Manfaat Minyak Eucalyptus untuk Kesehatan Tubuh - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Manfaat Minyak Eucalyptus untuk Kesehatan Tubuh

Minyak eucalyptus sudah digunakan sejak lama, karena disebut memiliki banyak manfaat kesehatan. Lantas, apa kata medis terkait manfaat eucalyptus oil? Yuk, cari tahu.
Manfaat Minyak Eucalyptus untuk Kesehatan Tubuh

Eucalyptus oil merupakan jenis minyak yang diekstrak dan disuling dari daun dengan nama serupa: eucalyptus. Di Indonesia, minyak eucalyptus sering digunakan untuk untuk meredakan hidung tersumbat saat pilek.

Selain itu, eucalyptus oil juga bermanfaat untuk meredakan masuk angin maupun nyeri dada akibat batuk ringan.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, minyak eucalyptus digunakan dengan dioleskan di sekitar hidung bagian luar, dada, maupun punggung.

Tidak hanya sebatas itu, eucalyptus oil juga bisa memberikan sederet manfaat berikut ini:

 

1 dari 4

1. Perawatan Rambut

Minyak Eucalyptus untuk Perawatan Rambut
loading

Sebuah studi pada tahun 2012 yang dipublikasikan Asian Pacific Journal of Tropical Disease mengungkapkan, minyak eucalyptus yang dicampurkan dengan ekstrak mint Meksiko dapat digunakan untuk mengatasi ketombe.

Hal serupa juga diungkapkan oleh riset lain yang dipublikasikan National Center for Biotechnology Information pada tahun 2018. Riset ini menemukan bahwa eucalyptus oil yang dicampurkan larutan ekstrak pohon teh beraroma lemon memiliki kemampuan untuk mengatasi kutu kepala pada anak-anak.

Usut punya usut, manfaat minyak eucalyptus tersebut tidak lepas dari sifat alaminya sebagai agen antijamur.

Artikel Lainnya: Minyak Esensial yang Bermanfaat untuk Program Kehamilan

Guna memperoleh manfaat eucalyptus untuk rambut, Anda tidak harus memiliki sederet bahan campuran tersebut.

Cukup campurkan 2–3 tetes eucalyptus oil dengan minyak kelapa atau jojoba, lalu pijatkan ringan ke kulit kepala. Biarkan minyak meresap selama satu jam atau semalaman, dan bilas dengan air bersih setelahnya.

Fungsi eucalyptus oil dalam merawat rambut mungkin tidak dapat diperoleh dengan cepat. Namun, metode perawatan ini baik untuk kesehatan rambut dalam jangka panjang.

2 dari 4

2. Penyembuhan Luka

Minyak Eucalyptus untuk Penyembuhan Luka
loading

Di beberapa negara, minyak eucalyptus digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan luka.

Sebuah penelitian yang diterbitkan melalui National Center for Biotechnology Information tahun 2018 lantas berusaha menyelidiki manfaat tersebut.

Studi yang dilakukan pada hewan itu menemukan bahwa eucalyptus oil memang efektif dan aman digunakan untuk menyembuhkan luka. Khasiat ini bahkan disebut sebanding dengan gentamisin, yaitu obat untuk mengatasi infeksi bakteri pada telinga luar, mata, dan kulit.

Artikel Lainnya: Berbagai Essential Oil untuk Mengatasi Migrain dan Sakit Kepala

Untuk mengatasi luka menggunakan eucalyptus oil, teteskan dan encerkan minyak ke dalam 100 mililiter air. Gunakan sebagai larutan antiseptik, dan oleskan secara teratur pada area yang terluka.

3 dari 4

3. Menurunkan Demam dan Nyeri

Eucalyptus dapat Menurunkan Demam dan Nyeri
loading

Demam merupakan bentuk reaksi sistem imun ketika menghadapi infeksi virus, bakteri, jamur, ataupun parasit. Demam juga bisa dipicu oleh kondisi medis lain, seperti peradangan.

Disampaikan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, demam dapat diatasi menggunakan  eucalyptus oil.

“Hal ini karena minyak eucalyptus memiliki potensi antioksidan, antiradang, dan pereda nyeri, yang dapat membantu meringankan gejala infeksi atau peradangan, termasuk demam,” jelas dr. Astrid.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, Anda dapat menghirup aroma beberapa tetes eucalyptus essential oil. Cara ini dapat membantu meredakan demam, nyeri otot, dan melegakan pernapasan.

Baca Juga

Meski bermanfaat, minyak eucalyptus tetap tidak boleh digunakan sembarangan. Oleh karena itu, sebelum digunakan untuk mengatasi kondisi medis tertentu, cermatilah petunjuk penggunaan pada setiap kemasan produk eucalyptus oil yang Anda beli.

Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan produk eucalyptus oil melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Organic Facts. Diakses 2021. 7 Health Benefits Of Eucalyptus Oil

Asian Pacific Journal of Tropical Disease. Diakses 2021. Studies on the antidandruff activity of the essential oil of coleus amboinicus and eucalyptus globulus

National Center for Biotechnology Information. Diakses 2021. Wound Healing Study of Eucalyptus Essential Oil Containing Nanoemulsion in Rat Model

National Center for Biotechnology Information. Diakses 2021. Analgesic and anti-inflammatory effects of essential oils of Eucalyptus

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Jaka Prasetya Vidya Ananta, M.K.M

Dokter Umum
wallet
Rp. 15.000
avatar

dr. Ovienanda Kristi Purbasari

Dokter Umum
wallet
Rp. 15.000
avatar

dr. Peter Fernando

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Bisakah Essential Oil Mengobati Gejala Asma?

Info Sehat
09 Jun

Berbagai Essential Oil untuk Mengatasi Migrain dan Sakit Kepala

Info Sehat
16 Feb

Mengobati Radang Tenggorokan dengan Essential Oil

Info Sehat
13 Mei

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat