Kapan Anak Boleh Pakai Invisalign? - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Kapan Anak Boleh Pakai Invisalign?

Si kecil tertarik pakai invisalign? Agar perawatannya maksimal, ketahui dulu penjelasan dokter mengenai waktu yang tepat untuk anak pakai invisalign.
Kapan Anak Boleh Pakai Invisalign?

Beberapa anak enggan memakai behel atau kawat gigi karena dianggap mengubah penampilannya. Tidak hanya itu, pakai kawat gigi biasa juga memerlukan kebersihan mulut yang ekstra.

Karena alasan tersebut, sebagian anak memilih menggunakan invisalign atau behel transparan. Lantas, apakah boleh usia anak menggunakan invisalign? Lalu, kapan waktu yang tepat untuk anak pakai invisalign?

Untuk tahu jawabannya, simak penjelasan dari dokter gigi berikut ini.

 

1 dari 3

Sekilas Tentang Invisalign

Sekilas Tentang Invisalign
loading

Invisalign adalah alat yang dapat membantu merapikan gigi. Berbeda dengan kawat gigi berbahan dasar metal, behel transparan atau invisalign terbuat dari plastik yang sifatnya lentur.

Ada banyak kelebihan dari invisalign, salah satunya memiliki warna bening. Ketika menggunakan invisalign, Anda tidak terlihat seperti memakai behel. Kemudian, Anda dapat melepas dan memasang invisalign secara mandiri tanpa harus pergi ke dokter.

Artikel Lainnya: Kapan Anak Boleh Mulai Pasang Behel Gigi?

Sama dengan behel kawat, invisalign digunakan untuk merapikan struktur atau jaringan gigi. Sayangnya, tidak semua kondisi gigi berantakan bisa diatasi dengan behel transparan.

Pasalnya, invisalign hanya digunakan untuk mengatasi kondisi gigi berantakan dengan tingkat keparahan ringan atau sedang. Misalnya, invisalign dapat digunakan jika Anda memiliki gigi dempet atau gigi bercelah.

Agar hasilnya efektif, Anda perlu memakai alat ini selama sekitar 20-22 jam setiap harinya. Artinya, Anda hanya dapat melepas invisalign saat menyikat gigi, flossing, atau makan dan minum.

2 dari 3

Kapan Anak Boleh Menggunakan Invisalign?

Kapan Anak Boleh Menggunakan Invisalign?
loading

Dijelaskan oleh drg. Wiena Manggala Putri, invisalign boleh digunakan pada anak yang gigi tetapnya sudah tumbuh sempurna.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan behel transparan untuk anak-anak. 

“Behel transparan sebenarnya tidak dianjurkan untuk anak-anak karena membutuhkan tingkat kooperatif yang tinggi dan kebersihan mulut yang baik. Lalu, tidak semua kasus gigi berantakan bisa menggunakan alat ortodontik ini,” jelas drg. Wiena.

Selain itu, dikhawatirkan anak-anak sering melepas invisalign saat merasa tidak nyaman atau sakit. Meski invisalign dapat dilepas, namun bukan berarti anak boleh melepas lalu memasang kembali sesuka hati.

Artikel Lainnya: Kapan Anak Boleh Menggunakan Pasta Gigi Dewasa?

Dokter gigi Wiena menambahkan, “Apabila behel transparan terlalu sering dilepas-gunakan, maka akan menghambat kemajuan dari perawatan dan bahkan dapat merusak gigi anak.”

Tidak hanya itu, kebersihan gigi pengguna behel transparan juga harus lebih diperhatikan. Saat melepas invisalign, anak perlu memastikan bahwa tangannya sudah bersih.

Jika melepas dan memasang behel transparan tanpa cuci tangan, bakteri di tangan berisiko masuk ke mulut dan menyebabkan penyakit.

Invisalign juga perlu dibersihkan secara teratur. Lapisan bakteri yang tidak terlihat dengan kasat mata dapat menumpuk di invisalign dan berisiko menyebabkan masalah kesehatan gigi lainnya.

Selain itu, tidak dianjurkannya penggunaan behel transparan pada anak-anak yang belum bisa menjaga kebersihan diri dengan baik. Mereka mungkin lupa meletakkan invisalign atau lupa membersihkan invisalign sebelum digunakan kembali.

Menurut drg. Wiena, usia yang tepat untuk pakai invisalign saat anak memasuki masa remaja.

Anak diperbolehkan menggunakan behel transparan ketika mereka mereka sudah paham dengan tanggung jawab menggunakan behel transparan.

Baca Juga

Saran dari drg. Wiena, untuk memastikan waktu yang tepat untuk pakai invisalign, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi spesialis ortodontik.

Jika ingin tahu informasi lain mengenai pemasangan invisalign atau kawat gigi, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter gigi menggunakan layanan LiveChat Klikdokter.

(OVI/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Francisca Yohanna MK, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 25.000
avatar

dr. Andrew Limantoro, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Lianto Kurniawan Nyoto, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Serba-Serbi Pasang Diamond Gigi

Info Sehat
09 Nov

Cara Mengobati Luka di Mulut Bagian Dalam

Info Sehat
08 Nov

Cara Kembalikan Penciuman Pasca Terinfeksi COVID-19

Info Sehat
05 Nov

Mengenal CPC pada Obat Kumur, Efektif Lawan COVID-19?

Info Sehat
05 Nov

Bukan Hanya Tulang, Gigi Juga Bisa Keropos

Info Sehat
01 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat