Kombinasi Inositol dan Kolin untuk Tingkatkan Konsentrasi - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Kombinasi Inositol dan Kolin untuk Tingkatkan Konsentrasi

Inositol dan kolin bisa ditemukan dalam kandungan energy drink yang dijual bebas di pasaran. bisa bermanfaat bagi kesehatan, lho!
Kombinasi Inositol dan Kolin untuk Tingkatkan Konsentrasi

Inositol dan kolin merupakan senyawa yang bisa ditemukan dalam makanan sehari-hari, seperti pada energy drink. Kedua senyawa tersebut juga tersedia dalam bentuk suplemen makanan yang dijual bebas di pasaran.

Inositol dan kolin bisa berperan untuk membangun membran sel dan mengatur aktivitas seluler. Selain itu, keduanya juga memiliki peran unik secara individual.

Cari tahu manfaat inositol dan kolin bagi kesehatan, serta perannya bagi tubuh lewat fakta di bawah ini!

1 dari 4

Mengenal Manfaat Inositol dan Kolin Bagi Tubuh

loading

Inositol dapat secara alami ditemukan pada beberapa jenis buah, biji-bijian dan kacang-kacangan. Senyawa tersebut juga diproduksi sendiri oleh tubuh manusia.

Inositol sering disebut sebagai vitamin B8. Meski begitu, senyawa tersebut bukanlah vitamin B kompleks, melainkan sejenis gula yang bisa mengundang banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Artikel Lainnya: Bahan Alami yang Bantu Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker Otak

Faktanya, inositol bekerja sama dengan protein, lemak, gula, dan fosfat untuk menunjang pembentukan membran sel yang optimal.

Selain itu, inositol juga bisa memaksimalkan pengiriman sinyal serta zat kimia otak. Senyawa tersebut dapat pula mengoptimalkan fungsi hormon tertentu yang ada di dalam tubuh.

Lantas, bagaimana dengan kolin? Ini adalah senyawa sekelompok vitamin B kompleks, yang juga merupakan kerabat dekat folat.

Kolin bisa berasal langsung dari tubuh manusia, namun hanya dalam jumlah sedikit. Oleh karena itu, guna memenuhi kebutuhan kolin harian, Anda mesti mendapatkannya dari makanan.

Manfaat kolin menurut fungsinya adalah membangun struktur dan mengatur kerja sel tubuh.

Senyawa ini pun dibutuhkan untuk detoksifikasi tubuh, juga dapat mengangkut kolesterol dari hati dan mendukung sintesis DNA.

Tidak hanya itu, kolin juga berfungsi menjaga kinerja sistem saraf terkait gerakan otot dan memori. Senyawa tersebut juga berperan penting dalam mengatur detak jantung, dan fungsi penting lain pada tubuh.

Artikel Lainnya: Kadar Gula Aman dalam Energy Drink

2 dari 4

Bagaimana Manfaat Inositol dan Kolin Saat Bekerja Sama Dalam Tubuh?

loading

Karena fungsinya tersebut, inositol dan kolin bisa mengundang banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat yang dimaksud:

  • Memperbaiki Suasana Hati

Berdasarkan National Institutes of Health, inositol disebut dapat mengoptimalkan proses pembuatan serotonin—neurotransmitter otak yang bisa memperbaiki suasana hati.

Manfaat tersebut bisa lebih optimal apabila Anda juga mendapatkan asupan kolin dalam jumlah tepat.

Pasalnya, kolin dapat membantu tubuh memproduksi asetilkolin—neurotransmitter untuk mendukung fungsi memori, suasana hati, kontrol otot.

Artikel Lainnya: Vitamin untuk Mengatasi Depresi yang Terbukti Efektif

  • Berpotensi Mengontrrol Gula Darah

Inositol disebut-sebut dapat mengontrol kadar gula darah agar tidak melulu tinggi. Hal ini karena senyawa tersebut dikatakan dapat mengoptimalkan fungsi insulin di dalam tubuh.

  • Meringankan Gangguan Panik

Inositol disebut dapat memperbaiki masalah kesehatan terkait serotonin dan otak, seperti gangguan kecemasan, obsessive compulsive disorder (OCD), dan serangan panik.

Studi awal yang dimuat dalam jurnal Clinical Psychopharmacology menyebut orang dengan gangguan panik yang diberikan 18 gram inositol setiap harinya dapat mengalami penurunan jumlah serangan

  • Meningkatkan Kesuburan

Studi yang dimuat dalam jurnal Gynecological Endocrinology menyebut bahwa asupan inositol dan folat yang tepat dapat mendorong ovulasi khususnya pada wanita menderita PCOS.

Peneliti yang terlibat dalam studi menyatakan bahwa manfaat tersebut bisa dirasakan partisipan setelah diberikan 4 gram inositol dan 400 mikrogram folat selama 3 bulan

  • Meringankan Gejala PCOS

Sindrom Ovarium Polycystic  (PCOS) adalah gangguan hormon yang berkaitan dengan sindrom metabolik. Kondisi ini menyebabkan gangguan siklus haid pada wanita.

Studi yang terbit dalam jurnal Gynecological Endocrinology menyatakan bahwa kondisi tersebut bisa diringankan dengan konsumsi inositol dan folat.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan yang Mengandung Asam Folat

3 dari 4

Manfaat Inositol dan Kolin dalam Kandungan Minuman Energi

loading

Tidak disangka-sangka, inositol dan kolin ternyata juga bisa ditemukan dalam kandungan energy drink alias minuman energi yang dijual bebas di pasaran.

Bersamaan dengan senyawa lain, inositol dan kolin yang ada di dalam minuman energi dapat membantu pergerakkan motorik tubuh, menjaga fungsi sistem saraf, serta memodulasi serotonin untuk menunjang kinerja otak.

Bahkan terdapat sebuah temuan yang mengatakan bahwa konsumsi satu kaleng energy drink seberat 8,4 ons (247 mililiter) bisa meningkatkan konsentrasi dan fungsi memori sekitar 24 persen.

Meski kombinasi inositol, kolin, dan berbagai senyawa lain dalam minuman energi bisa bermanfaat, Anda tetap tidak diperkenankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

Baca Juga

Agar lebih aman, pastikan tidak mengonsumsi minuman energi lebih dari 16 ons (473 ml) dalam sehari.

Ingin lebih aman lagi dalam menikmati inositol dan kolin dari minuman energi? Jika ya, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

Referensi :

Livestrong. Diakses 2021. What Are the Benefits of Inositol and Choline?

Healthline. Diakses 2021. 5 Evidence-Based Health Benefits of Inositol

Healthline. Diakses 2021. Are Energy Drinks Good or Bad for You?

Psychology Today. Diakses 2021. Inositol and Choline in Mental Health Care

Springer Link. Diakses 2021. A pilot study of D-chiro-inositol plus folic acid in overweight patients with type 1 diabetes

Taylor and Francis Online. Diakses 2021. Ovulation induction with myo-inositol alone and in combination with clomiphene citrate in polycystic ovarian syndrome patients with insulin resistance

Taylor and Francis Online. Diakses 2021. Comparison of two insulin sensitizers, metformin and myo-inositol, in women with polycystic ovary syndrome (PCOS)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Febryan Agus Pramudyo, Sp. GK

Spesialis Gizi Klinik
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Energy Drink Mengandung Vitamin B Kompleks, Ini Manfaatnya!

Info Sehat
14 Des

Kadar Gula Aman dalam Energy Drink

Info Sehat
14 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat