Komplikasi Kanker Mulut yang Perlu Diwaspadai - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Komplikasi Kanker Mulut yang Perlu Diwaspadai

Kanker mulut dan pengobatannya dapat menyebabkan komplikasi pada tubuh penderitanya. Apa saja? Cek uraiannya di sini.
Komplikasi Kanker Mulut yang Perlu Diwaspadai

Terdapat beberapa komplikasi yang terjadi akibat kanker mulut dan pengobatannya. Pada umumnya komplikasi terjadi di area mulut, seperti perubahan penampilan di area tersebut, sulit bicara, dan sulit menelan. Tidak jarang pula komplikasi yang muncul berkaitan dengan kondisi emosional penderita.

Komplikasi karena kanker mulut dan pengobatannya juga dapat berbeda pada setiap penderita, tergantung lokasi serta stadium kanker. Simak uraian mengenai komplikasi yang muncul akibat kanker mulut serta cara mengatasinya berikut.

1. Perubahan Tampilan Fisik

Saat kanker telah tumbuh pada area tulang wajah atau lidah, maka perlu diangkat melalui pembedahan. Pada kanker mulut stadium 3 atau 4, sebagian rahang akan diangkat.

Pembedahan akan mengubah penampilan fisik seseorang secara signifikan serta memengaruhi cara berbicara dan makan. Untuk mengatasi komplikasi ini, Anda dapat melakukan pembedahan rekonstruktif ataupun menggunakan protesis.

Prostesis merupakan alat yang didesain untuk menggantikan bagian tubuh yang hilang dan mengembalikan fungsinya.

Artikel Lainnya: Efek yang Muncul dari Pengobatan Kanker Mulut

1 dari 3

2. Masalah Pernapasan

Seorang Pria Mengalami Masalah Pernapasan
loading

Melansir Very Well Health, kanker mulut dapat menyebabkan masalah pernapasan. Kondisi ini terjadi akibat penyumbatan pernapasan oleh kanker berukuran besar atau jaringan parut yang muncul setelah pengobatan.

Dokter Astrid Wulan Kusumoastuti menambahkan bahwa masalah pernapasan juga dapat muncul karena adanya metastasis kanker ke bagian leher.

“Bisa dua hubungan, yang pertama karena ukuran kanker membuat saluran pernapasan jadi tersumbat, atau karena metastasis kanker ke region leher,” katanya.

Untuk mengatasi komplikasi ini, diperlukan tindakan trakeostomi. Trakeostomi merupakan tindakan operasi untuk membuat lubang di bagian depan leher dan menempatkan tabung ke tenggorokan.

Lubang tersebut akan tetap terbuka dengan tabung trakeostomi berongga yang dapat digunakan untuk jalan napas yang baru.

3. Malnutrisi dan Dehidrasi

Kanker mulut dapat membuat penderitanya mengalami komplikasi di mulut, seperti pembengkakan, luka, mulut kering, ataupun kehilangan rasa. Gangguan saat mengunyah atau menelan juga bisa terjadi akibat penyumbatan oleh tumor atau jaringan parut terkait pengobatan. 

Permasalahan ini dapat mengganggu pemenuhan nutrisi penderita. Penggunaan selang makanan dapat menjadi solusi permasalahan ini. Selang makanan berguna untuk mengalirkan nutrisi ke perut.

2 dari 3

4. Kesulitan Berbicara

Seorang Wanita Mengalami Kesulitan Berbicara
loading

Kemampuan untuk berbicara dengan jelas melibatkan interaksi kompleks antara otot, tulang, dan jaringan, termasuk lidah, gigi, bibir, dan langit-langit lunak. Operasi dan radioterapi untuk kanker mulut dapat mempengaruhi proses ini dan menyebabkan kesulitan berbicara.

Permasalah ini dapat diatasi dengan melakukan terapi bicara dan bahasa. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan jangkauan suara. Terapis juga akan mengajarkan cara baru untuk menghasilkan suara.

Artikel Lainnya: Tanda dan Gejala Kanker Bibir yang Mesti Anda Waspadai

5. Depresi

Kanker mulut bisa menyebabkan perubahan emosi yang dapat memicu depresi. Perubahan emosional dapat terjadi saat pertama kali didiagnosis kanker mulut.

Kemudian pasien akan merasa lebih baik karena respon kanker terhadap pengobatan yang diberikan. Namun, perasaan sedih kemungkinan muncul kembali akibat efek samping pengobatan yang diterima.

Berkonsultasi kepada ahli bisa membantu mengatasi depresi. NHS juga menyebutkan beberapa pengobatan untuk masalah ini, antara lain menerima obat antidepresan dan Cognitive Behavioural Therapy (CBT).

CBT merupakan terapi untuk membantu mengelola permasalahan dengan cara mengubah cara berpikir dan berperilaku.  Terapi ini sering digunakan untuk mengobati kecemasan dan depresi.

Baca Juga

Demikian penjelasan mengenai komplikasi yang terjadi karena kanker mulut dan pengobatannya. Cegah kanker mulut dengan mengenal gejala-gejalanya, deteksi dini,  dan menerapkan pola hidup sehat.

Lebih dalam mengenai kanker mulut dapat Anda tanyakan lewat LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Peter Fernando, DiMAP.

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Puteri Wahyu Safitri

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Pengidap Diabetes Berisiko Mengalami Kanker Mulut?

Info Sehat
17 Nov

Pengobatan Kanker Rongga Mulut Berdasarkan Stadium

Info Sehat
17 Nov

Ada Benjolan di Ketiak, Berbahayakah?

Info Sehat
11 Nov

Mendiagnosis Kanker Sinus Paranasal dan Rongga Hidung

Info Sehat
10 Nov

Efek yang Muncul dari Pengobatan Kanker Mulut

Info Sehat
09 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat