Ketahui Penyebab Short Root Anomaly atau Akar Gigi Pendek - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Ketahui Penyebab Short Root Anomaly atau Akar Gigi Pendek

Akar gigi pendek merupakan masalah gigi yang tergolong langka. Apa penyebabnya? Cek pembahasannya di sini.
Ketahui Penyebab Short Root Anomaly atau Akar Gigi Pendek

Akar gigi pendek atau short roots anomaly (SRA) merupakan kondisi gigi langka dan kerap kali salah didiagnosis. Kondisi ini ditandai dengan terbentuknya akar gigi secara penuh, tetapi pendek. 

Meski bukan kondisi yang membahayakan jiwa, akar gigi yang pendek dapat membuat gigi tidak tertambat dengan baik ke tulang rahang. Akibatnya, gigi lebih mudah bergerak di sepanjang rahang dan membuatnya tidak sejajar satu sama lain. 

Apakah akar gigi pendek bisa diatasi? Simak penjelasannya berikut ini. 

1 dari 3

Penyebab Akar Gigi Pendek

Penyebab Akar Gigi Pendek
loading

Menurut drg. Wienna Manggala, “Penyebab akar gigi pendek adalah kelainan bawaan dari lahir, penyakit sistemik (bone dysplasias, scleroderma), perawatan ortodontik, trauma, infeksi yang terus-menerus, dan juga karena konsumsi obat-obatan tertentu.”

Artikel Lainnya: Hal Ini Bikin Anda Rentan Mengalami Gigi Sensitif

Melansir Clear Correct, akar gigi yang pendek biasanya disebabkan faktor-faktor biologis. Akar yang bentuknya tidak biasa lebih rentan mengalami pemendekan selama pergerakan gigi ortodontik (yang disebabkan perawatan gigi). 

Akar yang memendek juga berhubungan dengan riwayat perawatan ortodontik. Selain itu juga bisa disebabkan karena kondisi medis, seperti ketidakseimbangan metabolisme kalsium dan fosfat, serta penyakit metastasis (penyebaran sel kanker yang tidak terkendali). 

Osteosarkoma (jenis kanker tulang) yang telah bermetastasis ke rongga mulut merupakan salah satu contoh kondisi penyebab akar gigi memendek.

Short roots anomaly bisa pula disebabkan oleh resorpsi (hilangnya dentin dan sementum dari akar) dari gigi erupsi yang berdekatan. Misalnya, kaninus (gigi paling panjang di rongga mulut) di rahang atas dapat meresorpsi akar gigi insisivus (gigi taring) lateral yang berdekatan. Trauma serta peradangan yang diakibatkannya pun berpotensi memperpendek akar gigi. 

Artikel Lainnya: Gigi Taring Mirip Drakula, Perlukah Lakukan Potong Gigi?

2 dari 3

Perawatan Akar Gigi Pendek

Perawatan Akar Gigi Pendek
loading

Langkah pertama untuk mengatasi akar gigi pendek adalah memastikan bahwa akar gigi tersebut memang pendek. Sebab, pencitraan yang digambarkan radiografi sering tidak sesuai dengan panjang gigi yang sebenarnya. 

Umumnya terjadi karena posisi pencitraan atau efek proyeksi gigi insisivus yang proklinasi (kondisi gigi yang salah dan tidak dalam lengkung sebenarnya). Gigi proklinasi akan tampak pendek pada pandangan periapikal (gambaran seluruh mahkota dan akar gigi yang dapat membantu diagnosis penyakit gigi paling umum). 

Penting untuk mengidentifikasi kondisi gigi sebelum melakukan perawatan dan mengambil keputusan radiografi. Jika ditemukan akar gigi yang pendek, hentikan pergerakan gigi aktif dengan menggunakan aligner gigi (penyanggah gigi) selama kurang lebih 3 bulan. 

Artikel Lainnya: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengatasi Gigi Sensitif

Dokter gigi Wienna menjelaskan, “Kondisi akar pendek memang tidak bisa disembuhkan. Namun, bisa diusahakan agar giginya tidak lepas. Misalnya saat menjalani perawatan ortodontik, tekanan tarikannya jangan terlalu berlebihan.”

Ia juga menambahkan, “Selain itu, penting juga untuk selalu menjaga oral hygiene agar tidak sampai terkena penyakit periodontal.” Penyakit periodontal merupakan infeksi serius pada gusi yang dapat merusak gusi hingga menghancurkan tulang rahang. 

Baca Juga

Itulah penjelasan mengenai penyebab akar gigi pendek atau short root anomaly. Penting bagi Anda yang memiliki kondisi ini agar selalu menjaga kebersihan gigi. Dengan begitu, risiko komplikasi berupa penyakit periodontal dapat ditekan. 

Konsultasi langsung dengan dokter gigi seputar masalah gigi lainnya melalui fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/JKT)

Referensi: 

Clear Correct. Diakses November 2021. Short Roots.

American Journal of Orthodontics and Dentofacial Orthopedics. Diakses 2021. Orthodontic Management of A Patient with Short Root Anomaly and Impacted Teeth.

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. drg. Dhiyan Andre Prima Poetra

Dokter Gigi
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Nuzulul Ismi, Sp. Perio

Dokter Gigi Spesialis Periodonsia
wallet
Rp. 65.000
avatar

drg. Max Johnson, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Bolehkah Penderita Osteoporosis Implan Gigi? Ini Kata Dokter

Info Sehat
27 Nov

Memutihkan Gigi Menggunakan Stroberi Malah Bikin Gigi Ngilu?

Info Sehat
26 Nov

Inilah Biang Keladi Gigi Anak Keropos

Info Sehat
22 Nov

Gigi Pria Lebih Rapuh daripada Gigi Wanita?

Info Sehat
22 Nov

Penyebab Sakit Gigi Setelah Flossing, Apa Saja?

Info Sehat
21 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat