Manfaat dan Prosedur Operasi Metabolik - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Manfaat dan Prosedur Operasi Metabolik

Disebut-sebut sebagai metode paling efektif untuk turunkan berat badan dan risiko diabetes, ini prosedur dan manfaat operasi metabolik.
Manfaat dan Prosedur Operasi Metabolik

Penderita obesitas atau kondisi berat badan berlebih disebut berisiko tinggi mengembangkan penyakit diabetes tipe 2. Berdasarkan diabetes.co.uk, 80-85 persen pengidap obesitas lebih berisiko terjangkit penyakit metabolik tersebut.

Guna mencegah diabetes, dokter akan merekomendasikan pengidap obesitas untuk menerapkan diet sehat, caranya dengan mengonsumsi makanan rendah gula dan rendah kalori.

Kemudian, melakukan olahraga secara teratur maupun menghindari gaya hidup yang dapat memperburuk obesitas dan meningkatkan risiko diabetes.Jika cara tersebut dirasa terlalu berat dilakukan, orang obesitas dapat menjalani alternatif pengobatan dengan melakukan operasi metabolik. Prosedur ini disebut paling efektif menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan, serta menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada pengidap obesitas.

Artikel Lainnya: Bisakah Penderita Diabetes Berobat dengan BPJS?

1 dari 3

Prosedur Operasi Metabolik

Prosedur Operasi Metabolik
loading

Disampaikan dr. Dyah Novita Anggraeni, prosedur operasi metabolik dilakukan dengan memotong bagian lambung. “Tepatnya, lambung yang memiliki kandungan hormon pemicu rasa lapar atau ghrelin. Jadi, penderita obesitas merasa cepat kenyang,” katanya.

Ketika merasa cepat kenyang, tubuh tidak banyak menyerap kalori dari makanan. Peluang penderita obesitas menurunkan berat badan pun menjadi lebih besar.

Selain penderita obesitas, operasi metabolik menurut dr. Dyah juga penting dilakukan pada pengidap diabetes yang tidak terkontrol. “Terutama pada pengidap diabetes tipe 2 yang juga mengalami obesitas,” katanya.

Pasalnya, diabetes yang tidak terkontrol disertai obesitas dapat memicu komplikasi penyakit metabolik seperti kebutaan, gangguan ginjal, masalah jantung hingga stroke. Risiko komplikasi lanjutan tersebut dapat diminimalkan dengan melakukan operasi metabolik.

Selain itu, operasi metabolik juga dianjurkan dilakukan pasien diabetes yang tidak ingin minum obat terapi diabetes seumur hidup.

2 dari 3

Manfaat Operasi Metabolik

Manfaat Operasi Metabolik
loading

Manfaat utama operasi metabolik adalah menurunkan berat badan secara signifikan dan berkelanjutan. Disebutkan di Health Plus, mayoritas pengidap obesitas yang menjalani operasi metabolik mengalami penurunan berat badan sekitar 70-80 persen setelah 18-24 bulan pascaoperasi.

Selain itu, manfaat prosedur operasi metabolik juga dapat meningkatkan kontrol diabetes. Hal ini karena operasi metabolik berdampak positif pada hormon yang bertugas mengontrol gula darah.

Sebuah penelitian mengungkapkan pula bahwa operasi metabolik merupakan prosedur yang sangat efektif dan tahan lama dalam mengobati diabetes tipe 2. Pembedahan ini pun membantu mengontrol tekanan darah dan kadar lipid secara konsisten.

Lebih lanjut, operasi metabolik pada gilirannya mencegah terjadinya komplikasi diabetes.

Artikel Lainnya: Cepat Turun Berat Badan dengan Operasi Bariatrik

Risiko

Operasi metabolik terbukti aman dan tidak membahayakan jiwa. Prosedur ini hanya memicu efek samping pada pekan pertama usai operasi dilakukan.

Efek samping tersebut dapat berupa kebocoran dan perdarahan dari area lambung yang dibedah. Pada beberapa kasus juga terjadi kesulitan bernapas, infeksi, trombosis vena dalam, dan efek samping anestesi. 

Operasi metabolik patut dipertimbangkan pengidap obesitas yang tidak ingin terjangkit diabetes tipe 2. Prosedur ini juga perlu dipertimbangkan penderita diabetes yang tidak dapat mengontrol penyakit metaboliknya dengan baik. 

Baca Juga

Meski begitu, Anda tidak bisa serta merta meminta dokter melakukan operasi metabolik. Sebelum prosedur dilakukan, dokter akan melakukan pemeriksaaan guna menilai kelayakan Anda menjalani operasi.

Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar diabetes, chat melalui layanan LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter

(PUT/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Peter Fernando, DiMAP.

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Devi Agustiani

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Pengidap Diabetes Berisiko Mengalami Kanker Mulut?

Info Sehat
17 Nov

Mengenal Gejala dan Penyebab Dermopati Diabetik

Info Sehat
16 Nov

Bagaimana Diabetes Meningkatkan Risiko Glaukoma?

Info Sehat
15 Nov

Tips Manikur dan Pedikur yang Aman untuk Kuku Diabetesi

Info Sehat
14 Nov

Penyebab dan Gejala Asidosis Laktat Karena Diabetes

Info Sehat
13 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat