Mengungkap Manfaat Milk Thistle untuk Kesehatan Hati - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Mengungkap Manfaat Milk Thistle untuk Kesehatan Hati

Milk thistle dipercaya bermanfaat mendukung kesehatan liver dan mampu meningkatkan harapan hidup penderita gangguan hati. Benarkah demikian? Cek faktanya.
Mengungkap Manfaat Milk Thistle untuk Kesehatan Hati

Milk thistle merupakan obat herbal yang diekstrak dari tanaman dengan nama serupa, atau juga dikenal sebagai Silybum marianum

Milk thistle disebut-sebut berkhasiat untuk mengobati beragam kondisi medis, termasuk gangguan liver (hati) dan kantong empedu. Manfaat tersebut diduga berasal dari kandungan di dalam herbal tersebut.

Lantas, apa saja kandungan dalam milk thistle yang dapat mendukung kesehatan liver? Benarkah obat herbal ini mampu menyehatkan hati dan meningkatkan kualitas hidup penderita liver? Berikut ini faktanya untuk Anda!

Artikel Lainnya: Menyerang Hati, Ini Perbedaan Sirosis Hati dan Kanker Hati

1 dari 3

Menelusuri Manfaat Milk Thistle untuk Kesehatan Hati

Menelusuri Manfaat Milk Thistle untuk Kesehatan Hati
loading

Berdasarkan studi yang dipublikasikan melalui National Center for Biotechnology Information, khasiat milk thistle dalam mendukung kesehatan hati berasal dari kandungan bernama silymarin.

Ekstrak milk thistle mengandung kadar silymarin yang tinggi, yaitu berkisar 65–80 persen. Silymarin sendiri diketahui sebagai senyawa tanaman yang memiliki efek antioksidan, antivirus, dan antiradang. 

Riset mengungkapkan, silymarin dapat meningkatkan fungsi hati dan regenerasi sel organ tersebut. Senyawa ini pun disebut mampu mengurangi peradangan dan bermanfaat untuk pengidap penyakit liver. 

Bahkan, sejumlah studi yang dirilis melalui US National Library of Medicine, National Institutes of Health mengungkapkan silymarin dalam milk thistle dapat meningkatkan harapan hidup penderita gangguan hati.

Gangguan hati yang dimaksud, di antaranya penyakit hati terkait alkohol, penyakit perlemakan hati non-alkohol, hepatitis, kanker hati, dan sirosis.

Manfaat tersebut karena silymarin dinilai dapat meminimalkan kerusakan hati akibat radikal bebas, yang dihasilkan ketika liver memetabolisme zat beracun.

Jika kadar radikal bebas di dalam tubuh lebih banyak dibandingkan antioksidan, hal ini dapat menyebabkan stres oksidatif alias kerusakan sel, termasuk hati. 

Untuk itu, diperlukan asupan kaya antioksidan, seperti silymarin dalam milk thistle.

Artikel lainnya: Penyakit Diabetes Meningkatkan Risiko Gangguan Liver

2 dari 3

Khasiat Milk Thistle untuk Liver Masih Dipertanyakan

Khasiat Milk Thistle untuk Liver Masih Dipertanyakan
loading

Disampaikan dr. Reza Fahlevi, Sp.A, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi keuntungan milk thistle untuk menyehatkan hati (liver).

Pendapat tersebut didasari oleh penelitian metodologis yang hasilnya masih memiliki banyak kelemahan. 

Selain itu, terdapat pula beberapa penelitian yang menemukan bahwa ekstrak milk thistle tidak selalu memberikan manfaat pada penderita penyakit hati.  

Berdasarkan Healthline, ekstrak milk thistle disebut dapat memicu reaksi merugikan pada penderita gangguan hati yang alergi terhadap tanaman dari keluarga Asteraceae

Tak berhenti di situ, milk thistle pun digadang-gadang memiliki efek estrogenik. Hal ini membuatnya dapat memperburuk kondisi pasien yang sensitif terhadap hormon estrogen, misalnya penderita kanker payudara.

Secara umum, suplemen milk thistle dapat pula menyebabkan efek samping berupa gangguan pencernaan, seperti diare, mual, dan perut kembung.

Manfaat milk thistle untuk liver belum dapat dibuktikan kebenarannya. Hingga saat ini, cara terbaik untuk mengelola penyakit tersebut adalah dengan berobat ke dokter agar bisa diberikan terapi yang sesuai dengan keluhan.

Selain itu, Anda pun perlu menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat, serta mengikuti program vaksinasi. Batasi pula asupan kalori agar tidak berlebih, berolahragalah secara teratur, dan hindari rokok, alkohol, maupun narkotika.

Baca Juga

Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai cara menjaga kesehatan liver (hati), Anda bisa berkonsultasi langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2021. The 10 Best Herbs for Liver Health: Benefits and Precautions.

Healthline. Diakses 2021. 7 Science-Based Benefits of Milk Thistle.

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Felix Satwika, Sp. PD

Spesialis Penyakit Dalam
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Intan Rengganis, Sp. PD

Spesialis Penyakit Dalam
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. D.N. Prastowo, Sp. PD, FINASIM

Spesialis Penyakit Dalam
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Tak Sekadar Bumbu, Asam Jawa juga Berkhasiat bagi Kesehatan

Info Sehat
11 Jan

Herbal untuk Meningkatkan Kesehatan Liver Anda

Info Sehat
09 Jan

Benarkah Minyak Kelapa Memengaruhi Tingkat Hormon Testosteron?

Info Sehat
30 Des

Deretan Manfaat Minyak Bunga Melati untuk Kesehatan

Info Sehat
22 Des

Minum Teh Putih Bisa Cegah Kanker, Mitos atau Fakta?

Info Sehat
22 Des

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat