Manfaat Minyak Oregano untuk Atasi Gangguan Pencernaan - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Manfaat Minyak Oregano untuk Atasi Gangguan Pencernaan

Sejumlah riset mengungkapkan bahwa minyak oregano bisa bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Lantas, gangguan pencernaan apa saja yang termasuk? Cek di sini!
Manfaat Minyak Oregano untuk Atasi Gangguan Pencernaan

Minyak oregano atau oregano oil merupakan produk herbal yang diekstrak dari tanaman dengan nama serupa, yaitu oregano atau dikenal pula sebagai pot marjoram.

Minyak tersebut disebut-sebut memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan, salah satunya untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Beberapa studi mengungkapkan manfaat oregano untuk pencernaan, antara lain mengatasi diare, sembelit, infeksi usus maupun sindrom usus bocor. 

Berikut penjelasan khasiat minyak oregano untuk mengatasi gangguan pencernaan:

1. Diare

Disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini, minyak oregano bermanfaat untuk mengatasi diare

Diare itu sendiri merupakan penyakit yang bisa terjadi, salah satunya akibat infeksi parasit Cryptosporidium parvum. Parasit ini merupakan penyebab diare pada anak yang mengalami malnutrisi.

Oregano oil berperan sebagai senyawa kimia dari bahan pangan (bioaktif) yang bermanfaat untuk mengatasi infeksi parasit jenis gram negatif, seperti Cryptosporidium parvum,” kata dr. Dyah Novita, merujuk studi yang dipublikasikan University of Illinois, Amerika Serikat.

Artikel Lainnya: Jahe Bermanfaat sebagai Obat Alami Diare? Cek Faktanya!

1 dari 3

2. Sembelit

Sembelit
loading

Sembelit alias konstipasi merupakan gangguan pencernaan yang menyebabkan berkurangnya frekuensi buang air besar. 

Kondisi tersebut dapat dipicu oleh sejumlah faktor, seperti kurang serat atau cairan, minimnya aktivitas fisik, efek samping obat-obatan, kehamilan, dan penuaan. Tidak hanya itu, konstipasi juga bisa mengindikasikan adanya infeksi parasit di usus.

Sebuah riset yang dikutip WebMD mengungkapkan bahwa minyak oregano bermanfaat mengatasi infeksi parasit dan mengurangi gejala sembelit, perut kembung, kram, diare, serta kelelahan.

Manfaat tersebut diperoleh setelah peserta penelitian mengonsumsi 200 miligram oregano oil sebanyak tiga kali sehari dan selama enam pekan.

Sayangnya, riset tersebut berskala kecil sehingga dibutuhkan studi lanjutan guna memperoleh bukti kuat soal efek positif minyak oregano dalam mengatasi konstipasi dan infeksi parasit di usus.

3. Infeksi Usus

Infeksi usus merupakan peradangan yang dapat berkembang di usus kecil maupun besar. Masalah pencernaan ini dapat disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, atau parasit yang mengontaminasi makanan dan minuman sehari-hari.

Infeksi usus membuat penderitanya mengalami berbagai gejala, seperti diare, muntah, demam, dan kelelahan.

Artikel Lainnya: Beragam Pilihan Teh Herbal untuk Mengatasi Sembelit

Sebuah studi yang dimuat National Center for Biotechnology Information mengungkapkan minyak oregano bermanfaat mengatasi gejala infeksi usus akibat parasit.

Riset skala kecil tersebut melibatkan 14 penderita infeksi usus akibat parasit Blastocystis hominis, Entamoeba hartmanni dan Endolimax nana. Partisipan diminta mengonsumsi 600 miligram minyak oregano selama 6 pekan. 

Hasil studi menyatakan, minyak oregano efektif mengurangi parasit dalam usus. Selain itu, bahan alami ini juga menyembuhkan sekitar 77 persen partisipan studi.

2 dari 3

4. Sindrom Usus Bocor

Sindrom Usus Bocor
loading

Manfaat minyak oregano selanjutnya, yaitu membantu mengurangi risiko sindrom usus bocor.

Sindrom usus bocor merupakan kondisi masuknya bakteri dan racun dari saluran pencernaan ke dalam aliran darah. 

Sindrom usus bocor menyebabkan penderitanya mengalami gejala, seperti diare, sembelit, perut kembung, pusing, mudah lelah, nyeri sendi, dan sakit kepala. Kondisi ini pun mencetuskan masalah kulit, misalnya ruam, jerawat, dan eksim.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Buah Apel untuk Atasi Sembelit

Sebuah riset yang dirilis melalui Biomed Research International menyebut, oregano oil bermanfaat melindungi dinding usus babi dan mengurangi risiko sindrom usus bocor.

Temuan lainnya, minyak oregano juga mampu mengurangi jumlah bakteri E.coli di usus babi yang dijadikan uji coba dalam penelitian. 

Namun, temuan tersebut masih sebatas pada hewan. Artinya, dibutuhkan penelitian lanjutan pada manusia guna memperoleh bukti yang lebih meyakinkan.

Sebelum menggunakan oregano oil maupun obat herbal jenis apa pun untuk mengatasi penyakit, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Hal ini agar Anda bisa meraih manfaatnya tanpa berisiko merasakan efek samping yang merugikan.

Baca Juga

Apabila memiliki pertanyaan atau butuh berkonsultasi dengan dokter terkait masalah kesehatan, tak perlu sungkan untuk memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter

(NB/AYU)

Referensi:

  • Wawancara dr. Dyah Novita Anggraini.
  • WebMD. Diakses 2022. Oregano.
  • Healthline. Diakses 2022. 9 Benefits and Uses of Oregano Oil
  • National Center for Biotechnology Information. Diakses 2021. Inhibition of enteric parasites by emulsified oil of oregano in vivo.
  • Biomed Research International. Diakses 2022. Oregano Essential Oil Improves Intestinal Morphology and Expression of Tight Junction Proteins Associated with Modulation of Selected Intestinal Bacteria and Immune Status in a Pig Model.
  • University of Illinois. Diakses 2022. Study shows oregano essential oil’s ability to reduce parasite infectivity.

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Peter Fernando, DiMAP.

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Devi Agustiani

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Info Sehat
14 Jan

Ragam Dedaunan yang Bisa Mencerahkan Wajah

Info Sehat
13 Jan

Mengungkap Manfaat Milk Thistle untuk Kesehatan Hati

Info Sehat
11 Jan

Cara Mengobati Diare dengan Cepat

Info Sehat
11 Jan

Kenali Tanda-Tanda Masalah Pencernaan Akalasia

Info Sehat
11 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat