Perawatan Gigi untuk Penderita Penyakit Jantung - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Perawatan Gigi untuk Penderita Penyakit Jantung

Penderita jantung memiliki kebutuhan khusus dalam hal perawatan gigi. Apa saja perawatan gigi untuk penderita jantung? Simak selengkapnya di sini.
Perawatan Gigi untuk Penderita Penyakit Jantung

Menjaga kebersihan mulut yang optimal adalah bagian penting dari kesehatan tubuh secara keseluruhan, seperti menyikat gigi dua kali sehari dan menggunakan benang gigi (flossing) secara teratur.

Lantas, bagaimana dengan perawatan gigi untuk penderita jantung? Apakah ada perawatan khusus yang harus dijalani?

Lalu, seperti apa hubungan antara kesehatan gigi dan penyakit jantung? Untuk mengetahui jawabannya, berikut penjelasan dokter. 

Artikel Lainnya: Kiat Merawat Penderita Penyakit Jantung di Rumah

 

1 dari 3

Perawatan Gigi Untuk Penyakit Jantung

Perawatan Gigi Untuk Penyakit Jantung
loading

Dijelaskan oleh drg. Wienna Manggala Putri, perawatan gigi orang dengan penyakit jantung sama dengan yang kelompok orang tidak memiliki penyakit tersebut.

Adapun perawatannya mencangkup sikat gigi secara teratur 2 kali sehari dan flossing secara teratur. Disertai pula dengan menghindari makanan atau minuman yang dapat merusak gigi dan memeriksa kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali.

Namun, pasien penyakit jantung perlu sedikit penanganan berbeda untuk tindakan terkait kesehatan gigi dan gusi tertentu.

“Penting juga sebelum menjalani perawatan gigi atau pembedahan untuk menginformasikan obat-obat jantung yang dikonsumsi ke dokter gigi,” tambah drg. Wiena.

Penderita jantung yang akan melakukan perawatan dengan pembedahan pun perlu berhenti minum obat pengencer darah terlebih dahulu.

Adapun beberapa hal lainnya yang perlu dikonsultasikan dengan dokter gigi untuk penderita jantung, di antaranya:

  • Memberikan daftar lengkap nama dan dosis obat yang digunakan untuk penyakit jantung. Ini akan membantu dokter gigi memutuskan perawatan gigi terbaik, termasuk obat-obatan yang tepat digunakan untuk prosedur gigi.
  • Beri dokter gigi nama dan nomor telepon dokter jantung Anda. Hal ini perlu agar dokter gigi dapat berkomunikasi lebih detail terkait perawatan gigi Anda.
  • Jika Anda sangat gugup menjalani prosedur gigi karena kondisi jantung, konsultasikan dengan dokter gigi terlebih dahulu. Dokter dapat memberi informasi tentang strategi perawatan yang tepat dan minim risiko untuk Anda.

Artikel Lainnya: Hindari Obat-obatan Ini Jika Anda Punya Penyakit Jantung

2 dari 3

Hubungan Sakit Gigi dan Gusi dengan Penyakit Jantung

Hubungan Sakit Gigi dan Gusi dengan Penyakit Jantung
loading

Melansir WebMD, ada beberapa penelitian yang menemukan hubungan antara penyakit gusi dengan penyakit jantung.

Beberapa peneliti berpendapat bahwa bakteri di mulut yang terlibat dalam perkembangan penyakit gusi dapat berpindah ke aliran darah.

Kondisi tersebut kemudian akan menyebabkan peradangan di pembuluh darah. Peradangan akhirnya berkontribusi pada penyakit jantung dan stroke.

Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, menemukan bahwa orang yang mengalami gigi copot akibat radang gusi yang tidak diobati, memiliki 57% risiko stroke dibandingkan dengan pasien yang memiliki gigi lengkap.

Kemudian, melansir Healthline, dalam satu studi tahun 2014, para peneliti mengamati orang-orang yang memiliki penyakit gusi dan penyakit jantung.

Mereka menemukan bahwa penderita jantung yang telah merawat gigi dan gusi secara memadai mengurangi perawatan untuk penyakit jantung sekitar 10 sampai 40 persen.

Para peneliti menilai perawatan tersebut jauh lebih rendah daripada pasien jantung yang tidak mendapatkan perawatan gigi yang tepat. Sehingga, temuan ini mendukung gagasan bahwa kesehatan gigi memengaruhi kesehatan jantung.

American Dental Association dan American Heart Association pun menyebut ada hubungan antara penyakit gusi dan penyakit jantung.

Meski begitu, tidak semua studi mendukung hubungan antara penyakit gigi dan gusi dengan penyakit jantung.

Studi lain yang melibatkan lebih dari 4.000 pasien penyakit jantung menunjukkan tidak ada bukti penurunan risiko penyakit jantung koroner jika penyakit gusi dihilangkan.

Berdasarkan hasil ini, para peneliti tersebut berpendapat bahwa hubungan antara penyakit gusi dan peningkatan risiko kardiovaskular hanya kebetulan semata.

Baca Juga

Penelitian lanjutan memang masih perlu dilakukan. Tapi, tidak ada salahnya jika penderita penyakit jantung tetap merawat gigi dengan baik dan sesuai saran dokter.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain terkait masalah ini, gunakan fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/JKT)

Referensi:

WebMD. Diakses 2021. Dental Care for People With Heart Disease.

Science Direct. Diakses 2021. Dental care for patients with heart failure: An update.

Cleveland Clinic. Diakses 2021. Oral Health & Risk for CV Disease.

Healthline. Diakses 2021. Does Gum Disease Increase Risk of Heart Disease?

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. drg. Dhiyan Andre Prima Poetra

Dokter Gigi
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Tika Prana Pramita, Sp. KG

Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Max Johnson, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Hal yang dilakukan Sebelum dan Sesudah Bleaching Gigi

Info Sehat
03 Jan

Tips dan Cara Efektif Menghilangkan Batu Amandel

Info Sehat
29 Des

Tips Menjaga Kesehatan Gigi untuk Pasien Multiple Sclerosis

Info Sehat
25 Des

Penyebab Gigi Kuning pada Balita dan Cara Mengatasinya

Info Sehat
24 Des

Cara Mengatasi Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi

Info Sehat
24 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat