Bisakah Wanita Mengalami Kanker Prostat? - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Bisakah Wanita Mengalami Kanker Prostat?

Hanya dimiliki oleh pria, mungkinkah wanita memiliki kelenjar prostat hingga mengalami kanker prostat? Simak ulasan lengkapnya pada artikel ini.
Bisakah Wanita Mengalami Kanker Prostat?

Prostat merupakan kelenjar yang terletak pada kandung kemih dan penis. Hanya dimiliki pria, sehingga permasalahan pada prostat, seperti kanker prostat, selalu dikaitkan dengan pria. 

Namun, tahukah Anda bahwa kanker prostat dapat dialami wanita? Lantas, bagaimana wanita dapat mengalami kanker prostat, padahal tidak memiliki prostat? Berikut ini penjelasannya.

1 dari 4

Kelenjar Prostat Pada Wanita

Kelenjar Prostat Pada Wanita
loading

Terdapat kelenjar dan saluran bagian depan vagina yang dikenal dengan kelenjar Skene. Kelenjar ini juga dikenal dengan prostat wanita. Skene memiliki sifat yang sama dengan prostat pria. 

Istilah prostat wanita digunakan untuk menggambarkan Skene, karena kemampuannya untuk mengalirkan cairan ke uretra. Sama halnya dengan kelenjar prostat pria, Skene juga bermanfaat untuk kesehatan seksual. 

Saat terangsang, Skene dan klitoris akan membengkak berkat adanya peningkatan aliran darah ke daerah tersebut.

Skene dan prostat pria sama-sama mengandung antigen spesifik prostat (PSA) dan PSA fosfatase, dua enzim yang bisa digunakan untuk penanda kesehatan.

Artikel Lainnya: Waspada, Kanker Ini Sering Menyerang Wanita!

2 dari 4

Bisakah Wanita Terkena Kanker Prostat?

Bisakah Wanita Terkena Kanker Prostat?
loading

Kanker prostat pada wanita tergolong langka terjadi. Dalam jurnal Gynecologic Oncology,  kanker kelenjar Skene menyumbang 0,003 persen kasus kanker pada saluran kemih wanita. 

Akan tetapi, kondisi ini dikaitkan dengan dengan permasalahan lain pada uretra. Sementara dalam jurnal Urologic Oncology, menunjukkan bahwa kanker jenis lain dapat muncul dari kelenjar Skene. 

Meski begitu, penelitian lanjutan dibutuhkan untuk meningkatkan metode diagnosis dan pengobatan.

Gejala Kanker Prostat Wanita

Kasus yang jarang terjadi menyebabkan dokter sulit untuk mengenali tanda serta gejala kanker kelenjar Skene. 

Saat Anda mengalami pendarahan dari uretra, segeralah untuk menemui dokter. Kondisi tersebut bisa saja merupakan gejala kanker Skene maupun permasalahan lain terkait uretra.

Pendarahan mungkin tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi dapat terjadi dalam waktu lama. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, gejala kanker kelenjar Skene juga mirip dengan gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK)

“Gejalanya mirip dengan ISK, ada nyeri saat buang air kecil, keluarnya darah saat buang air kecil, dan nyeri pada area vagina,” jelas dr. Dyah.

Ia juga menyampaikan gejala penyakit ini dapat berkaitan dengan reproduksi, seperti menstruasi yang tidak teratur dan nyeri saat berhubungan.

Artikel Lainnya: Bisakah Wanita dengan Kanker Serviks Hamil?

Berdasarkan Journal of Medical Case Reports, tanda kanker jenis ini dapat berupa nyeri dan tumor. Namun, kondisi tersebut juga bisa merupakan tanda permasalahan lain pada kondisi urogenital. 

Beberapa kondisi yang menyebabkan masalah pada kelenjar Skene, antara lain kista dan abses, infeksi, adenofibroma, dan PCOS.

3 dari 4

Pengobatan Kanker Prostat Wanita

Pengobatan Kanker Prostat Wanita
loading

Tes pencitraan seperti MRI dapat digunakan untuk mendiagnosis kista kanker kelenjar Skene. Saat kista yang ada dicurigai sebagai kanker, dokter akan melihat uretra yang terbuka akibat kista. 

Saat kanker kelenjar Skene terdeteksi dengan cepat, dapat diobati dengan terapi radiasi. Namun, jika kanker telah berkembang semakin parah, akan dibutuhkan operasi.

Operasi pengangkatan tumor akan dilakukan saat kanker telah menyebar ke area sekitar, seperti uretra atau kandung kemih. 

Itulah ulasan tentang kanker prostat pada wanita. Kasus yang masih jarang membuat pengetahuan tentang kanker prostat wanita juga sedikit. 

Temuan kasus yang meningkat seiring dengan penelitian dan teknologi baru diharapkan dapat memberikan informasi lebih tentang penyakit tersebut.

Baca Juga

Untuk mengetahui kondisi kesehatan kelenjar Skene, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter saat muncul ketidaknormalan pada alat reproduksi Anda atau ketika buang air kecil.

Jika Anda memiliki pertanyaan perihal kanker, konsultasikan dengan dokter melalui fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

Referensi:

Wawancara dr. Dyah Novita Anggraini

Medical News Today. Diakses 2021. Can women get prostate cancer?

Healthline. Diakses 2021. Can Females Get Prostate Cancer?

Healthline. Diakses 2021. All About Skene’s Glands.

Gynecologic Oncology. Diakses 2021. Skene's gland adenocarcinoma with increased serum level of prostate-specific antigen.

Urologic Oncology. Diakses 2021. Female urethral carcinoma: Evidence to origin from Skene's glands.

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Peter Fernando, DiMAP.

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Wendri Wildiartoni Pattiawira

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000
avatar

dr. Zakya Radhita Nasution

Dokter Umum
wallet
Rp. 15.000

ARTIKEL TERKAIT

Mengenal Jenis-Jenis Pengobatan Kanker Tiroid

Info Sehat
26 Des

Minum Teh Putih Bisa Cegah Kanker, Mitos atau Fakta?

Info Sehat
22 Des

Jenis Kanker yang Dapat Dialami Anak

Info Sehat
21 Des

Faktor Penyebab Kanker Laring yang Perlu Diketahui

Info Sehat
14 Des

Mengenal Kondisi Inkompetensi Serviks dalam Kehamilan

Info Sehat
13 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat