Benarkah Manfaat Masturbasi Berbeda-Beda Tergantung Waktunya? - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Benarkah Manfaat Masturbasi Berbeda-Beda Tergantung Waktunya?

Masturbasi memang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, benarkah pemilihan waktu memengaruhi manfaat masturbasi yang didapat? Simak faktanya di sini.
Benarkah Manfaat Masturbasi Berbeda-Beda Tergantung Waktunya?

Masturbasi merupakan aktivitas seksual yang baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Hal ini akan membuat tubuh mengeluarkan endorfin yang bisa menghilangkan rasa sakit dan membuat suasana hati lebih baik.

Namun, apakah manfaat masturbasi yang didapat bisa ditentukan oleh pemilihan waktu melakukannya? Simak penuturan dokter berikut ini.

Manfaat Masturbasi Bisa Berbeda Berdasarkan Waktu, Benarkah?

Manfaat Masturbasi Bisa Berbeda Berdasarkan Waktu, Benarkah?

Pagi hari dianggap sebagai waktu yang baik untuk masturbasi. Pada periode itu, kadar testosteron meningkat setelah bangun tidur, sehingga libido dan fungsi seksual akan meningkat.

Seorang terapis seks bersertifikat di Amerika Serikat, dr. Shannon Chavez mengatakan, aktivitas seksual pada pagi hari bisa membuat seseorang merasa lebih baik sepanjang hari. 

Selain itu, masturbasi pagi hari dinilai membantu meningkatkan kemampuan kerja otak dalam beberapa hal, seperti berhitung, berbicara di depan umum, dan sistem kekebalan tubuh. 

Artikel lainnya Sering Masturbasi Bisa Bikin Bego?

Sementara itu, seorang ginekolog Amerika Serikat, dr. Monica Grover, mengatakan manfaat masturbasi pada siang dan sore hari berbeda. 

Menurutnya, masturbasi siang hari bisa mengatasi lesu, murung, cemas, hingga sakit kepala. Pada malam hari, masturbasi dianggap bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres. 

Sebab, saat masturbasi akan terjadi pelepasan hormon bahagia dan zat kimia yang membantu komunikasi antarsaraf (neurotransmitter), seperti oksitosin, norepinefrin, prolaktin, dopamin, dan serotonin.

Manfaat masturbasi malam hari juga disampaikan oleh pakar seks Amerika Serikat, Carol Queen, PhD. Menurutnya, masturbasi malam bagi sebagian orang dapat membantu meredakan stres.

Meski begitu, dr. Theresia Rina Yunita mengungkapkan hal-hal tersebut belum bisa dibuktikan secara pasti. Belum ada sumber medis yang menyatakan manfaat masturbasi akan berbeda-beda pada setiap waktu.

“Tidak ada waktu spesifik yang ideal untuk melakukan masturbasi. Hal ini bergantung pada masing-masing individu,” jelasnya.

Dokter Theresia menyampaikan, pemilihan waktu masturbasi  baik pagi, sore, ataupun malam sama-sama memberikan manfaat untuk kesehatan.

Artikel lainnya Sering Masturbasi Bikin Wanita Sulit Orgasme

Adakah Anjuran Frekuensi Masturbasi yang Baik?

Adakah Anjuran Frekuensi Masturbasi yang Baik?

Tidak ada panduan pasti seberapa sering masturbasi perlu dilakukan. Hal yang terpenting ialah, aktivitas itu dilakukan dalam batas wajar. Masturbasi berlebihan dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Beberapa orang kerap merasa bersalah bila melakukan masturbasi. Sebenarnya hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Melansir Planned Parenthood, manfaat masturbasi antara lain:

  • Mengatasi ketegangan saat berhubungan seks.
  • Mengurangi stres.
  • Membuat tidur lebih nyenyak.
  • Meningkatkan kepercayaan diri.
  • Meredakan kram menstruasi dan ketegangan otot.

Selain itu, masturbasi juga bisa membantu Anda mengetahui hal-hal yang disuka maupun tidak untuk mencapai kepuasan seksual.

Baca Juga

Sebaiknya lakukan masturbasi dengan cara yang aman dan jangan berlebihan. Bila merasa ragu, konsultasikan kepada dokter via Live Chat di aplikasi KlikDokter

(FR/JKT)

Referensi:

  • Romper. Diakses 2022. There's Actually An Ideal Time Of Day To Masturbate, According To Science.
  • Planned Parenthood. Diakses 2022. Is Masturbation Healthy?

Ditinjau oleh dr. Theresia Rina Yunita

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Peter Fernando, DiMAP.

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Dyah Novita Anggraini

Dokter Umum
wallet
Rp. 0
avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Penyebab Rasa Sakit Ketika Masturbasi pada Wanita

Info Sehat
26 Feb

Sering Masturbasi Bisa Bikin Bego?

Info Sehat
20 Jan

Katanya Masturbasi Bisa Buat Wajah Jadi Jerawatan, Benarkah?

Info Sehat
27 Des

Viral DDD Challenge, Kenapa Orang Tertarik Melakukannya?

Info Sehat
02 Des

Hobi Masturbasi Picu Kanker Prostat?

Info Sehat
30 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat