Minyak Tawon Ampuh untuk Mengatasi Sakit Gigi, Benarkah? - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Minyak Tawon Ampuh untuk Mengatasi Sakit Gigi, Benarkah?

Sakit gigi yang mengganggu dipercaya bisa disembuhkan dengan minyak tawon. Tertarik menggunakan cara alami ini? Simak dahulu faktanya di sini.
Minyak Tawon Ampuh untuk Mengatasi Sakit Gigi, Benarkah?

Sakit gigi merupakan kondisi yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebabnya bisa karena adanya bakteri yang memicu peradangan. Tak jarang, sakit gigi juga muncul ketika kondisi tubuh tidak fit, misalnya saat sariawan.

Karena rasa sakit cukup mengganggu, berbagai cara pun dilakukan untuk membuatnya mereda, mulai dari cara medis hingga tradisional.

Salah satu pengobatan alami yang sering dilakukan, yaitu dengan menggunakan minyak tawon. Minyak tawon dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk sakit gigi.

Benarkah kegunaan minyak tawon untuk sakit gigi tersebut? Yuk, simak faktanya di sini.

1 dari 3

Manfaat Minyak Tawon untuk Sakit Gigi

Manfaat Minyak Tawon untuk Sakit Gigi
loading

Kurang akrab dengan minyak tawon? Faktanya, sama dengan minyak kayu putih dan minyak telon, minyak tawon juga kerap kali digunakan untuk memijat tubuh.

Walaupun namanya minyak “tawon”, minyak ini tidak terbuat dari tawon ataupun memiliki kandungan yang diperoleh dari hewan tersebut. Nama minyak tawon sendiri adalah nama produk yang mengacu pada minyak gosok dengan berbagai campuran larutan di dalamnya.

Artikel Lainnya: Mau Atasi Sakit Gigi dengan Bawang Putih, Cek Dulu Efektivitasnya

Kandungan minyak tawon terdiri dari minyak kelapa, minyak kayu putih, minyak atsiri, dan minyak cengkeh.

Setiap larutan penyusun memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya, minyak kayu putih yang diketahui memiliki kemampuan untuk mencegah adanya infeksi bakteri. 

Sementara itu, minyak atsiri dan minyak cengkeh terkenal akan kandungan antibakterinya yang cukup tinggi.

Berdasarkan kandungan tersebut, terutama antibakteri dan kemampuan untuk mencegah infeksi bakteri, minyak tawon dapat digunakan untuk membantu meredakan sakit gigi. Berbagai penelitian juga mendukung hal tersebut. 

Walaupun minyak tawon dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi, bukan berarti minyak alami ini bisa menyembuhkan sakit gigi secara keseluruhan.

Untuk menyembuhkan sakit gigi, Anda terlebih dahulu perlu mengetahui penyebabnya. Cara yang paling efektif adalah berkonsultasi ke dokter gigi terkait kondisi Anda. Dengan demikian, penanganan yang diberikan akan sesuai.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Cengkeh untuk Sakit Gigi yang Perlu Anda Tahu

2 dari 3

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Minyak Tawon

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Minyak Tawon
loading

Sebelum mengobati sakit gigi dengan minyak tawon, Anda perlu memahami cara penggunaannya.

Umumnya, penggunaan minyak tawon untuk meredakan sakit gigi, yaitu dengan cara dioleskan. Sementara untuk konsumsi langsung, belum ada penelitian terkait penggunaannya. Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsi minyak tawon secara langsung, ya.

Selain itu, perhatikan banyaknya minyak yang dioleskan. Sebaiknya oleskan minyak secukupnya, dengan jumlah yang sedikit, tidak perlu terlalu banyak. Penggunaan yang terlalu banyak akan membuat Anda tidak nyaman.

Penggunaan minyak tawon dapat dilakukan untuk penanganan awal saja dengan tujuan meredakan rasa sakit. Sementara itu, untuk menyembuhkannya, ketahui dulu penyebabnya agar penanganan bisa disesuaikan. Dengan begitu, sakit gigi tidak akan muncul kembali.

Baca Juga

Demikian penjelasan seputar khasiat minyak tawon untuk atasi sakit gigi. Walaupun sudah ada penelitian yang menyatakan manfaat minyak tawon ini, sebaiknya tetap lakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Ingatlah bahwa penggunaan minyak tawon hanya sebatas meredakan nyeri, bukan untuk menyembuhkan sakit gigi secara keseluruhan.

Konsultasi dengan dokter gigi sangat dianjurkan bila Anda mengalami sakit gigi yang mengganggu. Gunakan fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter untuk konsultasi kepada dokter gigi.

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. Fransiska Uli Arta Panjaitan, Sp. Perio

Dokter Gigi Spesialis Periodonsia
wallet
Rp. 30.000
avatar

drg. Max Johnson, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Robin, Sp. Perio

Dokter Gigi Spesialis Periodonsia
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Penyebab Sakit Gigi Setelah Flossing, Apa Saja?

Info Sehat
21 Nov

Cara Mengatasi Sakit Gigi dengan Minyak Lavender

Info Sehat
22 Sep

Awas, Infeksi Sinus Bisa Bikin Sakit Gigi!

Info Sehat
24 Agt

Penyakit Ini Bisa Menjadi Penyebab Sakit Gigi dan Mulut

Info Sehat
30 Nov

Tips Aman Naik Pesawat saat Sakit Gigi

Info Sehat
09 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat