Pentingnya Self Compassion atau Mengasihi Diri Sendiri
searchtext customer service

Pentingnya Self Compassion atau Mengasihi Diri Sendiri

Self compassion sangat penting untuk membuat seseorang lebih mencintai dirinya sendiri. Ketahui manfaat lain dari self compassion, di sini.
Pentingnya Self Compassion atau Mengasihi Diri Sendiri

Self compassion merupakan cara memperlakukan atau mengasihi diri sendiri. Hal ini akan membuat Anda tidak membedakan perlakuan pada diri sendiri dan orang lain.

Dengan menerapkannya, Anda akan menerima diri sendiri sebagai manusia biasa yang bisa membuat kesalahan. Anda juga akan  terhindar dari perasaan menyalahkan diri sendiri saat kondisi tersebut terjadi.

Lalu, apa saja elemen yang harus dimiliki agar bisa mendapatkan manfaat self compassion? Ketahui lewat ulasan berikut ini.

Artikel Lainnya: Alasan Kenapa Anda Tak Perlu Terlalu Baik pada Orang Lain

1 dari 3

Elemen Self Compassion

Elemen Self Compassion
loading

Untuk bisa menciptakan sikap mengasihi diri sendiri ini, ketahui elemennya terlebih dahulu. Berikut adalah ketiga elemen tersebut.

  • Self Kindness

Self kindness akan membuat Anda menyadari bahwa tidak ada yang sempurna di hidup ini. Hal itu juga akan membuat Anda lebih berpikir positif terhadap apa yang terjadi dalam hidup. 

Segala hal yang terjadi dalam hidup akan mengubah sudut pandang Anda. Hingga akhirnya bisa membuat Anda lebih dewasa dan tidak menyalahkan diri sendiri, terhadap apa yang telah terjadi. 

  • Kesadaran

Sadarkan diri Anda bahwa hal negatif dalam hidup jangan dihindari, melainkan dicarikan solusi penyelesaiannya. Dengan menghadapinya, Anda akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih dewasa dan menyadari kekurangan tanpa harus menghakimi diri sendiri. Anda pun bisa sadar bahwa di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna.

  • Ketidaksempurnaan

Mengasihi diri sendiri dapat tercapai saat Anda menerima bahwa memiliki kekurangan adalah hal lumrah. Justru kekurangan yang Anda miliki akan membuat Anda paham dengan kondisi Anda. Sehingga, Anda tidak akan stres dan insecure.

Mengakui ketidaksempurnaan juga akan membantu Anda lebih terhubung dengan orang lain. Sebab, Anda menyadari bahwa setiap orang mengalami kesulitan dan masalah.

Artikel Lainnya: Senang Dihujat, Benarkah Tanda Gangguan Kepribadian?

2 dari 3

Manfaat Self Compassion

Manfaat Self Compassion
loading

Saat ketiga elemen tadi telah diterapkan, tidak hanya Anda yang akan merasakan manfaat baiknya, namun juga orang lain. Berikut beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan Keterampilan Sosial

Anda akan lebih memiliki lebih banyak teman, dapat mengontrol emosi, dan mensyukuri apa yang terjadi dalam hidup. Selain itu, Anda juga akan lebih peduli dengan diri Anda, bisa mendukung orang lain, dan berempati dengan apa yang terjadi.

2. Meminimalkan Stres

Dalam jurnal Mindfulness, disebutkan bahwa seseorang yang mempraktikkan self compassion cenderung tidak cemas, depresi, dan takut atas ketidakberhasilan dalam hidup. 

Mereka cenderung lebih objektif dalam melihat sesuatu. Hal itu membuat mereka bisa termotivasi untuk memperbaiki kesalahan, kegagalan, atau kekurangannya. 

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi, Psikolog, mengasihi diri sendiri dapat membuat seseorang lebih sejahtera secara psikologis dan tidak rentan stres.

3. Mengatasi Emosi Negatif

Self compassion akan membuat seseorang mampu mengontrol emosinya, termasuk emosi negatif. Sehingga ia tidak merasa bahwa tidak hanya dirinya yang mengalami hal-hal buruk dalam hidup.

Saat emosi negatif dapat Anda tertangani, Anda pun akan merasa tenang. Hal itu juga membantu Anda mengambil keputusan yang tepat.

Artikel Lainnya: Cara Menghilangkan Sifat Toxic pada Diri Sendiri

4. Meningkatkan Emosi Positif

Self compassion akan membuat Anda menjadi lebih tenang, penuh cinta, dan merasa aman. Emosi baik ini tidak hanya akan membantu Anda menghadapi kondisi sulit dalam hidup, namun juga keseharian Anda. 

Setiap harinya, Anda akan berinteraksi dengan banyak orang yang bisa saja membuat Anda marah. Self compassion akan membantu Anda mengenali diri Anda dan memengaruhi keputusan yang diambil. Sehingga, hubungan dengan orang lain akan lebih baik.

5. Meningkatkan Self Love

Menurut Psikolog Ikhsan, mengasihi diri sendiri akan membantu seseorang lebih menerima dan mencintai dirinya. Sehingga ia tidak langsung menghakimi diri sendiri ketika melakukan kesalahan. 

“Kita akan lebih mudah untuk evaluasi diri dan bisa melihat ke diri kita, apa yang perlu kita kembangkan atau perlu kita pertahankan,” katanya.

Baca Juga

Itulah elemen serta manfaat self compassion. Pahamilah bahwa sangat penting untuk bersikap baik terlebih dahulu ke diri sendiri, baru ke orang lain. 

Konsultasikan masalah kesehatan mental Anda lewat layanan LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter

(PUT/JKT)

Referensi:

Verywell Mind. Diakses 2021. Self-Compassion Makes Life More Manageable.

Verywell Mind. Diakses 2021. Self-Compassion Exercises to Boost Your Happiness.

Mindfulness. Diakses 2021. Self-compassion and Psychological Distress in Adolescents—a Meta Analysis.

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Zakya Radhita Nasution

Dokter Umum
wallet
Rp. 15.000
avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Wendri Wildiartoni Pattiawira

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Studi: Asupan Nutrisi Anak Pengaruhi Kondisi Mentalnya

Info Sehat
07 Jan

Alasan Bangun Pagi Baik untuk Kesehatan Mental

Info Sehat
06 Jan

Inkontinensia Urine Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental?

Info Sehat
04 Jan

Cek Dulu, Ini Tanda Anda Butuh Konsultasi ke Psikolog

Info Sehat
03 Jan

Pusing Karena Anak Berperilaku Agresif? Ini Tips Mengatasinya

Info Sehat
03 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat