Pilihan Susu yang Aman untuk Penderita Asam Lambung - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Pilihan Susu yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

Kandungan susu mungkin akan merugikan penderita asam lambung. Adakah susu yang cocok untuk mencegah munculnya gejala asam lambung?
Pilihan Susu yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

GERD atau penyakit asam lambung merupakan kondisi di mana cairan asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini terjadi karena cincin otot di bawah kerongkongan atau sfingter melemah.

Padahal, sfingter berfungsi untuk mencegah makanan di perut tidak naik kembali ke kerongkongan, yang merupakan pemicu gejala asam lambung.

Salah satu penyebab melemahnya sfingter adalah pola makan. Misalnya, mengonsumsi makanan atau minuman tinggi lemak.

Hal itu pula yang membuat sebagian penderita GERD sering kali ragu untuk meminum susu. Sebab, ada anggapan bahwa susu bisa memicu atau memperburuk asam lambung. Meski mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, susu sapi juga tinggi lemak.

Lantas, bolehkan penderita asam lambung meminum susu sapi? Dan adakah jenis susu untuk asam lambung yang terbukti aman? Ketahui selengkapnya di sini.

Artikel Lainnya: Asam Lambung dan GERD Bikin Dada Sesak, Ini Solusinya

Bolehkan Penderita Asam Lambung Minum Susu?

Seorang Wanita Minum Susu

Susu sapi punya kandungan kalsium yang berlimpah. Minum satu cangkir susu sapi atau setara 245 ml umumnya telah memenuhi sekitar 21-23 persen kebutuhan nilai harian kalsium tubuh Anda.

Kalsium pun tidak hanya baik untuk kesehatan tulang. Melansir Healthline, mineral ini juga penting untuk penderita asam lambung.

Pada studi yang dimuat di National Library of Medicine, konsumsi kalsium karbonat terbukti bisa menguatkan sfingter. Jadi, risiko munculnya gejala GERD bisa berkurang.

Kandungan lain pada susu sapi yang dapat menguntungkan penderita asam lambung adalah protein. Studi tahun 2017 yang dimuat di Health Promotion Perspective menunjukkan bahwa protein bisa mengurangi gejala GERD. 

Sebab, protein bisa merangsang produksi gastrin. Gastrin adalah hormon yang mampu menguatkan sfingter. Dengan begitu, kemungkinan makanan naik ke kerongkongan pun berkurang.

Namun, selain kalsium dan protein, susu sapi juga mengandung lemak tinggi yang akan merugikan penderita asam lambung. Lemak dapat mengendurkan sfingter dan memicu makanan naik ke kerongkongan.

Di samping itu, tubuh perlu waktu lebih lama untuk mencerna lemak. Jadi, lemak pun akan lebih lama berada di lambung dan membuat pengosongan lambung tertunda.

Pengosongan lambung yang terhambat akan membuat esofagus (kerongkongan) lebih lama terpapar asam yang naik ke atas. Faktor ini yang kemudian dapat memperparah gejala asam lambung. 

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, beberapa orang yang sensitif terhadap lemak susu dapat mengalami gangguan pencernaan setelah mengonsumsinya. Salah satu yang kerap dikeluhkan adalah masalah asam lambung.

Meski demikian, penderita asam lambung sebenarnya tetap boleh meminum susu. Namun, mereka perlu memilih susu yang tepat agar tidak berpotensi memicu gejala ataupun memperparah GERD.

Artikel Lainnya: Pertolongan Pertama Sakit Asam Lambung di Rumah

Susu yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

Susu yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

Berikut ini adalah pilihan susu untuk penderita asam lambung yang minim risiko menimbulkan gejala:

  • Susu Rendah Lemak

Mengingat lemak berpotensi merugikan penderita asam lambung, susu rendah lemak menjadi salah satu pilihan yang tepat. Dengan lemak yang rendah, kemungkinan asam lambung naik ke kerongkongan dapat dicegah. 

Hal ini sesuai pula dengan studi yang dimuat di Gastroenterology Research and Practice. Disebutkan bahwa penderita asam lambung akan mengalami pengurangan gejala ketika melakukan diet rendah lemak.

  • Susu Kedelai

Melansir Universidad Nueva San Salvador, susu kedelai bersifat basa dan bisa digunakan sebagai makanan alkali. Makanan alkali sendiri sangat baik untuk mengatasi asam lambung.

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, susu kedelai juga mengandung kalsium, mineral, dan vitamin yang baik untuk pencernaan.

“Susu kedelai bisa melapisi lapisan esofagus dan lambung, sehingga mencegah iritasi karena naiknya cairan asam lambung,” katanya.

Selain itu, kandungan lemak pada susu kedelai pun rendah. Dengan begitu, jenis susu ini aman dikonsumsi penderita asam lambung.

  • Susu Almon

Susu nabati jenis ini bersifat basa sehingga aman dikonsumsi penderita asam lambung atau saat gejalanya kambuh.

Melansir Food Faq, ketika gejala asam lambung muncul, susu almon akan mengencerkan asam lambung dan mencegahnya naik ke kerongkongan.

Kandungan lemak susu almon juga tergolong rendah, sehingga tidak memperburuk gejala asam lambung, termasuk sensasi terbakar pada dada.

Baca Juga

Itulah jenis susu yang aman untuk penderita asam lambung. Pastikan konsumsi susu pilihan Anda juga dibarengi dengan makanan sehat atau yang tidak akan memicu munculnya gejala asam lambung.

Jika Anda punya pertanyaan lain seputar asam lambung, gunakan fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2022. Does Milk Relieve Heartburn?

Health Promotion Perspective. Diakses 2022. Total diet, individual meals, and their association with gastroesophageal reflux disease.

National Library of Medicine. Diakses 2022. Physiology, Gastrin.

Healthline. Diakses 2022. What to Drink for Acid Reflux.

Universidad Nueva San Salvador. Diakses 2022. How to Use Acid Reflux Diet Menu to Desire.

Food Faq. Diakses 2022. Is Almond Milk Good For Acid Reflux?

K Health. Diakses 2022. Drink for Managing Acid Reflux.

 

Ditinjau oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

ARTIKEL TERKAIT

Bisakah Cuka Apel Mengatasi Gejala GERD?

Info Sehat
21 Feb

Mengapa Hernia Hiatus Tingkatkan Risiko GERD?

Info Sehat
20 Feb

Waspada, GERD Sering Kambuh Tingkatkan Risiko Barrett's Esophagus

Info Sehat
19 Feb

Benarkah Kayu Manis Sebabkan Asam Lambung?

Info Sehat
18 Feb

GERD Sebabkan Mendengkur saat Tidur, Ini Penjelasannya

Info Sehat
17 Feb

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat