Intip Manfaat Olahraga Tabata yang Perlu Anda Tahu - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Intip Manfaat Olahraga Tabata yang Perlu Anda Tahu

Tabata termasuk dalam latihan interval intensitas tinggi yang memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh. Apa sajakah manfaatnya?
Intip Manfaat Olahraga Tabata yang Perlu Anda Tahu

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar, tak ada salahnya untuk mencoba senam Tabata. Olahraga ini ditemukan oleh seorang dokter dan peneliti asal Jepang, Dr. Izumi Tabata.

Merupakan bentuk HIIT atau latihan interval intensitas tinggi, olahraga Tabata dirancang untuk meningkatkan detak jantung dalam waktu singkat. Melansir Very Well Fit, olahraga ini tergolong baik untuk membangun daya tahan tubuh, karena menerapkan jeda latihan dan istirahat yang singkat.

Format olahraga Tabata sendiri meliputi latihan intensitas tinggi, seperti sprint, burpee, atau squat selama 20 detik. Kemudian, dilanjutkan dengan istirahat 10 detik dan diulang sebanyak 8 kali atau selama 4 menit.

Menurut dr. Devia Irine Putri, “Tabata termasuk olahraga high intensity interval training (HIIT). Dan, sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga berintensitas tinggi bisa membantu membakar lemak lebih banyak, meningkatkan metabolisme tubuh, dan meningkatkan massa otot.”

Simak ulasan berikut ini mengenai beberapa manfaat melakukan olahraga Tabata.

1 dari 3

1. Hemat Waktu

Olahraga Tabata Hemat Waktu
loading

Dengan durasi latihan yang singkat, yaitu 4  menit, Anda akan lebih termotivasi untuk melakukannya secara rutin. Olahraga Tabata juga jelas dapat menghemat waktu bagi Anda yang  sibuk setiap harinya.

Bahkan hanya dengan waktu 20 menit yang terdiri dari 5 set Tabata, Anda akan cepat mendapatkan bentuk tubuh ideal atau sesuai harapan. Tentunya, ini sebaiknya dilakukan bersama dengan pelatih yang berpengalaman untuk menghindari cedera.

Artikel Lainnya: Beragam Jenis dan Gerakan Senam Lantai, Apa Saja?

2. Efektif Membakar Lemak

Merupakan latihan dengan intensitas tinggi, peran olahraga Tabata untuk membakar lemak dalam tubuh pun besar. Dengan detak jantung yang meningkat ketika melakukan Tabata, metabolisme tubuh ikut dipacu, bahkan setelah latihan selesai.

2 dari 3

3. Melindungi Jaringan Otot

Olahraga Tabara dapat Melindungi Jaringan Otot
loading

Menjalani senam Tabata, Anda tidak hanya cepat membakar lemak dalam tubuh, tetapi juga membangun otot pada saat yang bersamaan. Ketika menurunkan berat badan atau diet, selain kehilangan lemak, Anda juga bisa kehilangan otot.

Untuk menjaga agar tetap dalam kondisi prima, otot pun perlu dilatih. Latihan intensitas tinggi yang berasal dari metode Tabata akan sangat baik untuk mengembangkan dan melindungi jaringan otot. Dengan waktu latihan yang singkat, jaringan otot tidak akan tergerogoti seperti melakukan olahraga kardio lainnya.

Artikel Lainnya: Manfaat Senam Yoga untuk Lansia

4. Meningkatkan Kapasitas Aerobik dan Anaerobik

Olahraga Tabata secara langsung dapat meningkatkan kapasitas aerobik, yaitu sekitar 14 persen seperti hasil penelitian dr. Tabata. Ini berarti individu yang melakukan senam Tabata akan mengalami peningkatan daya tahan dan tingkat oksigenasi.

Selain itu, olahraga Tabata juga dapat meningkatkan kapasitas anaerobik, yaitu jumlah energi yang dapat dihasilkan tubuh tanpa suplai oksigen yang stabil. Penelitian yang dilakukan dr. Tabata menunjukkan bahwa olahraga ini mampu meningkatkan sekitar 28 persen kapasitas anaerobik.

Olahraga Tabata memang memberikan manfaat yang signifikan bagi tubuh meski dalam waktu latihan yang singkat. Namun, Anda yang baru memulai sebaiknya didampingi oleh pelatih berpengalaman.

Dokter Devia mengungkapkan bahwa ada beberapa efek samping setelah melakukan olahraga ini, terutama untuk pemula. “Mual, pusing, sempoyongan, berkunang-kunang, pingsan, dan cedera bisa terjadi,” ujar dr. Devia.

Baca Juga

Itulah penjelasan mengenai manfaat olahraga Tabata yang perlu Anda ketahui. Sebelum memulai, sebaiknya perbanyak informasi mengenai senam Tabata. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan pelatih ataupun dokter Anda.

Manfaatkan fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter untuk bertanya seputar kebugaran fisik atau masalah kesehatan lainnya.

(PUT/JKT)

Referensi:

Very Well Fit. Diakses November 2021. Tabata Training and How It Works.

Medicine Net. Diakses November 2021. What Is a Tabata Workout?

Right Path Fitness. Diakses November 2021. Tabata Training.

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Olahraga Gymnastic untuk Kesehatan Anak

Info Sehat
05 Sep

Beragam Jenis dan Gerakan Senam Lantai, Apa Saja?

Info Sehat
01 Sep

Manfaat Gerakan Kayang bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Info Sehat
29 Agt

Lansia Sehat dengan Senam Anti-Stroke, Ini Caranya!

Info Sehat
08 Des

Tips Peregangan untuk Anda yang Duduk Terlalu Lama

Info Sehat
06 Apr

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
L Syam
2 Bulan Lalu

sangat mengidukasi dok bagus imfo sehat ini terimakasih... doter cantiiik.

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat