Gejala Kanker Paru Stadium Empat dan Penanganannya - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Gejala Kanker Paru Stadium Empat dan Penanganannya

Saat kanker paru sudah mencapai stadium 4, berarti sel kanker telah menyebar ke organ tubuh lainnya. Apa saja gejala yang muncul? Simak di sini.
Gejala Kanker Paru Stadium Empat dan Penanganannya

Kanker paru stadium 4 merupakan stadium paling akhir dari kanker paru. Dokter Devia Irine Putri mengungkapkan pada stadium ini, pertumbuhan kanker akan lebih agresif. “Pertumbuhan kanker lebih agresif, misalnya bisa metastasis ke organ lain, seperti otak, paru, dan tulang. Keluhan yang dialami pun akan bertambah,” katanya.

Gejala atau keluhan yang timbul pada kanker paru stadium 4 beragam. Setidaknya terdapat dua subtahap kanker paru stadium 4 dengan gejalanya masing-masing. Simak apa saja dan bagaimana cara menanganinya di sini.

 

1 dari 4

Gejala Kanker Paru Stadium 4 Menurut Subtahapnya

Gejala Kanker Paru Stadium 4 Menurut Subtahapnya
loading
  • Stadium 4a

Pada tahap ini, kanker telah menyebar di dalam paru-paru atau ke satu area di luar paru-paru. Gejala yang terjadi di stadium ini, di antaranya kelelahan, perubahan emosi, nyeri, sulit bernapas, batuk hingga batuk berdarah, dan perubahan nafsu makan.

Gejala kelelahan bisa mengacu pada kelelahan fisik, emosional, dan mental. Perubahan emosi ditunjukkan lewat berkurangnya minat akan sesuatu yang sebelumnya disukai.

Nyeri yang dimaksud dapat berupa nyeri atau ketidaknyamanan yang parah. Sementara perubahan nafsu makan adalah ketika penderita tidak memiliki selera makan atau cepat kenyang.

Artikel lainnya: Apakah Kanker Paru-paru Bisa Menyerang Anak?

  • Stadium 4b

Kanker paru stadium empat pada tahapan ini menunjukkan bahwa kanker telah menyebar ke beberapa tempat. Penyebaran bisa terjadi di satu atau lebih organ yang tidak dekat dengan paru-paru, misalnya otak, hati, atau tulang.

Gejala yang muncul adalah nyeri tulang, patah tulang, sakit kepala, masalah penglihatan, kejang, mual, kembung, serta penyakit kuning. Patah tulang bisa terjadi ketika kanker sudah menyebar ke tulang.

Pusing, masalah penglihatan, atau kejang terjadi ketika kanker sudah menyebar ke otak. Sementara untuk gejala mual, kembung, atau penyakit kuning terjadi ketika sel kanker sudah menyebar ke organ hati.

2 dari 4

Pengobatan Kanker Paru-Paru Stadium 4

Pengobatan Kanker Paru-Paru Stadium 4
loading

Pilihan pengobatan untuk kanker paru stadium akhir 4a atau 4b bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Misalnya, seberapa jauh kanker telah menyebar, apakah terjadi mutasi gen, serta keseharian si penderita.

Sebelum pengobatan untuk kanker paru stadium 4 dimulai, dokter biasanya akan melakukan uji mutasi genetik. Hal ini penting untuk menentukan strategi pengobatan selanjutnya.

Jika gen bermutasi di dalam sel kanker, misalnya, maka penderita akan menerima obat terapi yang telah ditargetkan.

Artikel lainnya: Faktor Penyebab Kanker Paru yang Sering Tidak Disadari

Penderita juga bisa melakukan beberapa pengobatan berikut:

  • Kemoterapi

Terapi kemoterapi bisa diberikan dengan atau tanpa dikombinasikan dengan perawatan lain seperti terapi radiasi atau imunoterapi.

  • Terapi Radiasi

Terapi ini dapat digunakan untuk mengecilkan tumor serta mengobati kanker paru stadium 4. Terapi radiasi diberikan kepada orang yang tidak dapat menjalani kemoterapi.

  • Terapi yang Ditargetkan

Terapi ini menggunakan obat-obatan yang menargetkan mutasi gen tertentu pada sel kanker paru. Obat-obatan tersebut juga berguna untuk membantu memperlambat pertumbuhan tumor.

  • Imunoterapi

Perawatan imunoterapi dilakukan dengan pengobatan yang disebut checkpoint inhibitor. Prinsip kerja terapi ini adalah membantu sistem kekebalan tubuh pasien untuk mengenali dan menyerang sel kanker paru.

  • Terapi Fotodinamik

Terapi ini dapat digunakan untuk mengecilkan tumor yang belum menyebar di luar paru-paru penderita. Terapi ini menggunakan cahaya tertentu untuk menghancurkan sel abnormal dalam tubuh.

  • Operasi

Tumor di paru-paru atau rongga dada serta kelenjar getah bening yang terkena kanker dapat diangkat melalui pembedahan. Operasi dilakukan jika keberadaan tumor menimbulkan rasa sakit.

Artikel lainnya: Agar Tak Salah, Ini Cara Membedakan Kanker Paru dan TB

3 dari 4

Tingkat Kelangsungan Hidup Penderita Kanker Paru Stadium 4

Tingkat Kelangsungan Hidup Penderita Kanker Paru Stadium 4
loading

National Cancer Institute, AS,  pasien kanker paru stadium 4 punya kemungkinan bertahan hidup 3-7 persen dalam lima tahun.

Namun, tingkat kelangsungan hidup tersebut bukanlah patokan berapa lama penderita akan hidup setelah didiagnosis. Sebab, kondisi tubuh setiap penderita berbeda-beda dalam merespon penyakit dan obat-obatan.

Tingkat kelangsungan hidup juga tidak memperhitungkan kemajuan yang terjadi selama proses pengobatan. Dari pembahasan di atas, kini Anda bisa lebih mengenal gejala serta penanganan kanker paru stadium 4.

Baca Juga

Segera periksa diri ke dokter jika merasakan ada gejala penyakit kanker paru. Pastikan pula menerapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit kanker paru.

Manfaatkan layanan LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter untuk pertanyaan seputar kanker paru atau masalah kesehatan lainnya.

(PUT/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Waspada, Asupan Gula Tinggi Dapat Memicu Kanker Paru

Info Sehat
04 Nov

Daftar Barang yang Harus Ada di Tas saat Kemoterapi

Info Sehat
02 Nov

Penyebab dan Gejala Kanker Paru Non Sel Kecil

Info Sehat
01 Nov

Daftar Pengobatan Penyakit Neuroblastoma

Info Sehat
30 Okt

Studi: Bakteri di Mulut Memperparah Kanker Usus Besar

Info Sehat
29 Okt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat