Sederet Manfaat Mandi atau Berendam dengan Garam Epsom Saat Hamil - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Sederet Manfaat Mandi atau Berendam dengan Garam Epsom Saat Hamil

Mandi dengan garam Epsom ternyata punya manfaat bagi ibu hamil. Ketahui selengkapnya di sini.
Sederet Manfaat Mandi atau Berendam dengan Garam Epsom Saat Hamil

Sesuai dengan namanya, garam ini berasal dari Epsom, salah satu kota di Inggris. Garam epsom terbentuk dari hasil pengkristalan dua mineral alami, yaitu magnesium dan sulfat.

Bukan sebagai bumbu masakan, garam epsom banyak digunakan sebagai salah satu campuran air berendam. Berendam dengan air hangat yang dicampur garam ini dipercaya mampu meredakan nyeri otot dan membuat rileks. 

Manfaat tersebut juga dinilai bisa diperoleh ibu hamil yang berendam atau mandi garam epsom. Ketahui lebih lanjut lewat ulasan berikut ini.

 

1 dari 3

Manfaat Mandi Garam Epsom

Manfaat Mandi Garam Epsom
loading

Adapun beberapa manfaat berendam atau mandi dengan garam epsom selama masa kehamilan, di antaranya:

1. Meringankan Nyeri

Magnesium dan sulfat yang terdapat pada garam epsom dipercaya bisa meredakan nyeri. Sementara, air hangat bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot yang tegang.

Gabungan keduanya pun sangat bermanfaat mengurangi nyeri otot, nyeri ligamen bundar, dan kram kaki yang dialami ibu hamil.

Artikel Lainnya: Cara Merendam Kaki dengan Air Garam Agar Efektif Atasi Pegal

2. Mengurangi Stres

Sebuah penelitian pada hewan yang dimuat di International Journal of Neuropsychopharmacology tahun 2014, menunjukkan bahwa magnesium adalah pereda stres dan antidepresan alami.

Mengacu pada penelitian tersebut, garam epsom yang memiliki kandungan magnesium pun dipercaya bisa mengurangi stres, termasuk bagi ibu hamil. Namun, penelitian lanjutan akan hal ini tentu tetap perlu dilakukan.

3. Membantu Mengatasi Ambeien

Di masa kehamilan, Ibu mungkin beberapa kali mengalami konstipasi yang kemudian memicu ambeien. Ambeien atau wasir sendiri terjadi akibat adanya pembengkakan di area anus.

Berendam dengan air hangat yang dicampur garam epsom bisa mengurangi ketidaknyamanan akibat wasir. Sifat anti inflamasi yang dimiliki garam ini akan membantu mengecilkan pembuluh darah yang bengkak tadi.

Artikel Lainnya: Minum Air Garam Bisa Jaga Kesehatan Paru, Benarkah?

4. Meningkatkan Kadar Magnesium

Kebutuhan magnesium di masa kehamilan lebih tinggi dibandingkan sebelum hamil. Penelitian yang dimuat di Nutrition Reviews tahun 2016 pun menemukan bahwa ibu hamil cenderung kekurangan mineral tersebut.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan magnesium, Ibu bisa berendam dengan garam epsom. Namun, studi lanjutan masih perlu dilakukan untuk melihat seberapa besar penyerapan magnesium dari berendam dengan garam epsom.

5. Meredakan Gatal dan Menenangkan Kulit

Peregangan kulit yang terjadi di masa kehamilan bisa menyebabkan kulit gatal. Kondisi ini bisa diredakan dengan mandi atau berendam dengan garam epsom.

Dijelaskan oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, berendam di air hangat yang dicampur garam ini mampu membuat kulit lebih relaks. Kulit pun akan tereksfoliasi dan membantu mengembalikan kondisi kulit yang meregang.

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Dilansir dari Healthline, berendam atau mandi garam epsom akan membuat usus mengendur dan membuat tinja melunak. Hal ini berkat terserapnya magnesium melalui kulit yang akan meningkatkan pergerakan usus.

Artikel Lainnya: Garam Epsom yang Kaya Magnesium Sulfat dan Oksigen, Apa Manfaatnya?

7. Mengurangi Pembengkakan

Ditambahkan oleh dr. Iqbal, garam epsom memiliki kandungan antiinflamasi dan magnesium sulfat yang akan memperbaiki sirkulasi darah.

“Bisa mengurangi pembengkakan pada ibu hamil, jadi mengurangi penumpukan cairan dalam tubuh. Pembengkakan di tangan dan kaki pun bisa mereda,” kata dr. Iqbal.

8. Mengurangi Risiko Preeklampsia

Berdasarkan British Journal of Obstetrics and Gynecology, preeklampsia bisa diobati dengan suntikan magnesium sulfat. Studi tersebut menunjukkan bahwa magnesium sulfat bisa mengurangi risiko preeklampsia lebih dari 15 persen.

Melihat manfaat tersebut, berendam dengan campuran garam Epsom pun dinilai bisa membantu mengurangi risiko preeklampsia.

2 dari 3

Cara Berendam atau Mandi Garam Epsom

Cara Berendam atau Mandi Garam Epsom
loading

Untuk mandi ataupun berendam dengan garam epsom, campurkan 2 cangkir garam ke bak mandi yang telah diisi air hangat.

Anda bisa berendam selama 12 hingga 15 menit. Namun, pastikan suhu air tidak terlalu panas atau tidak melebihi 39 derajat celcius. Suhu air yang terlalu panas bisa berbahaya bagi janin.

Baca Juga

Itulah  manfaat berendam atau mandi dengan garam Epsom yang bisa diperoleh ibu hamil. Mengenai efektivitas penggunaannya, para peneliti memang masih perlu melakukan penelitian lanjutan.

Namun, penggunaannya di masa kehamilan tergolong aman, karena belum ada bukti yang menunjukkan efek samping berarti. Jika masih ragu, ibu bisa berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum berendam dengan garam epsom.

(PUT/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2022. The Benefits of Epsom Salt Baths During Pregnancy.

Medical News Today. Diakses 2022. Are Epsom Salt Baths Safe During Pregnancy?

Healthline. Diakses 2022. Using Epsom Salt to Relieve Constipation.

Ditinjau oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Astrina Supandy, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Melinda Febiani, MBiomed Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Donny Sutrisno Winardo, Sp. OG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Tahapan Prosedur Pembekuan Sel Telur

Info Sehat
20 Jan

Tips Atasi Sakit Kepala Saat Hamil

Info Sehat
20 Jan

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Ibu Hamil, Apa Saja?

Info Sehat
19 Jan

Ketakutan yang Dialami Calon Ibu Menjelang Melahirkan

Info Sehat
19 Jan

Bolehkah Ibu Hamil Minum Jamu Tradisional?

Info Sehat
19 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat