Tips Pesta Tahun Baru yang Aman Saat Pandemi COVID-19 - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Tips Pesta Tahun Baru yang Aman Saat Pandemi COVID-19

Tahun baru saat pandemi harus dirayakan dengan berhati-hati. Apa saja tips merayakan tahun baru di tengah pandemi? berikut ulasannya.
Tips Pesta Tahun Baru yang Aman Saat Pandemi COVID-19

Tidak sedikit orang yang ingin menjalani kehidupan normal kembali di masa pandemi, termasuk merayakan tahun baru. Perayaan tahun baru saat pandemi memang memperbesar risiko penularan COVID-19.

Kendati demikian, risiko penularan virus corona dapat dikurangi dengan mengikuti panduan berkumpul merayakan tahun baru di masa pandemi. Berikut penjelasannya:

1. Jadilah Tuan Rumah dan Tamu yang Bijaksana

Syarat utama dalam menyelenggarakan perayaan tahun baru di masa pandemi adalah tuan rumah atau penyelenggara harus bijaksana dalam menerapkan pembatasan serta protokol kesehatan (prokes) selama acara berlangsung.

Hal ini termasuk membatasi jumlah peserta, menentukan lokasi acara yang aman serta menyediakan alat pendukung prokes.

Sebelum acara dimulai, penting bagi tuan rumah untuk memberikan arahan dan pengertian kepada para tamu agar tetap disiplin menjalani prokes selama merayakan tahun baru bersama. 

Untuk itu, dibutuhkan kerja sama yang baik antara tuan rumah dan tamu undangan. Tamu harus bijak memahami kondisi dan mematuhi segala aturan yang telah disepakati bersama.

Artikel Lainnya: Tips Kurangi Risiko Tertular Virus Corona saat Bepergian

1 dari 4

2. Batasi Jumlah Tamu Seminim Mungkin

Batasi Jumlah Tamu Seminim Mungkin
loading

Semakin banyak orang, semakin besar risiko penularan virus corona. Untuk itu, batasi jumlah tamu yang ikut merayakan tahun baru.

Cukup undang tiga hingga lima orang teman dekat yang Anda prioritaskan. Membatasi jumlah tamu dapat memudahkan tuan rumah memberikan arahan dan meminimalkan peluang pelanggaran prokes.

3. Gelar di Ruang Terbuka

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika Serikat,  pertemuan yang ideal dilaksanakan di ruang dengan ventilasi yang baik dan tidak ramai.

CDC bahkan menyarankan pertemuan diadakan di luar ruangan, daripada di dalam ruangan. Contohnya, Anda dapat menggelar acara tahun baru di halaman depan rumah.

Disampaikan dr. Dyah Novita Anggraeni, hal ini penting karena ruang terbuka seperti halaman rumah menyediakan sirkulasi udara yang baik.

"Sehingga, virus bergerak di udara dan cepat menghilang, dibandingkan di dalam ruangan, virus yang ada di udara diam dan berputar di area situ saja," katanya.

Artikel Lainnya: Kerja di Ruangan Ber-AC? Ikuti Anjuran Pencegahan Penularan Virus Corona Ini!

2 dari 4

4. Tes Antigen Sebelum Acara

Tes Antigen Sebelum Acara
loading

Jika memungkinkan, sediakan tes swab antigen di lokasi acara, sehingga tuan rumah dan tamu dapat menjalani pemeriksaan sebelum berkumpul.

Tes usap atau swab antigen juga dapat dilakukan mandiri sebelum berangkat merayakan tahun baru.

5. Jujur dan Terbuka

Penting bagi tuan rumah maupun tamu undangan untuk saling jujur dan terbuka mengenai kondisi kesehatan masing-masing.

Apabila tuan rumah memperoleh hasil positif setelah pemeriksaan antigen COVID-19, maka acara harus dibatalkan. Jika yang bersangkutan memiliki gejala terinfeksi virus corona dan belum menjalani tes swab, tuan rumah juga harus membatalkan pertemuan.

Hal ini juga berlaku bagi tamu undangan yang bergejala maupun memiliki hasil screening positif terjangkit coronavirus. Tamu harus menghindari pertemuan guna mencegah penyebaran virus corona.

6. Jaga Kebersihan 

Tuan rumah harus menjaga kebersihan sebelum, selama, dan setelah acara berlangsung. Salah satu caranya dengan menyemprotkan desinfektan di toilet, kursi, meja maupun area yang berpeluang berkontak dengan para tamu.

Selain itu, sediakan pula masker medis, tisu, tempat sampah, sabun cair, hand sanitizer yang setidaknya mengandung 60 persen alkohol, maupun tempat untuk mencuci tangan.

Artikel Lainnya: Cara Membedakan Masker Kesehatan Asli dan Palsu

3 dari 4

7. Jangan Sediakan Prasmanan

Jangan Sediakan Prasmanan
loading

Mengutip American Association of Retired Persons (AARP), tuan rumah idealnya tidak menggelar prasmanan. Sebaliknya, sediakan kotak makan untuk para tamu.

Hal ini mengurangi risiko kontaminasi droplet pada makanan yang terbuka.

8. Disiplin Terapkan Prokes

Terakhir, hal terpenting adalah tuan rumah dan tamu undangan tetap disiplin mematuhi prokes. Caranya dengan mengenakan masker. Agar lebih aman bisa menggunakan perpaduan masker medis dan masker kain.

Kemudian, CDC menganjurkan untuk tetap menjaga jarak, pun ketika berbicara ataupun makan bersama setidaknya berada dalam jarak 2 meter. 

Peserta pertemuan juga harus disiplin mencuci tangan dengan hand sanitizer ataupun sabun dan air mengalir, terutama setelah bersin maupun batuk.

Baca Juga

Itu dia tips aman menyelenggarakan tahun baru saat pandemi. Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar COVID-19, konsultasi ke dokter via Live Chat.

(OVI/JKT)

Referensi:

AARP. Diakses 2021. Been a While Since You Hosted a Party? 7 Tips to Get You Up to Speed

Centers for Disease Control and Prevention. Diakses 2021. Safer Ways to Celebrate Holidays.

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Peter Fernando, DiMAP.

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Devi Agustiani

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Penyebab Varian Omicron lebih Menular Dibanding Varian Lain

Info Sehat
28 Des

Ini Perbedaan Varian COVID-19 Delta dan Omicron

Info Sehat
24 Des

Anak dengan Kondisi Ini Tidak Boleh Divaksin COVID-19

Info Sehat
23 Des

Alasan Orang Obesitas Berisiko Alami Gejala COVID-19 Berat

Info Sehat
14 Des

Studi: COVID-19 Bisa Picu Masalah Jantung pada Atlet Muda

Info Sehat
01 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat