Manfaat Melakukan Olahraga Barre untuk Kesehatan Tubuh - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Manfaat Melakukan Olahraga Barre untuk Kesehatan Tubuh

Olahraga barre memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang dan juga postur tubuh. Ketahui manfaat olahraga barre lainnya melalui fakta medis berikut ini.
Manfaat Melakukan Olahraga Barre untuk Kesehatan Tubuh

Pernahkan Anda tertarik untuk menjadi penari balerina? Jika ya, olahraga barre dapat menjadi aktivitas fisik yang bisa Anda coba.

Barre merupakan jenis olahraga yang melibatkan gerakan tarian balet serta bentuk latihan lain, seperti yoga, pilates, dan aerobik. Kombinasi gerakan tersebut membuat Anda bisa merasakan manfaat sehat yang berlipat ganda.

Lantas, apa saja manfaat olahraga barre bagi kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Salah satu manfaat dalam melakukan olahraga barre adalah memperkuat otot, terutama pada bagian inti, lengan, paha, nokong, dasar panggul.

Hal tersebut sangat baik untuk mempertahankan massa otot seiring bertambahnya usia, menjaga berat badan ideal, mencegah kekakuan sendi, serta mengoptimalkan keseimbangan tubuh.

Artikel Lainnya: Tips Meredakan Nyeri Otot Setelah Berolahraga

1 dari 4

2. Baik untuk Daya Tahan Otot

Olahraga Barre Baik untuk Daya Tahan Otot
loading

Melakukan olahraga barre secara konsisten dapat meningkatkan daya tahan otot. Hal ini baik untuk menjaga kesehatan jantung, dan mewujudkan pola pernapasan yang baik.

Daya tahan otot juga dapat meningkatkan stamina, sehingga Anda dapat lebih aktif melakukan aktivitas atau kegiatan sehari-hari.

Daya tahan otot yang kuat dapat pula menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan jenis kanker tertentu.

3. Fleksibilitas

Latihan olahraga barre melibatkan banyak gerakan peregangan. Latihan peregangan dapat  meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak pada persendian Anda.

Mempertahankan fleksibilitas sendi juga dapat membuat Anda bergerak dengan gesit tanpa mengalami kekakuan, meski harus melakukan kegiatan yang berat atau monoton seperti duduk untuk waktu yang lama.

2 dari 4

4. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Olahraga Barre dapat Meningkatkan Kepadatan Tulang
loading

Latihan barre dapat membantu Anda mempertahankan, bahkan meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini baik untuk mencegah osteoporosis, sehingga tulang Anda tidak mudah patah.

Artikel Lainnya: Penyebab Nyeri Tulang Kering saat Olahraga dengan Treadmill

5. Postur Tubuh yang Lebih Baik

Dijelaskan oleh dr. Dyah Novita Anggraini, olahraga barre yang dilakukan secara rutin bisa menjaga postur tubuh agar tetap baik.

“Latihan barre dapat mengurangi tekanan di area tulang belakang, sehingga postur tubuh tetap terjaga dengan baik,” kata dr. Dyah Novita.

“Sayangnya, manfaat ini hanya bisa dirasakan apabila sedari awal postur tubuh Anda sudah baik. Kalau postur tubuhnya sudah tidak baik, akan susah diubah,” sambungnya.

Atas dasar itu, jika Anda ingin memperbaiki postur tubuh yang terganggu dengan olahraga barre, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter guna mengetahui langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan.

3 dari 4

6. Baik untuk Ibu Hamil

Olahraga Barre Baik untuk Ibu Hamil
loading

Barre adalah olahraga yang aman untuk siapa saja, tak terkecuali bagi wanita hamil. Pasalnya, olahraga ini memiliki risiko cedera yang tergolong rendah.

Bahkan American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan ibu hamil  untuk berpartisipasi dalam kelas barre. Sebab, mengikuti kelas barre sangat baik untuk menjaga postur tubuh selama kehamilan.

Selain itu, latihan barre selama hamil juga bisa melatih fleksibilitas guna melancarkan proses persalinan nantinya.

Agar lebih aman, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum Anda melakukan jenis olahraga apa pun saat hamil, ya.

Baca Juga

Apakah sederet manfaat olahraga barre membuat Anda tertarik untuk mulai melakukan jenis latihan yang satu ini? Jika ya, pastikan untuk dikombinasikan dengan penerapan gaya hidup sehat lainnya.

Apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum melakukan latihan barre. Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2021. The Many Benefits of Barre

Very Well Fit. Diakses 2021. Top 6 Health Benefits of Barre Workouts

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Putra Rizki, Sp. K.O

Spesialis Kedokteran Olahraga
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Bolehkah Berolahraga saat Tekanan Darah Rendah?

Info Sehat
09 Des

Cara Melatih Keseimbangan Tubuh Anda

Info Sehat
09 Des

Efek Mendengarkan Musik Upbeat Saat Olahraga

Info Sehat
08 Des

Ketahui Cedera yang Dapat Dialami oleh Cheerleader

Info Sehat
07 Des

Gerakan Peregangan untuk Orang dengan Patellar Tendinitis

Info Sehat
07 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat