Tips Make Up untuk Lansia Agar Penampilan Tetap Menawan - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Tips Make Up untuk Lansia Agar Penampilan Tetap Menawan

Siapa bilang rutinitas make up hanya untuk remaja? Lanjut usia atau lansia juga berhak melakukannya! Berikut tips make up untuk lansia agar penampilan lebih menawan.
Tips Make Up untuk Lansia Agar Penampilan Tetap Menawan

Memasuki usia 60 tahun ke atas, kulit wajah telah mengalami banyak perubahan. Mulai dari munculnya kerutan, hingga flek kehitaman yang mengganggu penampilan. 

Meski demikian, bukan berarti Anda hanya bisa pasrah. Pasalnya, orang lanjut usia (lansia) tetap berhak menggunakan make up agar penampilannya memesona.

Berikut ini beberapa tips make up untuk lansia yang bisa dicoba guna meningkatkan penampilan dan rasa percaya diri Anda:

1 dari 5

1. Make Up untuk Menyembunyikan Garis Halus dan Kerutan

Make Up untuk Menyembunyikan Garis Halus dan Kerutan
loading

Tips pertama make up untuk lansia adalah dengan tidak merias wajah secara berlebihan, sekalipun untuk menutupi kerutan atau garis halus yang mengganggu penampilan.

Faktanya, menggunakan foundation atau alas bedak secara berlebihan di sekitar mata atau area wajah lain malah dapat menonjolkan kerutan di bagian tersebut. 

Artikel Lainnya: Tips Perawatan Kulit untuk Usia 50 Tahun

Dikatakan oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong, cara untuk menyembunyikan kerutan adalah dengan menggunakan make up secara natural dan tidak berlebihan. 

Anda juga perlu menggunakan pelembap wajah sebelum mengaplikasikan make up. Pastikan pelembap tersebut sesuai dengan kondisi wajah Anda.

Pelembap dapat diaplikasikan setelah Anda mencuci wajah di pagi hari. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kelembapan alami kulit, sehingga wajah tampak kenyal dan make up bisa menempel optimal.

“Untuk lansia, yang penting itu menjaga kelembapan kulit. Sebab, semakin bertambah usia, semakin menurun pula faktor protektif untuk kelembapan kulit,” tutur dr. Sepriani.

“Gunakan pelembap yang bebas pewangi (fragrance free). Hindari pula berlama-lama mandi, karena dapat membuat kulit semakin kering,” sambungnya.

Untuk menjaga kelembapan wajah, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan minum banyak air putih. Hal ini penting, karena apa yang Anda makan dapat memengaruhi kondisi kulit. 

2 dari 5

2. Tips Agar Wajah Tampak Tidak Kusam

Tips Agar Wajah Tampak Tidak Kusam
loading

Jika Anda memiliki kulit berwarna pucat atau kusam, menggunakan make up dengan warna yang mencerahkan adalah pilihan yang tepat.

Para ahli menyarankan bagi pemilik kulit kusam untuk menggunakan alas bedak yang setengah tingkat lebih terang daripada warna asli kulit.

Untuk menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata, aplikasikan alas bedak yang warnanya lebih terang daripada bedak yang digunakan. 

Aplikasikan pula sedikit concealer, dan gunakan bedak tabur untuk menyembunyikan perbedaan warna agar tak terlalu signifikan.

Artikel Lainnya: Masih Berpengaruhkah Produk Anti-Aging Atasi Kulit Keriput Lansia?

Pilih bedak tabur yang hanya satu atau dua tingkat lebih gelap dari warna kulit Anda. Bronzer juga dapat digunakan untuk menonjolkan tulang pipi dan menambah warna hangat pada wajah.

Namun, jangan gunakan bronzer secara berlebihan, karena dapat membuat wajah Anda terlihat tambah gelap. 

Hal penting lain untuk mencegah kekusaman pada kulit wajah, yaitu dengan memakai tabir surya atau sunblock setiap pagi. Sunblock bisa Anda aplikasikan setelah menggunakan pelembap. 

“Selalu gunakan tabir surya, terutama saat keluar rumah. Jika di dalam rumah, Anda dapat menggunakan produk yang dapat melembapkan yang juga memiliki kandungan SPF,” ucap dr. Sepriani.

3 dari 5

3. Tips Make Up Lansia untuk Area Mata

Tips Make Up Lansia untuk Area Mata
loading

Untuk make up area mata, Anda bisa menggunakan maskara hitam dan eyeliner yang sesuai. Jika rambut sudah mulai beruban, Anda dapat mencoba warna maskara yang lebih lembut, seperti cokelat atau abu-abu.

Anda juga bisa menggunakan maskara yang bervolume guna mempertegas tampilan bulu mata. Maskara jenis ini juga dapat membuat bulu mata Anda terlihat lebih tebal dan penuh. 

“Pastikan untuk berhati-hati saat mengaplikasikan make up di area mata. Pastikan pula memilih maskara dan jenis make up lain yang tidak mengandung parfum maupun pewangi,” tutur dr. Sepriani. 

Jika Anda kesulitan mengaplikasikan maskara atau eyeliner, jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain. 

Artikel Lainnya: Tetap Menawan di Usia Senja, Ini Skincare untuk Usia 60-an!

4 dari 5

4. Tips untuk Riasan Bibir Lansia

Tips untuk Riasan Bibir Lansia
loading

Seiring bertambah usia, bibir Anda bisa menipis dan tampak mengecil. Tapi, ada cara untuk membuat bibir terlihat penuh lagi. 

Tips membuat bibir terlihat penuh adalah dengan menggunakan lip liner. Lip liner bertugas untuk mempertegas garis bibir dan membuat bagian tubuh tersebut tampak lebih tebal.

Pastikan untuk memilih warna lip liner yang lebih tua daripada lipstick Anda. Hal ini bertujuan untuk membuat garis bibir tampak lebih jelas.  

Jika memiliki garis berbulu di sekitar bibir, Anda bisa menggunakan lipstik matte dan lip liner

Bila bibir Anda kering, gunakanlah lip balm terlebih dahulu sebelum lipstik. Hal ini dapat membantu mengurangi tampilan pecah-pecah di bibir Anda.

Baca Juga

Demikian kiat make up untuk lansia yang bisa Anda coba. Bagaimana? Apakah Anda tertarik mempraktikkannya? Jika ya, perhatikan peringatan yang telah disampaikan, agar make up yang digunakan tidak malah merusak penampilan Anda.

Apabila Anda mengalami kesulitan atau butuh bantuan terkait penggunaan make up pada lansia, tak perlu ragu untuk berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

Referensi: 

  • WebMD. Diakses 2022. Aging Skin Makeup Solutions
  • Healthline. Diakses 2022. 17 Beauty Tips Women 50+ Have for Their 20-Year-Old Self
  • American Association of Retired Persons. Diakses 2022. Basic Makeup Tips for Older Women
  • Wawancara dr. Sepriani Trimurtini Limbong

 

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Irwan Junawanto,SpKK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Febrina T Kurniasih, M. Ked(DV), Sp. DV

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 30.000
avatar

dr. Julieta Diana Pricillia Dotulong, Sp. KK

Spesialis Kulit dan Kelamin
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Bermain Video Game untuk Fungsi Kognitif Lansia

Info Sehat
07 Feb

Lansia Berisiko Tinggi Mengalami Hipertermia, Ini Penyebabnya

Info Sehat
05 Feb

Cara Mengatasi Konstipasi pada Lansia, Aman dan Efektif!

Info Sehat
29 Jan

Penyakit pada Lansia yang Umum Terjadi, Berbahayakah?

Info Sehat
27 Jan

Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata Lansia

Info Sehat
27 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat