Cara Menyesuaikan Diri dengan Kehidupan Setelah Pensiun - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Cara Menyesuaikan Diri dengan Kehidupan Setelah Pensiun

Kehidupan setelah pensiun tentunya memiliki perbedaan. Bagaimana cara kita menyesuaikan diri? Berikut saran psikolog agar tidak stres saat pensiun.
Cara Menyesuaikan Diri dengan Kehidupan Setelah Pensiun

Kehidupan setelah pensiun tentu memiliki perbedaan tersendiri. Contohnya, Valentino Rossi yang dulu giat mengikuti kompetisi dan memenangkannya, kini harus pensiun dan berhenti bertanding.

Hari-hari pun pasti terasa berbeda. Karena, aktivitas yang dulu selalu dilakukan harus dihentikan.

Keadaan setelah pensiun dapat berdampak pada mental orang yang menjalaninya. Dampaknya bisa baik maupun buruk, misalnya stres dan depresi.

1 dari 3

Mengapa Seseorang Bisa Stres Saat Pensiun?

loading

Melakukan pekerjaan dapat membuat seseorang merasa berguna, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Ia juga bisa merasa memiliki tujuan hidup. 

Saat datang hari pensiun, beberapa orang dapat merasa tidak lagi berguna ataupun memiliki tujuan.

Perasaan itu dapat menimbulkan stres pascapensiun. Bukan tidak mungkin kondisi ini berdampak pada kesehatan tubuh keseluruhan.

Artikel Lainnya: Post Power Syndrome, Masalah Psikis Jelang Pensiun

Seseorang Bisa Stres Saat Pensiun
loading

Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2014 dalam jurnal Psychological Science meneliti kesehatan mental orang-orang pascapensiun.

Para peneliti melacak kesehatan fisik dan mental lebih dari 7.000 orang dewasa Amerika Serikat berusia 20-75 tahun selama 14 tahun.

Ditemukan, mereka yang merasa memiliki tujuan atau arah dalam hidup dapat bertahan hidup lebih lama dan memiliki kesehatan mental lebih baik, dibanding yang tidak memiliki tujuan hidup.

Profesor di Canisius College, New York, E. Christine Moll, PhD, mengatakan setelah pensiun seseorang dapat merasa seolah-olah tidak punya apa-apa lagi untuk dicapai.

Itulah yang menyebabkan ia bisa terpuruk dengan pikirannya sendiri. Hal ini juga dapat menimbulkan gejala stres atau depresi yang bisa berakibat pada kesehatan fisik.

Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, menjelaskan, stres yang terjadi setelah pensiun bisa disebabkan oleh adaptasi terhadap perubahan rutinitas yang signifikan.

“Mengingat bekerja menyita sebagian besar waktu, sehingga saat pensiun mungkin lebih banyak waktu kosong. Kemudian, adanya perubahan peran, yang mungkin tadinya memiliki peran penting di kantor, setelah pensiun merasa tidak jadi apa-apa,” ucapnya.

2 dari 3

Tips Menyesuaikan Diri dengan Kehidupan Setelah Pensiun

Tips Menyesuaikan Diri dengan Kehidupan Setelah Pensiun
loading

Menurut Gracia, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi terjadinya stres pascapensiun, antara lain:

1. Persiapkan Rencana Pensiun Jauh-Jauh Hari

Sebelum memutuskan pensiun atau mendekati masa tersebut, coba buat daftar rencana yang ingin dilakukan setelah pensiun.

Sesuaikan dengan hobi atau minat dan bakat. Buatlah beberapa daftar yang bisa membuat hari-hari tetap produktif dan bermakna.

“Bangun perspektif yang positif tentang pensiun dengan fokus merefleksikan hal-hal yang sudah berhasil dicapai selama ini. Apresiasi diri sendiri atas kerja keras dan usaha selama bekerja,” jelas Gracia.

Artikel Lainnya: Temani Cucu Bermain Beri Manfaat Sehat untuk Lansia

2. Tetap Aktif

Lakukan hal-hal untuk menjaga pikiran dan tubuh tetap aktif. Misalnya, berpartisipasi dalam olahraga, menjadi relawan, atau mengambil pekerjaan paruh waktu jika memungkinkan.

3. Temukan Tujuan Baru

Setelah pensiun, bukan berarti Anda tidak lagi memiliki tujuan hidup. Cobalah buat tujuan baru yang ingin dicapai pascapensiun.

Anda dapat menggunakan pengalaman bekerja atau keahlian yang dimiliki untuk mencapai tujuan baru.

Misalnya, jika dulu bekerja di bidang olahraga, Anda dapat mendirikan kelas olahraga dan membagikan ilmu kepada orang lain. Lalu, bila dulunya bekerja sebagai juru masak, coba buat usaha kuliner.

4. Memperkuat Ikatan Sosial dan Keluarga

Saat pensiun, Anda bisa memiliki banyak waktu untuk keluarga. Manfaatkan momen ini untuk mengunjungi anak atau sanak saudara yang sudah lama tidak ditemui, ataupun bermain dengan cucu.

Luangkan juga waktu untuk berpartisipasi dalam kegiatan bersama teman-teman yang juga sudah pensiun. Aktivitas ini dapat membantu menghilangkan rasa kesepian setelah pensiun.

5. Gabung dengan Komunitas

Bergabung dengan komunitas juga dapat menjadi salah satu cara mengisi waktu pensiun. Ikuti komunitas sesuai hobi dan minat.

Anda juga bisa mengikuti kegiatan baru yang belum pernah dipelajari dalam komunitas lainnya.

Baca Juga

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghadapi kehidupan di masa pensiun. Jika merasa kesulitan untuk menerima keadaan pensiun, cobalah berkonsultasi dengan psikolog melalui layanan LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Wendri Wildiartoni Pattiawira

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000
avatar

dr. Zakya Radhita Nasution

Dokter Umum
wallet
Rp. 15.000
avatar

dr. Puteri Wahyu Safitri

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Cara Sehat Atasi Rasa Cemburu terhadap Pasangan

Info Sehat
16 Nov

Sikap yang Menunjukkan Anda Memiliki Self-esteem Rendah

Info Sehat
16 Nov

Mekanisme Coping, Cara Jitu Menghadapi Mengatasi Stres

Info Sehat
16 Nov

Perbedaan Kesepian Wajar dengan Kesepian Gejala Depresi

Info Sehat
15 Nov

Belum Bertemu Jodoh Hingga Kini? Mungkin Ini Sebabnya

Info Sehat
15 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat