Manfaat Cokelat Hitam untuk Tingkatkan Kesuburan Wanita - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Manfaat Cokelat Hitam untuk Tingkatkan Kesuburan Wanita

Makan cokelat hitam dipercaya dapat meningkatkan kesuburan wanita. Bagaimana manfaat dan tips konsumsinya? Simak kata dokter
Manfaat Cokelat Hitam untuk Tingkatkan Kesuburan Wanita

Selain enak dan cocok dijadikan bahan pembuatan kue, cokelat hitam terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan. Bahkan, kesuburan wanita dinilai dapat ditingkatkan lewat konsumsi cokelat hitam.

Dark chocolate mengandung beragam zat gizi, antara lain protein, lemak, gula, serat, dan karbohidrat. Mineral yang terkandung di dalamnya yaitu zat besi, magnesium, zinc, fosfor, kalium, dan selenium.

Dari fakta nutrisi tersebut, tak heran bila cokelat hitam bisa menjadi pilihan camilan sehat untuk kesuksesan program hamil. Simak manfaat cokelat hitam untuk kesuburan menurut dokter berikut ini.

1 dari 3

Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesuburan Wanita

Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesuburan Wanita
loading

Saat wanita mengalami stres berkepanjangan, maka ovulasi dapat tertunda. Menurut seorang ahli gizi Amerika Serikat, Amy Shapiro MS, RD, CDN, cokelat hitam telah terbukti dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol. 

Artikel lainnya: Cokelat Bermanfaat untuk Membantu Mencegah Karies Gigi

Cokelat hitam juga dapat mencegah stres karena merangsang produksi hormon serotonin dan dopamin, sehingga suasana hati membaik. Pikiran bebas stres berlebih dan perasaan bahagia dapat mendukung keberhasilan pembuahan.

Manfaat tersebut didapat dari kandungan flavonoid cokelat hitam. Antioksidan ini meningkatkan suasana hati serta mendorong aliran darah ke rahim dan ovarium.

Selain itu, dark chocolate sarat akan mineral yang membantu menjaga keseimbangan hormon. Mineral tersebut sangat penting untuk kualitas jumlah sel telur dan sperma, ovulasi, kondisi lapisan endometrium, serta tulang yang kuat.

Salah satu mineral penting untuk program hamil ialah magnesium. Perannya dapat meringankan kelelahan dan depresi yang kerap mengganggu kesuburan.

Dokter Muhammad Iqbal Ramadhan mengungkapkan, “Cokelat hitam tinggi akan mineral seperti fosfor, seng, selenium, dan kalium. Cokelat hitam juga tinggi akan antioksidan seperti flavonoid.” 

“Nutrisi ini dapat mengurangi resistensi insulin yang berhubungan dengan keseimbangan hormon. Hormon yang seimbang akan meningkatkan kesuburan,” jelasnya.

Artikel lainnya: Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan Wanita dan Pria

2 dari 3

Tingkatkan Kesuburan dengan Konsumsi Cokelat Hitam Murni

Tingkatkan Kesuburan dengan Konsumsi Cokelat Hitam Murni
loading

Anda dapat memilih cokelat hitam murni dengan minimal kandungan kakao 70 persen. Hindari terlalu banyak makan cokelat hitam dengan tambahan permen atau karamel.

Lalu, sebaiknya tidak memilih cokelat susu untuk konsumsi sehari-hari. Cokelat susu (milk chocolate) mengandung persentase kakao yang lebih rendah. Cokelat ini juga biasanya banyak mengandung susu dan gula.

Begitu juga dengan cokelat putih (white chocolate). Cokelat ini sebaiknya tidak sering dikonsumsi karena banyak mengandung gula, susu, dan terkadang perasa tambahan lainnya. Cokelat putih tidak mengandung kakao murni. 

Baca Juga

Itulah manfaat cokelat hitam untuk program kehamilan. Meskipun bisa menjadi camilan sehat untuk meningkatkan kesuburan, konsumsilah cokelat hitam secukupnya.

Bila ingin bertanya lebih lanjut seputar makanan penyubur kandungan, konsultasi lebih mudah lewat Live Chat dokter. Anda juga bisa membeli produk makanan sehat dan suplemen untuk mendukung kesuburan di Belanja Sehat.

(FR/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Febrie Kesuma Wardana, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Donny Sutrisno Winardo, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Cherry Kumalasari, M. Ked(OG), Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Aspirin untuk Mencegah Preeklampsia

Info Sehat
05 Nov

Ini Dia Sumber Vitamin D Praktis untuk Bumil dan Busui!

Info Sehat
04 Nov

Prosedur Tes Darah untuk Mengetahui Kehamilan

Info Sehat
04 Nov

Tato saat Hamil, Berbahayakah bagi Kesehatan Ibu dan Janin?

Info Sehat
03 Nov

17 Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Info Sehat
02 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat