Efek Samping Fake Freckles Berbahan Henna bagi Kulit - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Efek Samping Fake Freckles Berbahan Henna bagi Kulit

Sebuah tren kecantikan yang datang dari TikTok, yaitu fake freckles menggunakan henna, dinilai berdampak negatif bagi kulit wajah. Ketahui penjelasannya di sini.
Efek Samping Fake Freckles Berbahan Henna bagi Kulit

TikTok kembali mengeluarkan tren kecantikan yang banyak diminati, yaitu membuat freckles (bintik-bintik di wajah) palsu dengan henna.

Memiliki freckles memang akan memberikan kesan unik dan segar pada seseorang. Women’s Health Magazine menyebutkan, bintik-bintik pada wajah tersebut mampu membangkitkan perasaan awet muda.

Dengan alasan tersebut, mereka yang ingin menggunakan freckles alami akan menggunakan berbagai bahan, termasuk henna. Namun, membuat fake freckles dengan henna dinilai tidak aman bagi kesehatan kulit wajah. Simak penjelasannya berikut ini.

 

1 dari 3

Efek Samping Fake Freckles dengan Henna

Efek Samping Fake Freckles dengan Henna
loading

Henna merupakan sejenis tanaman yang daunnya dikeringkan dan ditumbuk menjadi halus. Hasil tumbukkan dari henna bisa digunakan untuk mewarnai kuku, rambut, dan seni tato temporer.

Pada masyarakat India, henna digunakan untuk menghiasi tubuh wanita dalam berbagai upacara sejak ribuan tahun yang lalu.

Sampai saat ini, seni tato henna masih digunakan pada acara upacara keagamaan atau digunakan pengantin wanita pada acara pernikahan adat tertentu.

Karena bisa digunakan sebagai tato di tubuh, henna pun dimodifikasi oleh para penggiat kecantikan untuk membuat fake freckles.

Artikel Lainnya: Waspada Bahaya Microneedling Makeup bagi Kulit Wajah

Mengenai hal tersebut, dr. Devia Irine Putri menanggapi, “Henna tidak sepenuhnya aman digunakan pada wajah. Meski terbuat dari tanaman atau bahan alami, penggunaan henna bisa meningkatkan risiko iritasi pada kulit. Kemerahan, bengkak, nyeri, dan gatal pada kulit.”

Pernyataan tersebut juga sejalan dengan pendapat Melani Palm, dermatologist di San Diego, seperti yang dilansir dari Allure. Ia mengatakan bahwa pewarna henna, terutama yang berwarna hitam, diformulasikan khusus untuk digunakan pada rambut dan tidak dianjurkan digunakan pada wajah.

Palm menambahkan, “Saat seseorang mengalami reaksi alergi yang disebabkan henna warna hitam, masalah kulit akan terus bertambah parah”. Sebab, henna sulit dihilangkan dari kulit, sehingga kulit lebih lama terpapar henna dan kandungannya.

Ada cara untuk mengetahui apakah henna menyebabkan reaksi alergi atau tidak pada kulit wajah. Anda bisa mengoleskannya di pergelangan tangan atau lengan bawah, kemudian membalutnya dengan plester luka atau kain selama 3 hari.

Jika dalam 3 hari tidak muncul ruam, kemungkinan kulit Anda tidak menunjukkan reaksi alergi. Meski begitu, sebaiknya tetap hindari penggunaan henna berwarna hitam.

Artikel Lainnya: Tato pada Payudara, Amankah untuk Kesehatan?

2 dari 3

Membuat Fake Freckles yang Aman?

Membuat Fake Freckles yang Aman?
loading

Apabila Anda tetap ingin mencoba membuat fake freckles dari henna, sebaiknya jangan menggunakan henna berwarna hitam. Henna hitam mengandung zat kimia para-phenylenediamine (PPD).

Ketika diaplikasikan langsung ke kulit, PPD berpotensi menyebabkan iritasi. Sebagai gantinya, pilihlah henna yang dibuat dengan bahan alami dan biasanya berwarna coklat atau coklat kemerahan.

Henna jenis ini bisa diperoleh dari seniman tato profesional. Umumnya, mereka membuat sendiri henna yang dibuat dan digunakan khusus untuk kulit.

Meski begitu, dr. Devia tetap menyarankan penggunaan produk makeup sehari-hari untuk membuat fake freckles daripada dengan henna. “Membuat fake freckles sebenarnya bisa memakai peralatan makeup yang dimiliki, seperti eyeshadow dan eyeliner gel,” ujarnya.

Seorang makeup artist YSL Beauty, Nour Agha, melansir dari Women’s Health Magazine, mengatakan bahwa membuat freckles bisa dengan pensil alis untuk warna yang natural. Pastikan warna pensil alis juga sesuai dengan warna rambut.

Untuk tampilan freckles yang lebih kecil dan terkesan acak, bisa menggunakan eyeliner cair yang cocok untuk semua jenis kulit.

Baca Juga

Seperti itulah penjelasan mengenai keamanan membuat fake freckles dari henna. Henna tidak dirancang untuk digunakan pada kulit wajah, karena bisa menimbulkan reaksi alergi atau iritasi. Sebaiknya gunakan peralatan makeup lain untuk membuat fake freckles, seperti eyeshadow dan eyeliner.

Konsultasi langsung dengan dokter seputar tren kecantikan lainnya lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(PUT/JKT)

Referensi:

Allure. Diakses Desember 2021. Henna Freckles Are TikTok's Biggest Beauty Trend, But Are They Safe?

Women’s Health Magazine. Diakses Desember 2021. Here's Exactly How To Create Believable Fake Freckles, According To Celebrity Makeup Artists.

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Irwan Junawanto,SpKK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Kartika Paramita, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Hari Darmawan, Sp.KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Prosedur Radiofrequency Setrika Wajah untuk Perawatan Kulit

Info Sehat
10 Des

Eksfoliasi Wajah Menggunakan Kopi, Benarkah Efektif?

Info Sehat
09 Des

Cara Menghilangkan Daki dan Kulit Kehitaman di Leher

Info Sehat
29 Nov

Daftar Bahan Skincare yang Aman untuk Dicampur

Info Sehat
07 Nov

Perawatan Wajah pada Wanita Aktif

Info Sehat
01 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat