Cara Tepat Menyajikan Lidah Buaya untuk MPASI Bayi - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Cara Tepat Menyajikan Lidah Buaya untuk MPASI Bayi

Lidah buaya bisa diberikan untuk MPASI bayi yang telah berusia 6 bulan atau lebih. Agar tak salah langkah, berikut ini tips menyajikan lidah buaya untuk bayi.
Cara Tepat Menyajikan Lidah Buaya untuk MPASI Bayi

Lidah buaya telah digunakan untuk pengobatan selama ribuan tahun lamanya. Tumbuhan ini biasanya digunakan untuk menyehatkan rambut dan melembutkan kulit.

Di balik itu, lidah buaya juga bisa dikonsumsi asalkan cara penyajiannya tepat. Bahkan, Anda juga bisa memanfaatkan lidah buaya untuk MPASI bayi, lho.

Dijelaskan oleh dr. Reza Fahlevi, Sp.A, memberikan lidah buaya untuk bayi yang telah berusia 6 bulan atau lebih tergolong aman. Namun, perlu terlebih dahulu dipastikan bahwa bayi tidak memiliki alergi terhadap tumbuhan tersebut. 

“Boleh-boleh saja memberikan lidah buaya untuk MPASI, asalkan dibersihkan dan dimasak dengan benar. Pilih juga lidah buaya yang masih segar, agar tidak ada getahnya,” ucap dr. Reza.

Artikel Lainnya: Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

1 dari 3

Manfaat Lidah Buaya untuk Bayi

Manfaat Lidah Buaya untuk Bayi
loading

Melansir healthline, berikut ini beberapa manfaat yang bisa si kecil rasakan apabila mengonsumsi lidah buaya:

1. Dapat Menurunkan Risiko Peradangan

Dalam penelitian pada hewan dan tabung reaksi yang dimuat dalam PubMed, ekstrak lidah buaya dikatakan mampu menekan sinyal peradangan, seperti TNFα, IL-1 dan IL-6.

2. Baik untuk Memori

Penelitian yang terbit di PubMed tahun 2013 mengatakan bahwa hewan percobaan yang mengonsumsi gel lidah buaya mengalami peningkatan fungsi memori. Hewan tersebut juga memiliki risiko lebih rendah mengalami gejala depresi.

3. Meminimalkan Risiko Penyakit Kronis

Penelitian di PubMed tahun 2015 menyebut lidah buaya kaya akan antioksidan, yang membuatnya mampu menjadi penangkal dampak buruk radikal bebas pada tubuh. Hal ini dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah untuk mengalami penyakit kronis.

4. Mengendalikan GERD

Studi lain pada tahun 2015 yang dimuat dalam PubMed menyatakan jus lidah buaya yang dimurnikan berpotensi mengurangi gejala refluks asam lambung (GERD).

Manfaat tersebut berangkat dari hipotesis peneliti yang mengatakan bahwa lidah buaya dapat mengurangi produksi asam lambung dan bertindak sebagai agen antiradang.

Artikel Lainnya: Lidah Buaya Bisa Bantu Atasi Masalah Panu

2 dari 3

Cara Mengolah Lidah Buaya untuk MPASI

Cara Mengolah Lidah Buaya untuk MPASI
loading

Tertarik dengan khasiat lidah buaya untuk bayi? Jika ya, Anda mesti tahu cara mengolah MPASI lidah buaya untuk bayi dengan tepat.

Daun lidah buaya terdiri dari tiga bagian, yakni kulit, gel, dan lateks. Di antara ketiganya, bagian yang dapat dimakan hanya gel saja. Sementara bagian lateks dan kulit harus benar-benar terbuang saat mengolah lidah buaya sebagai makanan.

Pasalnya, lateks (cairan kuning antara kulit dan gel) bisa bersifat sebagai pencahar. Jika diberikan kepada bayi, lateks berpotensi memicu efek samping yang serius.

Dalam menyajikan gel lidah buaya, Anda mesti memotong bagian runcing di ujung dan sisi daun. Selanjutnya, iris kulit di sisi yang rata, keluarkan gel bening di tengahnya. Pastikan untuk mencuci gel lidah buaya secara menyeluruh untuk menghilangkan semua jejak kotoran, serpihan, dan residu.

Kemudian, untuk disajikan sebagai MPASI, Anda bisa mengolah gel lidah buaya sebagai jus atau smoothie. Bahan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

  • 2 sendok makan gel lidah buaya yang sudah dibersihkan
  • 200 mililiter air putih
  • Potongan buah-buahan lain, seperti melon, semangka, atau sesuaikan dengan selera

Masukkan semua bahan-bahan tadi ke dalam blender. Pastikan jus tercampur sampai benar-benar halus.

Jika ini kali pertama memberikan lidah buaya untuk si kecil, pastikan memberikan porsi yang sangat sedikit terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah si kecil memiliki alergi atau tidak.

Jika tak ada reaksi alergi, pemberian lidah buaya untuk MPASI bisa dilanjutkan. Namun, porsinya tetap harus dibatasi agar tidak berlebihan.

“Pemberian buah dan sayur untuk anak di bawah 1 tahun hanya sebatas untuk pengenal rasa saja,” tegas dr. Reza.

Baca Juga

Masih ragu atau kesulitan menyiapkan MPASI lidah buaya untuk si kecil? Anda bisa berkonsultasi kepada dokter dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi:

PubMed. Diakses 2021. Phytomodulatory potentials of Aloe vera against Salmonella OmpR-mediated inflammation

PubMed. Diakses 2021. The Effects of Aloe Vera on TNF-a Levels, the Percentage of Nk Cells and Th 17 Cells in Rat That Received Izoniazid and Rifampycin

PubMed. Diakses 2021. Aloe vera improves memory and reduces depression in mice

PubMed. Diakses 2021. Efficacy and safety of Aloe vera syrup for the treatment of gastroesophageal reflux disease: a pilot randomized positive-controlled trial

Healthline. Diakses 2021. Can You Eat Aloe Vera?

Healthline. Diakses 2021. Can You Use Aloe Vera Juice to Treat Acid Reflux?

WebMD. Diakses 2021. Aloe Vera

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Nofiyanty Nicolas, Sp.A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Ifrah Ayuna Siregar, M. Ked(Ped), Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Silvia Wowiling, Sp. A

Spesialis Anak
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Kenali Tanda-Tanda Masalah Penglihatan pada Bayi

Info Sehat
03 Des

Manfaat Memberikan Buah Kering ke Dalam MPASI Anak

Info Sehat
01 Des

Mengenal Nutritional Yeast, Nutrisi Tambahan untuk MPASI

Info Sehat
30 Nov

Mengungkap Segudang Manfaat Buah Delima untuk Anak

Info Sehat
29 Nov

Manfaat Ikan Bandeng untuk MPASI Bayi

Info Sehat
15 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat