Sering Mual dan Muntah Saat Sikat Gigi? Ini Penyebabnya - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Sering Mual dan Muntah Saat Sikat Gigi? Ini Penyebabnya

Pada sebagian orang, menyikat gigi bisa menjadi aktivitas menyebalkan karena rasa mual yang kerap dirasakan. Kenali penyebabnya di sini.
Sering Mual dan Muntah Saat Sikat Gigi? Ini Penyebabnya

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sudah menjadi suatu kewajiban. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan rutin menggosok gigi pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Banyak sekali penyakit gigi yang diakibatkan dari perilaku menyikat gigi yang tidak benar. Oleh sebab itu, perawatan gigi yang satu ini tidak boleh dilewatkan.

Kendati demikian, tidak semua orang nyaman ketika menggosok gigi. Pada beberapa orang, bisa timbul rasa mual hingga ingin muntah saat sikat gigi.

Penyebab mual saat sikat gigi ternyata cukup beragam. Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Sikat Gigi Terlalu Besar

Ukuran rahang setiap orang berbeda-beda. Begitu juga untuk ukuran giginya. Karena itu, pemilihan sikat gigi penting untuk diperhatikan.

Bila sikat gigi yang Anda gunakan terlalu besar, Anda bisa merasa mual saat sikat gigi. Pasalnya, demi membersihkan permukaan gigi, beberapa orang memaksakan kepala sikat yang besar tersebut untuk masuk ke daerah-daerah sempit.

Jika Anda merasa masalah mual ataupun ingin muntah diakibatkan oleh sikat gigi yang terlalu besar, ganti segera dengan ukuran yang lebih kecil. Bila perlu, Anda boleh menggunakan sikat gigi anak supaya lebih nyaman dalam menyikat gigi.

Artikel Lainnya: Jangan Asal, Ini Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik dan Benar

1 dari 3

2. Asam Lambung

Asam Lambung
loading

Orang dengan asam lambung tinggi cenderung lebih sensitif terhadap benda yang masuk dalam rongga mulut. Ketika asam lambung sedang naik, rasa mual dan ingin muntah juga akan meningkat.

Rasa mual saat sikat gigi akibat kondisi ini terjadi karena asam yang dikeluarkan lambung naik menuju rongga mulut.

Konsultasikan ke dokter apabila kondisi ini sering mengganggu. Dengan demikian, kebersihan rongga mulut akan tetap terjaga.

3. Gerakan Berlebih

Gerakan saat menyikat gigi juga sangat memengaruhi munculnya rasa mual. Bila Anda berpikir menggosok gigi secara kuat akan membuat gigi lebih bersih, Anda salah. Hal tersebut justru berakibat sebaliknya. 

Gerakan berlebih saat sikat gigi dapat membuat gigi terkikis. Selain itu, kadang rasa mual ingin muntah saat sikat gigi muncul.

Jadi, pastikan tekanan yang diberikan sedang, namun tepat. Itu akan membuat aktivitas sikat gigi lebih efektif.

4. Sedang Hamil

Keluhan yang umumnya muncul saat hamil adalah morning sickness atau rasa mual yang terjadi di pagi hari. Perubahan hormon dapat memengaruhi kondisi tersebut.

Saat menggosok gigi di pagi hari tentunya rasa mual akan lebih sering muncul pada ibu hamil.

Artikel Lainnya: Perawatan Gigi yang Tak Boleh Dilewatkan

2 dari 3

5. Tingkat Sensitif Terhadap Benda pada Rongga Mulut

Tingkat Sensitif Terhadap Benda pada Rongga Mulut
loading

Setiap orang memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda-beda. Pada sebagian orang, memasukkan benda kecil saja ke dalam rongga mulut sudah membuatnya merasa tak nyaman. Hal tersebut terkadang juga dipengaruhi oleh psikologis.

Bila rasa mual saat sikat gigi muncul akibat kondisi ini, Anda perlu membiasakan diri atau mengganti dengan alat yang lebih mudah untuk diterima di dalam rongga mulut.

6. Pasta Gigi yang Tidak Tepat

Saat ini, pasta gigi yang beredar di Indonesia hampir semuanya mengandung zat detergen yang akan menghasilkan busa cukup banyak. Kandungan ini akan membantu menghilangkan sisa makanan yang menempel.

Namun pada beberapa orang, busa yang terlalu banyak justru akan menimbulkan rasa yang tidak enak. Bahkan, rasa ingin muntah saat sikat gigi.

Jadi, sesuaikan pasta gigi dengan kondisi yang Anda alami. Perhatikan terlebih dahulu komposisi dari pasta gigi sebelum membelinya.

Baca Juga

Demikian beberapa kondisi yang dapat menyebabkan Anda selalu mual saat sikat gigi. Bila Anda sering mengalaminya, salah satu kondisi di atas mungkin menjadi pemicunya.

Dapatkan informasi lainnya seputar kesehatan gigi dan mulut dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

[WA] 

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. drg. Dhiyan Andre Prima Poetra

Dokter Gigi
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Max Johnson, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Robin, Sp. Perio

Dokter Gigi Spesialis Periodonsia
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Kondisi Ini Pengaruhi Gingival Sulcus, Celah antara Gigi dan Gusi

Info Sehat
16 Des

Begini Cara Menjaga Kebersihan Sikat Gigi Elektrik

Info Sehat
10 Des

Bisul di Gusi, Gejala Penyakit Apa?

Info Sehat
08 Des

Prosedur Cangkok Gusi untuk Mengatasi Resesi Gusi

Info Sehat
07 Des

Menyingkap Manfaat Sikat Gigi Menggunakan Seledri

Info Sehat
27 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat