Mengenal Prosedur Transplantasi Islet untuk Diabetesi - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Mengenal Prosedur Transplantasi Islet untuk Diabetesi

Transplantasi islet disebut-sebut sebagai terapi pengobatan paling efektif untuk mengobati diabetes tipe 1. Ketahui prosedurnya lewat ulasan berikut.
Mengenal Prosedur Transplantasi Islet untuk Diabetesi

Diabetes tipe 1 merupakan penyakit metabolik yang terjadi karena tubuh memproduksi sedikit insulin atau tidak sama sekali. Hal ini disebabkan kondisi autoimun yang mendorong sistem kekebalan tubuh merusak sel beta pankreas penghasil insulin.

Padahal, insulin merupakan hormon penting yang diperlukan tubuh untuk membantu menyerap dan mengubah gula darah menjadi energi. Produksi insulin yang terlalu sedikit pada gilirannya menyebabkan lonjakan kadar gula darah (glukosa).

Jika tidak ditangani dengan baik, peningkatan glukosa dapat memicu komplikasi diabetes berbahaya seperti kerusakan saraf, pembuluh darah, mata, maupun ginjal.

Untuk mencegah kondisi tersebut, salah satu terapi pengobatan diabetes tipe 1 yang direkomendasikan adalah islet transplantation alias transplantasi islet. Bagaimana prosedur medis ini dilakukan? Yuk cari tahu.

Artikel Lainnya: Cara Kerja dan Manfaat Pompa Insulin untuk Penderita Diabetes

1 dari 4

Sekilas Soal Transplantasi Islet

Sekilas Soal Transplantasi Islet
loading

Transplantasi islet merupakan prosedur medis yang dilakukan dengan memindahkan islet pankreas dari donor ke pasien diabetes tipe 1.  

Islet pankreas alias Pulau Langerhans merupakan sekelompok sel yang terletak di pankreas, organ penghasil hormon yang dibutuhkan tubuh untuk memecah dan menyerap nutrisi makanan.

Berdasarkan National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease (NIDDK), islet pankreas mengandung beberapa jenis sel. Salah satu yang termasuk dalam sel islet adalah sel beta pankreas penghasil insulin.

Sel beta pankreas pengidap diabetes tipe 1 rusak akibat autoimun. Karena itu, para ilmuwan bereksperimen mengganti sel penghasil insulin tersebut dengan menggunakan islet yang mengandung sel beta pankreas sehat.

Islet ini diambil dari organ donor yang sudah meninggal. Menurut NIDDK, terdapat sekitar 400.000 islet pankreas yang ditransplantasikan per satu prosedur islet transplantation.

Artikel Lainnya: Tips Menggunakan Insulin Sehari-hari

2 dari 4

Prosedur Transplantasi Islet

Prosedur Transplantasi Islet
loading

Disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini, transplantasi islet dilakukan dengan mencari islet donor yang sesuai dengan resipien (penerima). Setelah islet yang cocok sudah ditemukan, prosedur pun dimulai.

“Pasien terlebih dahulu akan dibius lokal dan dipasang selang seperti kateter di vena portal. Nanti islet akan dimasukkan melalui selang tersebut,” jelas dr. Dyah.

Untuk menyalurkan islet melalui kateter, dokter akan membuat sayatan kecil di perut bagian atas pasien. 

Kemudian kateter dimasukkan melalui vena portal, pembuluh yang menyuplai darah dari saluran pencernaan, kandung empedu, pankreas dan limpa ke organ hati.

Setelah kateter terpasang, sel islet pankreas sehat dari donor dialirkan melalui selang tersebut.

Dua minggu pascaprosedur, pembuluh darah di sekitar islet pankreas baru mulai terbentuk. Pembuluh ini menghubungkan sel-sel islet dengan pembuluh darah asli di dalam tubuh pasien.

“Jika pembuluh darah sudah terbentuk secara sempurna dan islet berfungsi dengan baik, nanti islet akan menyebar ke organ hati dan bekerja menghasilkan insulin,” tambah dr. Dyah.

Ketika hormon insulin didistribusikan ke seluruh tubuh, pasien diabetes tipe 1 dapat mengontrol gula darahnya kembali. Jadi, tidak perlu lagi bergantung dengan suntik insulin. 

Artikel Lainnya: Bagian Tubuh yang Tepat untuk Disuntikkan Insulin

3 dari 4

Siapa yang Perlu Melakukan Islet Transplantation?

Siapa yang Perlu Melakukan Islet Transplantation?
loading

Transplantasi islet sebaiknya dilakukan oleh pengidap diabetes tipe 1 dengan kadar glukosa tidak terkendali, serta mengalami hipoglikemia berat.

Hipoglikemia merupakan kadar gula darah sangat rendah melebihi ambang batas normal. Kondisi ini sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan penderita diabetes mengalami penurunan kesadaran, kejang, hingga kerusakan permanen pada otak.

Itu dia serba-serbi transplantasi islet. Kendati Diabetes Research Institute menyebut islet transplantation sebagai terapi pengobatan paling efektif untuk mengobati diabetes tipe 1, prosedur medis ini tidaklah murah.

Berdasarkan studi yang dimuat National Center for Biotechnology Information, biaya transplantasi islet pankreas berkisar $240.000 atau setara Rp 3,4 miliar.

Daripada merogoh kocek yang sangat besar, penderita diabetes tipe 1 direkomendasikan untuk menjaga kesehatannya, sehingga meminimalkan perburukan gejala penyakit metabolik yang diidap. 

Baca Juga

Caranya dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, menjalani gaya hidup aktif dan sehat, serta menggunakan insulin dan obat terapi diabetes yang diresepkan dokter secara teratur.

Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar diabetes, konsultasikan kepada dokter via Live Chat.

(PUT/JKT)

Referensi:

Diabetes UK. Diakses 2022. islet cell transplants for type 1 diabetes.

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease. Diakses 2022. Pancreatic Islet Transplantation.

National Center for Biotechnology Information. Diakses 2022. A health economic analysis of clinical islet transplantation.

Ditinjau oleh dr. Dyah Novita Anggraini

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Fahad Hasan, Sp. B

Spesialis Bedah
wallet
Rp. 35.000
avatar

dr. Herwen, Sp. B

Spesialis Bedah
wallet
Rp. 30.000

ARTIKEL TERKAIT

Faktor yang Meningkatkan Risiko Diabetes Insipidus

Info Sehat
19 Jan

Cedera Otak Bisa Picu Diabetes Insipidus, Ini Alasannya

Info Sehat
18 Jan

Mana Lebih Baik, Suntik Insulin atau Obat Oral Diabetes?

Info Sehat
14 Jan

Tips Menghadapi Stigmatisasi Pengobatan Diabetes Tipe 2

Info Sehat
13 Jan

Manfaat Milet untuk Mengurangi Risiko Komplikasi Diabetes

Info Sehat
12 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat