Ragam Dedaunan yang Bisa Mencerahkan Wajah - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Ragam Dedaunan yang Bisa Mencerahkan Wajah

Untuk mendapatkan wajah yang lebih cerah dan sehat, Anda bisa memanfaatkan ragam dedaunan berikut ini.
Ragam Dedaunan yang Bisa Mencerahkan Wajah

Memiliki wajah yang cerah dan sehat memang merupakan idaman para wanita. Tidak heran jika berbagai produk perawatan kulit dengan janji mencerahkan kulit pun sangat populer. 

Namun, tahukan Anda bahwa ternyata ada beberapa jenis daun yang bisa memutihkan wajah

Dedaunan itu pun tergolong mudah ditemukan, bahkan di pekarangan rumah Anda. Apa saja? Simak selengkapnya di ulasan berikut ini. 

1. Daun Sirih

Dokter Theresia Rina Yunita mengungkapkan bahwa daun sirih baik untuk mengurangi produksi melanin di kulit. 

“Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa ekstrak daun sirih mampu mengurangi produksi melanin di kulit, mencerahkan wajah, dan juga meningkatkan elastisitas kulit,” ujarnya. 

Artikel Lainnya: Scrub Buah Aprikot, Resep Rumahan untuk Kulit Lebih Cerah

Di dalam daun sirih, terkandung vitamin C sebagai antioksidan yang baik untuk kulit. Melansir WebMD, kandungan vitamin C biasanya dapat meringankan bercak pada kulit atau hiperpigmentasi. 

Jika digunakan rutin, kulit akan menjadi lebih cerah dan sehat. Untuk mendapatkan manfaat vitamin C dari daun sirih, giling segenggam daun sirih menjadi pasta halus.

Kemudian, oleskan pada kulit Anda dan diamkan selama beberapa menit atau ketika pasta sudah mengering. Setelah itu, bilas hingga bersih. 

Anda juga bisa menggunakan air rebusan daun sirih untuk mencuci wajah. Lakukan secara rutin selama sebulan untuk mendapatkan manfaatnya. Namun, hentikan pemakaian apabila sebabkan masalah pada kulit.

1 dari 3

2. Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji
loading

Daun jambu biji dikenal kaya akan antioksidan, vitamin C, potasium, dan serat. Kandungan nutrisinya yang luar biasa ini juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. 

Melansir Derm Collective, saat daun jambu biji dioleskan, kandungan vitamin C di dalamnya akan berinteraksi dengan tirosinase. 

Ini merupakan enzim utama yang bertanggung jawab mengubah asam amino tirosin menjadi melanin. Interaksi ini dapat mengurangi pigmentasi pada kulit. 

Cara untuk memanfaatkan daun jambu biji untuk mencerahkan kulit adalah dengan menumbuk segenggam daun jambu biji hingga halus. Setelah itu, tambahkan dengan minyak zaitun secukupnya. 

Kemudian, oleskan hasil tumbukan tadi secara merata pada wajah. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. 

Artikel Lainnya: Manfaat Kafein dalam Skincare, Benarkah Bisa Cerahkan Kulit?

3. Daun Bayam 

Bayam merupakan jenis sayuran hijau yang kaya akan nutrisi. Di antaranya adalah vitamin A, C, K1, zat besi, asam folat, dan kalsium. Di samping itu juga, tinggi akan kandungan antioksidan, seperti lutein, quercetin, dan zeaxanthin.

Semua kandungan tersebut baik untuk kesehatan kulit, termasuk mencerahkan kulit, melawan radikal bebas, sekaligus mengurangi stres oksidatif. 

Vitamin K sendiri dapat menyamarkan bintik pada kulit wajah. Sementara vitamin A akan bermanfaat untuk membuat kulit lebih sehat dan muda. 

Manfaat daun bayam untuk mencerahkan kulit bisa diperoleh dengan membuatnya menjadi masker wajah. Haluskan semangkuk daun bayam bersama satu sendok makan madu, dan dua sendok makan minyak zaitun. 

Anda juga bisa menambahkan satu sendok makan jeruk lemon. Kemudian, oleskan masker tersebut ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Lalu, bilas dengan air hangat hingga bersih. 

Artikel Lainnya: Benarkah Jeruk Nipis Campur Kunyit Bisa Memutihkan Kulit?

2 dari 3

4. Daun Seledri

Daun Seledri
loading

Seledri merupakan jenis daun yang rendah kalori dan tinggi kandungan air. Sayuran ini juga kaya nutrisi yang baik untuk ragam kesehatan. Di dalamnya terkandung vitamin A, C, dan K, folat, mineral penting, dan lebih dari selusin antioksidan lainnya. 

Mengutip Healthline, kandungannya yang kaya dengan mineral dan antioksidan membuat daun seledri dapat menghidrasi kulit, sehingga kulit tampak lebih awet muda, lebih sehat, dan bercahaya. 

Selain itu, vitamin C yang terkandung di dalam seledri juga dapat memberikan nutrisi yang baik untuk sintesis kolagen kulit. Dengan begitu, kulit akan tampak lebih sehat, cerah, dan terawat. 

Cara pakainya cukup mudah, yaitu siapkan daun seledri sebanyak 1 genggam. Cuci bersih daun tersebut dan rebus dengan air mendidih.

Setelah itu, dinginkan air rebusan dan oleskan air rebusan seledri ke wajah Anda dengan menggunakan kapas. Biarkan mengering hingga 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. 

Baca Juga

Itulah beberapa dedaunan yang dapat bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya ke kulit wajah.

(PUT/AYU)

Referensi: 

Web MD. Diakses 2022. The Benefits of Vitamin C for Your Skin.

Healthline. Diakses 2022. 8 Health Benefits of Guava Fruit and Leaves.

Derm Collective. Diakses 2022. Vitamin C for Skin Lightening: Efficacy, Uses and More.

StyleCraze. Diakses 2022. 11 Important Health Benefits Of Spinach + Nutrition Facts.

Healthline. Diakses 2022. The Benefits and Limits of Vitamin A for Your Skin.

Healthline. Diakses 2022. Is Celery Juice Good for Your Skin?

 

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Azka Yumna Kamilah

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Puteri Wahyu Safitri

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Cara Efektif Memutihkan Kulit Secara Alami

Info Sehat
12 Jan

Bagaimana Cara Kerja Sunscreen dalam Melindungi Kulit?

Info Sehat
12 Jan

Mandelic Acid, Jenis AHA yang Baik untuk Kulit Sensitif

Info Sehat
08 Jan

Mengungkap Manfaat Bunga Sakura untuk Kesehatan Kulit

Info Sehat
07 Jan

Waspada Efek Samping Air Mawar pada Kulit

Info Sehat
07 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat