Menyingkap Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Jantung - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Menyingkap Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Jantung

ruk mengandung banyak nutrisi, yang disebut-sebut bermanfaat untuk kesehatan jantung. Berikut ini fakta seputar khasiat jeruk untuk jantung.
Menyingkap Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Jantung

Apakah Anda salah satu penggemar buah jeruk? Selain memiliki rasa asam dan manis yang menyegarkan, buah berkulit oranye ini juga punya kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Apabila dikonsumsi secara rutin dan teratur, jeruk bahkan disebut-sebut mampu mendukung kesehatan jantung. Manfaat jeruk untuk jantung berasal dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya di dalamnya, seperti serat, antioksidan flavonoid, likopen, dan vitamin C.

Bagaimana aneka nutrisi tersebut membantu kesehatan organ yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh? Berikut ini penjelasannya:

1. Serat

Di dalam satu buah jeruk berbobot 140 gram, terdapat sekitar 10 persen serat yang dibutuhkan tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan melalui National Center for Biotechnology Information, kebiasaan mengonsumsi makanan kaya serat dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker usus besar, dan obesitas.

Artikel Lainnya: Tak Cuma Segar, Ini Manfaat Minum Jeruk Setelah Makan Daging

Serat di dalam jeruk dapat melancarkan sistem pencernaan dan membuat rasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu mengontrol rasa lapar, sehingga mencegah risiko kenaikan berat badan hingga obesitas.

Seperti diketahui, obesitas alias berat badan berlebih merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Dengan menghindari obesitas, Anda turut menurunkan risiko penyakit mematikan tersebut.

Selain itu, asupan serat juga diperlukan tubuh untuk menjaga fungsi kekebalan. Hal ini merupakan salah satu aspek penting yang juga mendukung kesehatan jantung.

1 dari 3

2. Flavonoid

Flavonoid
loading

Disampaikan dr. Alvin Nursalim, Sp.PD, khasiat jeruk untuk jantung diduga berasal dari kandungan flavonoid di dalamnya. 

Flavonoid merupakan senyawa antioksidan. Terdapat dua jenis flavonoid dalam jeruk yang mendukung kesehatan jantung, yaitu hesperidin dan naringenin.

Hesperidin merupakan antioksidan utama dalam jeruk yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dan bertindak sebagai agen antiradang. Jenis flavonoid ini diperlukan untuk mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi) dan kondisi peradangan lain yang dapat meningkatkan risiko gangguan jantung.

Sementara itu, naringenin merupakan jenis flavonoid yang bertugas meningkatkan fungsi pembuluh darah serta pertahanan antioksidan dalam tubuh. Naringenin juga membantu aliran darah dari dan menuju jantung tetap terjaga. Kerusakan sel jantung akibat radikal bebas pun dapat diminimalkan.

3. Likopen

Likopen merupakan antioksidan kuat yang banyak terdapat dalam jeruk pusar caracara. Likopen juga disebut-sebut berkhasiat menurunkan risiko masalah pada jantung.

Artikel Lainnya: Tak Ingin Alami Kebutaan, Rajinlah Makan Jeruk

2 dari 3

4. Vitamin C

Vitamin C
loading

Jeruk berbobot 140 gram dapat memenuhi sekitar 92 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh. 

Vitamin C merupakan jenis nutrisi yang larut dalam air. Senyawa ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk kesehatan jantung.

Riset yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information mengungkapkan, kandungan vitamin C dalam jeruk dapat menurunkan risiko penyakit dan kematian akibat masalah jantung. Dengan catatan, jeruk dikonsumsi secara rutin dan dalam jumlah tepat. 

Jeruk juga disebut-sebut dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung, misalnya gula darah tinggi, kolesterol jahat (LDL), maupun penanda peradangan protein C-reaktif.

Manfaat lainnya, jeruk juga membantu melindungi sel-sel tubuh dari risiko kerusakan oksidatif serta mendukung sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi jeruk dapat menjadi salah satu metode perawatan komplementer untuk mencegah gangguan pada jantung. Kendati demikian, dr. Alvin menegaskan bahwa tidak ada makanan super yang sepenuhnya dapat menangkal penyakit jantung.

“Jadi, tetap perlu pola hidup sehat menyeluruh dan olahraga teratur,” tegas dr. Alvin.

Dengan kata lain, konsumsi jeruk mesti dikombinasikan dengan penerapan gaya hidup dan pola makan sehat agar kondisi jantung tetap terjaga optimal.

Baca Juga

Penasaran dengan fakta kesehatan lain? Punya pertanyaan mengenai kondisi kesehatan terkini? Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2021. Oranges: Nutrients, Benefits, Juice, and More.

Medical News Today. Diakses 2021. What to know about oranges.

National Center for Biotechnology Information. Diakses 2021. Dietary Fiber, Atherosclerosis, and Cardiovascular Disease.

National Center for Biotechnology Information. Diakses 2021. NLRP3 inflammasomes are required for atherogenesis and activated by cholesterol crystals

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Diah Rachmaniah, Sp. JP , FIHA

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah
wallet
Rp. 75.000

ARTIKEL TERKAIT

Perawatan Gigi untuk Penderita Penyakit Jantung

Info Sehat
04 Jan

Sulit Tidur Ternyata Berhubungan dengan Penyakit Jantung dan Stroke

Info Sehat
21 Des

Bahaya Kebanyakan Minum Air Putih untuk Jantung

Info Sehat
15 Des

Sering Mandi Malam Rentan Picu Serangan Jantung?

Info Sehat
14 Des

Tanda dan Gejala Perikarditis yang Perlu Anda Waspadai

Info Sehat
13 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat