Manfaat Vitamin K untuk Mendukung Program Kehamilan - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Manfaat Vitamin K untuk Mendukung Program Kehamilan

Memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang, ternyata vitamin K juga baik untuk promil. Apa saja? Simak di sini.
Manfaat Vitamin K untuk Mendukung Program Kehamilan

Saat akan merencanakan kehamilan, diperlukan asupan nutrisi dan vitamin yang baik dan lengkap. Hal ini tentu demi kesehatan ibu saat hamil dan perkembangan janin yang optimal. Pemenuhan nutrisi dan vitamin bisa diperoleh melalui konsumsi makanan atau minuman, serta suplemen sebagai pelengkap. 

Dokter Arina Heidyana mengungkapkan, salah satu vitamin yang baik dikonsumsi untuk program kehamilan adalah vitamin K. “Vitamin K dinilai baik untuk memperlancar siklus haid, membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dengan baik, serta menjaga keseimbangan hormon,” katanya.

Simak uraian berikut untuk mengetahui lebih dalam tentang peran vitamin K pada program kehamilan. 

Artikel Lainnya: Apa Saja Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Ibu Hamil & Janin?

1 dari 3

Vitamin K dan Kesuburan

Vitamin K dan Kesuburan
loading

Vitamin K merupakan sekelompok vitamin larut dalam lemak yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon. Secara kimia, vitamin K mencakup dua vitamin alami, yaitu vitamin K1 dan vitamin K2. 

Vitamin K-2 adalah jenis vitamin K yang biasanya dimanfaatkan untuk program kehamilan berkat kemampuannya menunjang kesuburan. Melansir Ombe Center, sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin K2 bermanfaat untuk penderita Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS). 

PCOS merupakan kondisi ketidakseimbangan hormon pada wanita yang ditandai dengan produksi androgen (hormon pria) yang berlebih. Wanita yang mengalami PCOS cenderung sulit untuk hamil.

Setelah dilakukan penelitian lanjutan, disimpulkan bahwa suplementasi vitamin K2 meningkatkan beberapa biomarker PCOS. Di antaranya adalah komposisi tubuh, indeks glikemik, profil lipid, serta penanda endokrin lainnya. 

Memenuhi asupan vitamin K2 pada masa prenatal pun dianjurkan untuk menunjang perkembangan gigi dan saraf pusat pada janin. Terutama jika program kehamilan ini adalah untuk anak kedua, ketiga, atau seterusnya. 

Meski penelitiannya pada manusia masih berlangsung, pria juga bisa ikut mengkonsumsi vitamin K2 untuk meningkatkan produksi testosteron. 

Artikel Lainnya: Rekomendasi Suplemen untuk Ibu Hamil

2 dari 3

Sumber Vitamin K2

Sumber Vitamin K2
loading

Makanan hasil fermentasi merupakan sumber vitamin K2 yang baik. Begitu pula dengan makanan-makanan berikut yang bisa menjadi sumber vitamin K2:

  • Natto
  • Kol parut
  • Produk susu, terutama keju padat
  • Hati dan organ sapi lainnya
  • Daging sapi
  • Daging babi
  • Kuning telur
  • Ayam
  • Ikan berlemak, seperti salmon.

Perlu diingat beberapa sumber vitamin K2 terdapat pada bahan makanan hewani yang mengandung kolesterol dan lemak. Jadi, Anda harus tetap membatasi konsumsinya agar terhindar dari risiko penyakit akibat kolesterol dan lemak berlebih.

Dosis konsumsi vitamin K yang direkomendasikan setiap harinya adalah 120 mikrogram bagi pria dewasa, serta 90 mikrogram bagi wanita dewasa. Namun, belum ada rekomendasi khusus untuk vitamin K2. Anda bisa berkonsultasi kepada dokter mengenai asupan vitamin ini untuk program kehamilan.

Baca Juga

Demikian uraian mengenai peran vitamin K dalam mendukung program kehamilan. Disarankan untuk rutin berkonsultasi kepada dokter dan memenuhi nutrisi agar program kehamilan berjalan lancar.

Manfaatkan fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai kehamilan dan informasi kesehatan lainnya. 

(PUT/JKT) 

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Donny Sutrisno Winardo, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Samuel H SHT, SpOG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Febrie Kesuma Wardana, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Makan Udang Saat Masa Kehamilan

Info Sehat
06 Nov

Manfaat Cokelat Hitam untuk Tingkatkan Kesuburan Wanita

Info Sehat
05 Nov

Manfaat Aspirin untuk Mencegah Preeklampsia

Info Sehat
05 Nov

Ini Dia Sumber Vitamin D Praktis untuk Bumil dan Busui!

Info Sehat
04 Nov

Prosedur Tes Darah untuk Mengetahui Kehamilan

Info Sehat
04 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat