Ketahui Titik Pijat untuk Menyembuhkan Sakit Gigi Anda - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Ketahui Titik Pijat untuk Menyembuhkan Sakit Gigi Anda

Sakit gigi bisa diredakan dengan pijatan. Bukan sembarang pijatan, kenali beberapa titik pijat untuk menyembuhkan sakit gigi berikut ini.
Ketahui Titik Pijat untuk Menyembuhkan Sakit Gigi Anda

Sakit gigi memang bikin tidak nyaman. Ketika sakit gigi mulai dirasakan, Anda pasti akan berusaha untuk mengobatinya. Entah itu dengan menggunakan obat penghilang rasa sakit atau tindakan lain, termasuk melakukan pijatan pada beberapa bagian tubuh.

Menurut beberapa sumber, pijatan bisa membantu mengurangi sakit gigi. Tentu saja dengan memperhatikan titik pijat yang tepat.

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan menjadi alternatif baru dan yang paling cepat. Lalu, titik mana sajakah yang dapat dilakukan pemijatan untuk meredakan sakit gigi? Cek di sini.

1. Titik SI18

Titik refleksi yang pertama untuk sakit gigi berada di bawah tulang pipi. Lokasi titik pijat ini berada pada sudut yang mempertemukan ujung terluar sudut mata (yang ditarik ke bawah) dan bagian bawah hidung (yang ditarik ke samping).

Lakukan penekanan dengan kedua jari telunjuk dan jari tengah selama satu menit. Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pijatan adalah kondisi badan harus relaks.

Artikel Lainnya: Penyakit Ini Bisa Menjadi Penyebab Sakit Gigi dan Mulut

1 dari 3

2. Titik ST6

Titik ST6
loading

Titik berikutnya terletak di antara ujung bibir dan telinga. Titik ST6 ini berada di garis yang bersinggungan dengan tulang rahang.

Untuk melakukan pemijatan pada titik ini, tarik garis dari ujung bibir ke arah samping mendekati bagian bawah daun telinga.

Pemijatan dapat dilakukan dengan ibu jari selama satu menit. Anda juga bisa mengulanginya jika dirasa perlu.

3. Titik GB21

Untuk mengurangi nyeri pada area kepala, wajah, dan leher, pijat dapat dilakukan pada titik ini. Lokasi dari titik GB21 yaitu pada tengah pundak, tetapi sedikit di bawah pada bagian belakang.

Pemijatan pada titik saraf ini bisa dilakukan selama lima detik. Ulangi apabila diperlukan.

Artikel Lainnya: Pilihan Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Sakit Gigi

2 dari 3

4. Titik LI4

Titik LI4
loading

Titik L14 sudah cukup banyak diketahui oleh beberapa orang. Titik yang berada di antara sudut ibu jari dan jari telunjuk ini memang salah satu titik akupuntur yang banyak manfaatnya.

Lakukan pemijatan dengan menjepit titik menggunakan ibu jari dan jari telunjuk tangan satunya. Lakukan selama lima detik dengan pengulangan. Pastikan badan dalam kondisi tidak tegang.

5. Titik ST36

Titik pijat yang terakhir untuk mengurangi rasa sakit gigi, yaitu pada kaki. Titik ini dinamakan ST36. Lokasinya berada sekitar empat sentimeter di bawah tempurung lutut.

Untuk menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan pada titik ini, caranya dilakukan dengan gerakan dorongan. Berikan dorongan menuju ke bawah, ke tulang kering bagian luar. Lakukan secara perlahan selama satu menit dengan tekanan sedang.

Baca Juga

Itulah beberapa titik pijat untuk atasi sakit gigi yang bisa Anda coba. Namun, cara tersebut hanya dapat meredakan secara sementara. Jadi, tetap konsultasikan dengan dokter gigi untuk mengatasi permasalahan sakit gigi Anda. 

Apabila ingin berkonsultasi seputar masalah sakit gigi, Anda dapat menggunakan fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. Fransiska Uli Arta Panjaitan, Sp. Perio

Dokter Gigi Spesialis Periodonsia
wallet
Rp. 30.000
avatar

drg. Max Johnson, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Robin, Sp. Perio

Dokter Gigi Spesialis Periodonsia
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Minyak Tawon Ampuh untuk Mengatasi Sakit Gigi, Benarkah?

Info Sehat
14 Des

Membiarkan Gigi Berlubang Terlalu Lama? Ini Akibatnya!

Info Sehat
10 Des

Begini Cara Menjaga Kebersihan Sikat Gigi Elektrik

Info Sehat
10 Des

Mengenal Dental Splinting, Perawatan untuk Gigi yang Goyang

Info Sehat
10 Des

Makanan dan Minuman Ini Sebabkan Gigi Kuning

Info Sehat
09 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat