Tanda-Tanda Anda sedang Dimanfaatkan Orang Lain - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Tanda-Tanda Anda sedang Dimanfaatkan Orang Lain

Berbuat baik boleh, tapi jangan sampai dimanfaatkan. Kenali 10 ciri Anda sedang dimanfaatkan orang lain berikut ini!
Tanda-Tanda Anda sedang Dimanfaatkan Orang Lain

Membantu orang lain bisa menjadi hal yang membahagiakan. Namun, saat bantuan terasa berlebihan dan sepihak, bisa saja Anda sedang dimanfaatkan oleh orang lain. Hal ini bisa terjadi baik di lingkungan pertemanan maupun dengan pasangan.

Nyatanya, beberapa orang terkadang tidak menyadari ia sedang diperalat. Keadaan ini mesti segera diatasi agar Anda tidak lagi merasa terbebani.

Berikut ciri-ciri Anda sedang dimanfaatkan orang lain:

1. Mereka Banyak Meminta

Orang yang memanfaatkan orang lain cenderung suka meminta bantuan untuk memenuhi kebutuhan pribadinya. Misalnya, Anda diminta meminjamkan uang atau membayar tagihan orang tersebut. 

Untuk membedakan orang yang memang dalam kesulitan dan yang ingin memanfaatkan, Ikhsan Bella Persada, M.Psi, Psikolog, mengatakan hal ini bisa dilihat dari cara mereka menyelesaikan permasalahan.

Jika mereka tidak menunjukkan usaha untuk menyelesaikan masalahnya, berarti orang tersebut memanfaatkan Anda. 

Jadi, saat seseorang terus meminta bantuan kepada Anda tanpa adanya usaha untuk menyelesaikannya sendiri, bisa saja Anda sedang dimanfaatkan.

Artikel lainnya: Pasangan Anda Penuh Bujuk Rayu? Hati-hati Jadi Korban Gaslighting 

1 dari 3

2. Suka Memaksa

Suka Memaksa
loading

Anda dipaksa mengikuti keinginan mereka tanpa memikirkan apakah Anda mau atau tidak. Misalnya, orang tersebut ingin menumpang di mobil Anda, dan di saat yang bersamaan ia juga mau meminjamnya.

3. Anda Diminta untuk Mengurus Segala Hal

Orang yang memanfaatkan Anda biasanya tidak berinisiatif untuk memenuhi kebutuhannya. Contohnya, saat Anda makan bersama, mereka mengharapkan Anda membayar semua pesanan.

4. Hanya Datang Saat Mereka Butuh

Orang yang gemar memanfaatkan orang lain biasanya hanya hadir di saat ia butuh pertolongan atau keinginan tertentu. Setelah terpenuhi, ia tidak mau menghabiskan waktu dengan Anda.

5. Anda Tidak Dibantu oleh Mereka

Meskipun telah dibantu, mereka tidak akan balik menolong saat Anda membutuhkan. Menurut Ikhsan, kondisi ini bisa terjadi karena mereka tidak merasa mendapatkan keuntungan setelah membantu orang lain, tingkat empati orang semacam itu rendah.  

“Bisa jadi karena orang tersebut kurang mampu berempati pada orang lain, sehingga tidak merasakan kesulitan orang yang membutuhkan bantuan,” jelasnya.

Artikel lainnya: Alasan Kenapa Anda Tak Perlu Terlalu Baik pada Orang Lain

2 dari 3

6. Self-Centered

Self-Centered
loading

Orang yang suka memperalat pihak lain biasanya ingin segala hal tertuju padanya. Misalnya, ketika mengobrol, Anda tidak ada kesempatan bicara dan percakapan terpusat padanya.

Pada keadaan tersebut, si individu sedang ingin mengobrol dan Anda dirasa bisa memenuhi kebutuhannya. Namun, ia tidak berniat menjadi pendengar.

7. Tidak Pernah Berterima Kasih

Orang yang memperalat orang lain tidak pernah berterima kasih atas banyak hal yang telah Anda lakukan untuknya. Kondisi ini bisa terjadi karena mereka merasa Anda harus melayani mereka. 

8. Anda Kesal Saat Membantunya

Kesal saat membantu seseorang mungkin bisa menjadi tanda Anda sedang dimanfaatkan. Perasaan ini bisa muncul secara alami bila Anda terus-menerus direpotkan dan hubungan terasa sepihak.

9. Kebutuhan Emosional Tidak Terpenuhi

Dalam percintaan, hubungan yang sehat akan membuat kebutuhan emosional terpenuhi. Jika Anda merasa hal itu tidak terpenuhi, maka bisa saja pasangan memanfaatkan kondisi untuk dirinya sendiri.

10. Anda Tidak Dihargai

Pengakuan dan ungkapan terima kasih sangat diperlukan dalam hubungan sosial. Saat orang di sekitar ataupun pasangan tidak melakukannya, ini bisa jadi pertanda mereka tidak benar-benar menyukai ataupun hanya memanfaatkan Anda.

Baca Juga

Itulah ciri-ciri orang yang memanfaatkan kebaikan Anda. Sebaiknya jangan dibiarkan berlarut-larut, karena kondisi ini bisa berdampak buruk pada kesehatan mental

Bila butuh saran psikolog, konsultasikan dengan lebih mudah lewat Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(FR/JKT)

Referensi:

Very Well Mind. Diakses 2022. How to Recognize When You’re Being Used.

Ditinjau oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog. 

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

Tengku Sheila Noor Faraza, S.Psi, M.Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 50.000
avatar

Risca Aulia, S. Psi, M. Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 25.000
avatar

Eviani Zuhrida, S. Psi, M. Psi, Psikolog

Psikolog
wallet
Rp. 25.000

ARTIKEL TERKAIT

Tips Mengelola Hubungan Akibat Dampak Psikis Parkinson

Info Sehat
17 Jan

Bersikap Seperti Tuhan, Ketahui Gejala God Complex

Info Sehat
17 Jan

Cara Menghadapi Pelecehan Verbal

Info Sehat
16 Jan

Air Mani Pria Bisa Mengobati Depresi Wanita, Benarkah?

Info Sehat
16 Jan

Jangan Kesal, Ini Cara Menghadapi Ibu yang Pemarah

Info Sehat
14 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat