen (pemicu alergi), udara kering, dan bahkan sinar matahari.

2 dari 3

Cara Mengatasi Mata Merah Akibat Main Game

loading

Terdapat beberapa pencegahan atau cara mengobati mata merah yang mudah dilakukan, terlebih akibat main game terlalu lama.

1. Kurangi Waktu Main Game

Batasilah bermain game baik di handphone, konsol, atau komputer setiap harinya. Apalagi bagi Anda yang tetap harus bekerja menggunakan komputer atau handphone, jangan sampai mata menjadi lebih lelah akibat main game.

2. Istirahat Sejenak

Selanjutnya, cara mengatasi mata merah akibat terlalu banyak bermain game adalah mengistirahatkan mata sejenak setiap beberapa waktu.

Mata memerlukan istirahat setiap digunakan. Anda dapat melihat ke arah yang lebih jauh dan hijau seperti pepohonan, serta berkedip lebih sering agar kelembapan mata kembali.

3. Gunakan Obat Tetes Mata VISIONblu

Mengobati mata merah dapat mudah dilakukan menggunakan obat tetes mata VISIONblu. Obat tetes mata VISIONblu memiliki kualitas tepercaya dan dapat dibeli bebas di apotek atau supermarket tanpa resep dokter.

VISIONblu mengandung Tetrahydrozoline hydrochloride. Formulasinya nyaman di mata dan efektif meredakan mata merah karena iritasi ringan.

Artikel Lainnya: Tips Aman Bermain Gawai Agar Tak Merusak Mata

Setiap kotak produk VISIONblu berisi 2 botol obat tetes mata, dengan ukuran masing-masing 3,5 ml. Kemasannya didesain unik dan inovatif, sehingga obat tetap steril dan volume tetesan konsisten sesuai kebutuhan.

Masing-masing botol VISIONblu terdiri dari 3 bagian, yaitu tutup (blue cap) yang aman dari kontaminasi, penetes, dan botol. Pastikan ujung botol sebagai tempat penetes utuh sebelum dirakit dan digunakan.

Baca Juga

Main game terlalu lama dapat menyebabkan mata merah. Kurangilah waktu Anda menatap layar berjam-jam saat bermain game, istirahatkan mata, dan gunakan obat tetes mata VISIONblu sesuai kebutuhan.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar mata merah dan gangguan mata lainnya, Anda bisa konsultasi lebih cepat lewat Live Chat dokter.

(FR/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Kartini Wulan, Sp. M

Spesialis Mata
wallet
Rp. 35.000

ARTIKEL TERKAIT

Waktu yang Tepat bagi Anak untuk Mulai Sikat Gigi

Info Sehat
26 Okt

Jika Bayi Diare, Anda Perlu Melakukan Ini

Info Sehat
26 Okt

Awas Imun Tubuh Lemah Meski Terlihat Sehat, Cek di Sini!

Info Sehat
21 Okt

Pancaroba dan Pandemi Tak Menentu, Waspadai Gejala Ini!

Info Sehat
21 Okt

Waspada Eksim pada Kulit Sensitif, Apa Gejalanya?

Info Sehat
13 Okt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat