Menyingkap Manfaat Emas untuk Kesehatan Kulit - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Menyingkap Manfaat Emas untuk Kesehatan Kulit

Emas biasa digunakan sebagai perhiasan. Belakangan, logam mulia itu mulai diekstrak untuk dijadikan produk perawatan kulit. Apa manfaat emas untuk kulit? Cek di sini.
Menyingkap Manfaat Emas untuk Kesehatan Kulit

Sekarang ini, emas bukan hanya populer digunakan sebagai perhiasan. Logam mulia tersebut juga bisa digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kulit. 

Penggunaan emas sebagai skincare sudah dikenal oleh masyarakat Jepang, Romawi, dan Mesir sejak dahulu kala. Hal ini dihubungkan dengan manfaat logam mulia tersebut untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Lantas, apa saja manfaat emas untuk kulit? Cari tahu di bawah ini.

1. Mengandung Antioksidan yang Baik untuk Kulit

Emas mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Antioksidan merupakan senyawa alami yang dapat melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, yang umumnya terjadi akibat radikal bebas, paparan ultraviolet, dan polusi. 

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, antioksidan dalam emas dapat meningkatkan elastisitas dan memperbaiki kulit yang kering.

“Penggunaan emas dalam skincare juga dapat membuat kulit menjadi lebih cerah, karena adanya kandungan antioksidan di dalamnya,” tambah dr. M. Iqbal.

Artikel Lainnya: Manfaat Kafein dalam Skincare, Benarkah Bisa Cerahkan Kulit?

1 dari 3

2. Memberikan Efek Antipenuaan

Memberikan Efek Antipenuaan
loading

Studi yang dimuat dalam National Library of Medicine (PubMed) menyebut, perawatan menggunakan nanogold dapat meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit. Perawatan tersebut juga diyakini dapat membantu menunda proses penuaan kulit. 

Selain itu, emas juga disebut-sebut memiliki sifat yang melindungi kulit dari kerusakan kronis akibat polusi dan paparan ultraviolet sinar matahari. Kedua hal tersebutlah yang dapat mempercepat munculnya penuaan pada kulit. 

3. Memiliki Sifat Penyembuhan

Studi lain yang diterbitkan melalui National Library of Medicine (PubMed) menyatakan bahwa nanopartikel yang ada di emas dapat mempercepat penyembuhan luka melalui beberapa mekanisme. 

Studi lainnya dalam jurnal yang sama juga mengungkap, nanopartikel emas dapat meningkatkan sirkulasi darah dan berperan sebagai agen antiseptik. Hal ini membuat emas baik untuk menjadi bahan penenang bagi kulit yang mengalami masalah, seperti iritasi dan peradangan. 

Artikel Lainnya: Spilanthol dan Manfaatnya untuk Perawatan Kulit Wajah

2 dari 3

4. Meningkatkan Bahan Skincare Lainnya

Meningkatkan Bahan Skincare Lainnya
loading

Emas memiliki manfaat potensial lain untuk kulit, yaitu dapat membantu bahan skincare bekerja lebih efektif. 

Hal itu berkaitan dengan dugaan bahwa ekstrak dari logam mulia tersebut dapat membantu zat aktif dalam skincare untuk menyerap lebih optimal ke dalam kulit.

Emas memang diyakini mengandung banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Namun, Anda tetap harus berhati-hati apabila hendak menggunakan skincare yang mengandung ekstrak dari logam mulia tersebut.

Pasalnya, studi klinis tentang emas untuk perawatan kulit masih cukup terbatas. Bahkan, badan Food and Drugs Administration (FDA) belum memberikan pedoman terkait penggunaan emas untuk skincare

Dalam beberapa kasus, penggunaan emas untuk kulit bahkan dapat memicu efek samping yang merugikan. Salah satu efek samping yang dimaksud, seperti iritasi. Bagi orang dengan alergi, paparan emas bahkan bisa memicu munculnya ruam kulit

Baca Juga

Mengingat hal-hal tersebut, Anda yang hendak menggunakan skincare berbahan emas sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Anda hanya ingin merasakan manfaatnya tanpa disertai efek samping yang merugikan, bukan?

Untuk tahu lebih lanjut mengenai kesehatan kulit dan kondisi medis lainnya, Anda bisa berkonsultasi langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Very Well Health. Diakses 2022. How to Use Antioxidants for Skin Health.

Byrdie. Diakses 2022. Gold Is the Prettiest Addition to Your Skincare Routine.

NCBI. Diakses 2022. Role of Nanotechnology in Cosmeceuticals: A Review of Recent Advances. 2018. 

NCBI. Diakses 2022. The Impact of Composites with Silicate-Based Glasses and Gold Nanoparticles on Skin Wound Regeneration. 2021. 

Ditinjau oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Irwan Junawanto,SpKK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Kartika Paramita, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Yenny Rachmawati, Sp.D.V.

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Deretan Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami

Info Sehat
14 Jan

Ragam Dedaunan yang Bisa Mencerahkan Wajah

Info Sehat
13 Jan

Cara Efektif Memutihkan Kulit Secara Alami

Info Sehat
12 Jan

Bagaimana Cara Kerja Sunscreen dalam Melindungi Kulit?

Info Sehat
12 Jan

ASI Efektif untuk Mencegah Eksim pada Bayi?

Info Sehat
08 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat