Tips Berhubungan Seksual Setelah Melahirkan secara Caesar - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Tips Berhubungan Seksual Setelah Melahirkan secara Caesar

Tidak ada yang salah untuk berhubungan seksual setelah caesar. Namun, Anda mesti melakukannya dengan cara yang tepat agar tidak menimbulkan rasa nyeri. Cek di sini.
Tips Berhubungan Seksual Setelah Melahirkan secara Caesar

Hubungan seksual setelah operasi caesar sering menjadi perbincangan bagi banyak pasangan. Hal tersebut pun menimbulkan banyak pertanyaan, seperti kapan waktu yang tepat, atau bagaimana cara berhubungan seks setelah caesar agar tidak terasa sakit.

Tenang, tidak perlu gundah. Berhubungan seks setelah operasi caesar tetap bisa dilakukan dengan aman dan nyaman, asalkan Anda mempraktikkan teknik yang tepat.

Lantas, bagaimana cara berhubungan seks setelah caesar agar tetap aman dan nyaman? Yuk, cari tahu faktanya dari dokter.

 

1 dari 3

Tips Berhubungan Seks Setelah Operasi Caesar

Tips Berhubungan Seks Setelah Operasi Caesar
loading

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, berhubungan seksual setelah melahirkan secara caesar dapat dilakukan jika tidak ada lagi keluhan. Secara umum, kondisi tersebut dialami 6 minggu setelah melahirkan.

Nah, bagi pasangan yang ingin melakukan hubungan seksual setelah operasi caesar, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal berikut ini demi keamanan dan kenyamanan:

  • Jangan Terburu-buru

Setelah operasi caesar, tubuh masih membutuhkan waktu untuk pemulihan. Oleh karena itu, lakukan hubungan seksual dengan perlahan.

Jangan takut untuk mengganti posisi ataupun melakukan foreplay dengan lebih perlahan, agar segalanya terasa lebih nyaman.

Artikel Lainnya: Amankah Menjalani Operasi Caesar Berulang Kali?

  • Gunakan Pelumas

Penting untuk menggunakan pelumas yang tepat apabila ingin melakukan hubungan seksual setelah melahirkan caesar. Hal ini dikarenakan akan terjadi perubahan hormonal dalam tubuh, yang menyebabkan area vagina menjadi sulit untuk ‘basah’.

Penggunaan pelumas bertujuan untuk mengurangi sensasi gesekan pada vagina, sehingga risiko nyeri dan iritasi menjadi lebih minim.

  • Pilih Posisi yang Tepat

Saat sayatan pasca operasi caesar masih terasa sakit, hindari posisi seks misionaris. Sebab, posisi tersebut akan memberikan banyak tekanan pada sayatan dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Akan lebih baik jika Anda melakukan posisi woman on top, atau posisi membelakangi pasangan.

  • Melakukan Senam Kegel

Operasi caesar akan membuat area panggul Anda menjadi lebih lemah. Untuk memulihkannya, Anda dapat melakukan senam kegel.

Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan senam kegel. Hal ini demi kenyamanan dan keamanan Anda sendiri.

  • Jangan Memaksakan Diri

Penting untuk menyampaikan yang Anda rasakan saat berhubungan seksual dengan pasangan. Jika Anda merasakan sakit, hindari memaksakan diri. Lebih baik hentikan, dan segera berobat ke dokter.

Rasa sakit saat berhubungan seksual dapat menjadi tanda ada hal yang tidak normal dengan kondisi Anda.

Artikel Lainnya: Pantangan yang Perlu Diperhatikan Setelah Operasi Caesar

  • Komunikasikan dengan Pasangan

Melansir dari What to Expect, wanita yang melakukan operasi caesar cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali aktif berhubungan seksual.

Pastikan untuk mengomunikasikan hal ini dengan pasangan, guna menghindari pertengkaran yang tidak dibutuhkan.

  • Persiapkan diri Anda

Anda mungkin tidak berhubungan seksual selama beberapa waktu saat kehamilan. Hal ini bisa membuat fisik dan mental memerlukan waktu untuk kembali menyesuaikan diri.

Karenanya, sangat wajar apabila hubungan seksual setelah caesar terasa tidak seperti biasanya. Namun, hal ini akan kembali normal seiring dengan berjalannya waktu.

2 dari 3

Hati-Hati, Perhatikan Hal Ini!

Ilustrasi Berhubungan Seks Setelah Operasi Caesar
loading

Hubungan seksual setelah operasi caesar sebaiknya dilakukan apabila kondisi Anda sudah benar-benar pulih. Apabila melakukannya saat luka masih belum sembuh, Anda berisiko lebih tinggi untuk mengalami perdarahan.

Apabila sudah tidak tahan ingin berhubungan seksual meski luka operasi belum sepenuhnya sembuh, Anda wajib berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi dan mengetahui posisi yang tepat guna meminimalkan risiko cedera.

Baca Juga

Punya keraguan terkait cara berhubungan seksual setelah melahirkan secara caesar? Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

ARTIKEL TERKAIT

Ini Penyebab Anda Sakit Kepala Setelah Orgasme

Info Sehat
08 Nov

Jenis Olahraga yang Bisa Tingkatkan Vitalitas Seksual

Info Sehat
03 Nov

Apa yang Terjadi di Otak Saat Orgasme?

Info Sehat
27 Okt

7 Kebiasaan Ini Bisa Tingkatkan Libido Anda

Info Sehat
22 Okt

Dada Sakit Saat Berhubungan Seks, Harus Berhenti atau Tetap Lanjut?

Info Sehat
22 Okt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat