Parents, Ini Pentingnya Menanyakan Kegiatan Anak di Sekolah - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Parents, Ini Pentingnya Menanyakan Kegiatan Anak di Sekolah

Orangtua dianjurkan bertanya tentang aktivitas anak selama di sekolah. Berikut manfaat dan tips bertanya kegiatan anak di sekolah.
Parents, Ini Pentingnya Menanyakan Kegiatan Anak di Sekolah

Sebagian anak mungkin mudah bercerita tentang kegiatan dan aktivitas yang dilakukannya selama di sekolah. Namun, beberapa anak lainnya mungkin sulit atau tidak nyaman bercerita tentang aktivitas hariannya kepada orangtua.

Oleh sebab itu, orangtua harus aktif memulai komunikasi dengan anak mengenai kegiatan buah hati selama di sekolah. Apa saja manfaat menanyakan mengenai keseharian anak di sekolah? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut.

Manfaat Ngobrol dengan Anak Mengenai Kegiatannya di Sekolah

Manfaat Ngobrol dengan Anak Mengenai Kegiatannya di Sekolah

Menurut Gracia Ivonika, M.Psi, Psikolog., menanyakan kegiatan anak selama di sekolah merupakan hal yang penting dilakukan orangtua.

Hal ini membuat anak merasa mendapatkan perhatian tentang apa yang mereka rasakan mengenai sekolah.

“Dari sisi orangtua juga penting agar ibu atau ayah memahami sudut pandang anak terkait sekolah, bagaimana ia menilai hari-harinya di sekolah, kesulitan apa yang dihadapi, atau bagaimana pola pertemanan di sekolah. Terlebih karena orangtua melepaskan anak sendiri di sekolah,” ucap psikolog Gracia.

Terbiasa menanyakan kegiatan di sekolah dapat membuat anak juga memiliki komunikasi yang terbuka terhadap orangtua. Komunikasi yang terbangun dengan baik dapat membantu orangtua mengetahui perkembangan anak.

Artikel Lainnya: Orang Tua Wajib Tahu, Ini Penyebab Anak Menjadi Nakal

Tips Bertanya Kepada Anak Tentang Kesehariannya di Sekolah

Tips Bertanya Kepada Anak Tentang Kesehariannya di Sekolah

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan komunikasi dengan anak mengenai kesehariannya di sekolah. Beberapa hal ini penting untuk diperhatikan agar anak tidak merasa terbebani oleh pertanyaan Anda.

1. Perhatikan Waktu dan Momen saat Bertanya

Psikolog Gracia menyarankan orangtua untuk mencari waktu dan momen yang tepat sebelum menanyakan aktivitas yang dilakukan di sekolah.

“Hindari langsung menanyakan saat anak baru pulang atau selesai sekolah, karena saat itu anak pasti lelah atau lapar. Bantu tingkatkan mood anak dengan memenuhi kebutuhannya, agar anak bisa lebih melepas stres setelah sekolah,” ucap Gracia.

Ibu bisa menanyakan saat anak makan siang atau saat membantu anak mengerjakan tugas dari sekolah. Cobalah cari waktu yang benar-benar tepat.

2. Beri Contoh

Apabila ingin anak terbuka mengenai kesehariannya, maka Anda perlu memberikan contoh terlebih dahulu.

Cobalah mulai bercerita tentang keseharian Anda kepada anak. Misalnya ceritakan bahwa hari ini ibu lupa membuatkan kopi kepada ayah atau hari ini Anda memasak ikan yang dibeli di pasar.

Dianjurkan bercerita dengan komunikasi yang jelas dan spesifik agar anak juga dapat menceritakan keseharian mereka dengan terperinci.

Ketika tiba saatnya Anda bertanya kepada anak tentang hari mereka, cobalah berikan pertanyaan spesifik, seperti “Hari ini kakak jajan apa di sekolah?” atau “Tadi di sekolah adik main sama siapa saja temannya?”

Terkadang pertanyaan umum seperti “Tadi sekolahnya gimana, dek?” terlalu sulit dijawab oleh anak yang masih sekolah dasar. Kemungkinan, Anda hanya akan mendapatkan jawaban singkat dari mereka.

Artikel Lainnya: Alasan Tepat untuk Memindahkan Sekolah Anak Menurut Psikolog

3. Gunakan Komunikasi Asertif

Dijelaskan oleh Psikolog Gracia, untuk menanyakan keseharian anak di sekolah, pastikan Anda menggunakan komunikasi yang asertif dan menyenangkan.

Komunikasi asertif adalah membicarakan sesuatu yang ingin disampaikan dengan tetap menjaga dan menghargai perasaan dari lawan bicaranya.

“Berikan apresiasi dan validasi setiap jawaban anak, sekalipun konten jawabannya kurang baik. Misal ketika anak bilang "Aku capek sekolah terus", Anda bisa menjawab "Iya, mama lihat kamu banyak tugas, ya, tapi kalo dari kamu capeknya karena apa?” kata Gracia memberikan contoh.

Tugas orangtua bukan sekadar menanyakan kabar anak, tetapi juga perlu menjadi pendengar yang baik untuk mereka. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui kesulitan atau masalah yang dihadapi anak.

Baca Juga

Saat mencoba komunikasi dengan anak, cobalah menghindari penggunaan gawai atau televisi. Tujuannya agar orangtua dan anak bisa fokus mendengarkan sembari bercerita.

Itu dia beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum bertanya mengenai kegiatan  anak di sekolah. Ketahui tips parenting lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

Referensi:

  • Wawancara Gracia Ivonika, M.Psi, psikolog
  • Very Well. Diakses 2022. The Best Questions to Ask Your Kids About Their Day at School
  • Kids Health. Diakses 2022. Getting Involved at Your Child's School
  • Raising Children. Diakses 2022. Talking about school

ARTIKEL TERKAIT

Pentingnya Mengajarkan Anak Tentang Batasan Diri

Info Sehat
02 Mar

Manfaat Solo Playtime untuk Anak dan Contoh Permainannya

Info Sehat
26 Feb

Menentukan Pekerjaan Rumah yang Cocok untuk Remaja

Info Sehat
25 Feb

Benarkah Banyak Mainan Berdampak Buruk Bagi Anak?

Info Sehat
23 Feb

Pentingnya Menerapkan Pola Asuh yang Konsisten pada Anak

Info Sehat
28 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat