Gigi Berlubang Saat Hamil Tingkatkan Risiko Kelahiran Prematur?
searchtext customer service

Gigi Berlubang Bisa Sebabkan Kelahiran Prematur

Punya masalah gigi berlubang saat hamil? Hati-hati karena kondisi ini bisa tingkatkan risiko kelahiran prematur. Simak faktanya berikut ini.
Gigi Berlubang Bisa Sebabkan Kelahiran Prematur

Kesehatan gigi dan mulut perlu diperhatikan demi mendapatkan hidup yang lebih sehat. Sebab tanpa disadari, kesehatan rongga mulut dapat memengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Sebaliknya, apabila terdapat penyakit pada organ lain, Anda juga dapat mengetahuinya melalui kondisi gigi dan mulut.

Masalah rongga mulut yang kerap dijumpai adalah karies atau gigi berlubang. Gigi berlubang terjadi ketika sisa makanan yang tertinggal pada gigi tidak dibersihkan dengan baik. Pada akhirnya, kehadiran sisa makanan yang tercampur dengan bakteri di dalam mulut akan merusak lapisan luar gigi, bahkan hingga lapisan dalam.

Kondisi gigi berlubang dapat terjadi pada siapa saja, termasuk ibu hamil. Lalu, bagaimana bila seseorang mengalami gigi berlubang saat hamil? Apakah hal tersebut bisa menyebabkan efek serius pada ibu dan janin?

Faktanya, gigi berlubang saat hamil bisa menyebabkan kelahiran prematur. Bagaimana keduanya saling berhubungan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1 dari 3

Risiko Kelahiran Prematur Karena Karies

Risiko Kelahiran Prematur Karena Karies
loading

Karies merupakan salah satu penyakit gigi yang paling banyak dialami oleh manusia. Kondisi ini terjadi ketika lapisan struktur gigi rusak, mulai dari lapisan terluar gigi hingga lapisan dalam.

Penyebabnya ialah bakteri yang menghasilkan asam dari sisa makanan, misalnya makanan yang mengandung karbohidrat.

Artikel Lainnya: Tanpa Disadari, Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Gigi Berlubang

Asam yang dihasilkan tersebut terus-menerus mengenai lapisan enamel gigi. Lama-kelamaan muncul bercak putih, cokelat, hingga kehitaman pada gigi.

Pada kondisi tersebut, biasanya tidak ada keluhan nyeri yang dirasakan. Namun bila dibiarkan, karies dapat berakhir pada gigi berlubang.

Lalu, bagaimana hubungan antara gigi berlubang pada ibu hamil dengan kelahiran prematur?

Kelahiran prematur sendiri adalah kelahiran yang terjadi sebelum waktu yang diperkirakan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa karies memiliki hubungan akan terjadinya kelahiran prematur. Lebih dari 53 persen ibu yang melahirkan secara prematur memiliki karies.

Seperti dijelaskan sebelumnya, karies terjadi karena adanya bakteri yang menetap lama pada gigi, sehingga membuat gigi tersebut menjadi berlubang semakin membesar.

Lubang yang diciptakan oleh bakteri dapat menembus ke saluran akar. Saluran akar berisikan saraf yang apabila terdapat bakteri di dalamnya dapat menyebar ke seluruh tubuh.

Salah satu penyebaran infeksi dari bakteri bisa terjadi pada janin dan plasenta. Infeksi ini pun dapat memberikan gangguan pada kehamilan.

Artikel Lainnya: Membiarkan Gigi Berlubang Terlalu Lama? Ini Akibatnya!

2 dari 3

Hindari Kelahiran Prematur, Cegah Karies Saat Hamil

Hindari Kelahiran Prematur, Cegah Karies Saat Hamil
loading

Mencegah terjadinya kelahiran prematur karena gigi berlubang sebenarnya cukup mudah. Pencegahan sebaiknya mulai dilakukan sebelum hamil, atau pada saat melakukan program hamil.

Periksakan ke dokter gigi apakah ada gigi yang berlubang. Jika ada, lakukan perawatan dengan ditambal. Sementara pada gigi berlubang yang tinggal sisa akar, sebaiknya dilakukan pencabutan.

Apabila sudah dalam kondisi hamil, tetap periksakan kondisi gigi berlubang ibu pada dokter gigi. Jika ada gigi yang harus ditambal, sebaiknya tunggu sampai trimester kedua untuk perawatan.

Pasalnya, pada trimester kedua kondisi janin akan lebih kuat sehingga beberapa perawatan gigi dapat dilakukan tanpa memberikan efek negatif kepada kandungan.

Bahkan, pada beberapa kasus gigi berlubang yang sederhana, perawatan juga dapat dilakukan mulai trimester kedua.

Dengan melakukan pencegahan tersebut, diharapkan tidak ada bakteri rongga mulut yang mengganggu kehamilan.

Baca Juga

Itulah penjelasan terkait karies dan kehamilan. Bila Anda mengalami sakit gigi akibat gigi berlubang saat hamil, jangan ragu untuk memeriksakan kondisi ke dokter.

Dapatkan informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda kepada dokter melalui fitur Live Chat.

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. drg. Dhiyan Andre Prima Poetra

Dokter Gigi
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Tika Prana Pramita, Sp. KG

Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Max Johnson, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Membiarkan Gigi Berlubang Terlalu Lama? Ini Akibatnya!

Info Sehat
10 Des

Manfaat Akar Manis (Licorice) untuk Gigi Berlubang

Info Sehat
05 Des

Benarkah Gigi Berlubang Bisa Picu Penyakit Jantung?

Info Sehat
06 Sep

Persiapan Persalinan Prematur yang Mesti Diketahui Ibu Baru

Info Sehat
20 Agt

Cegah Gigi Berlubang Pakai Fluoride Varnish

Info Sehat
13 Agt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat