Penyebab Urine Bau Belerang yang Mesti Diketahui
searchtext customer service

Penyebab Urine Bau Belerang yang Mesti Diketahui

Urine bau belerang dapat menjadi tanda dari adanya penyakit tertentu. Agar tidak salah sangka, cari tahu apa saja penyebab air seni bau belerang lewat ulasan berikut ini!
Ilustrasi penyebab urine berbau belerang

Tahukah Anda bahwa urine atau air seni bisa memiliki aroma yang berbeda-beda? Di antara sekian aroma tersebut, urine bau belerang adalah salah satunya.

Faktanya, urine berbau belerang bisa terjadi akibat mengonsumsi makanan tertentu. Tidak hanya itu, kondisi ini juga bisa dilatarbelakangi oleh masalah kesehatan, lho!

Oleh karena itu, Anda sebaiknya waspada apabila mendapati kencing bau belerang. Hal ini khususnya jika kondisi tersebut disertai dengan gejala-gejala lain yang cukup mengganggu.

Nah, agar Anda tidak salah sangka dan bisa lebih waspada, berikut ini penjelasan tentang penyebab urine bau belerang yang penting diketahui:

1 dari 7

1. Asparagus dan Bawang-bawangan

Ilustrasi penyebab urine bisa berbau belerang
loading

Asparagus mengandung zat asam, yang jika masuk tubuh akan diubah menjadi senyawa kimia mengandung sulfur (belerang). Bahan kimia ini dikeluarkan dari tubuh melalui urine, sehingga membuat urine Anda berbau sulfur. 

Tidak hanya itu, urine berbau belerang juga bisa terjadi akibat mengonsumsi bawang putih atau merah dalam jumlah banyak.

Artikel Lainnya: Penyebab Urine Bau Saat Masa Kehamilan

 

2 dari 7

2. Obat-obatan 

Ilustrasi urine berbau belerang  apa penyebabnya? (file404/Shutterstock)
loading

Terdapat beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan urine berbau seperti belerang. Salah satu obat tersebut yaitu suplemen vitamin B. 

Menurut dr. Atika, risiko urine berbau belerang akibat mengonsumsi vitamin B bisa meningkat apabila tubuh Anda kekurangan cairan (dehidrasi).

3 dari 7

3. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Ilustrasi masalah kesehatan di balik urine berbau belerang
loading

Infeksi pada saluran kemih dapat menyebabkan penumpukan bakteri, nanah, atau bahkan darah di dalam urine. Hal inilah berpotensi mencetuskan urine berbau belerang. 

Anda patut curiga mengalami ISK apabila mengeluarkan air seni berbau belerang yang disertai dengan rasa nyeri atau terbakar, serta terdapat darah atau nanah pada urine.

Dalam beberapa kasus, ISK juga bisa menyebabkan demam, mual, muntah, dan nyeri punggung.

4 dari 7

4. Sistitis

Kenapa urine berbau belerang? (Charnsitr/Shutterstock)
loading

Peradangan di kandung kemih, yang dikenal sebagai sistitis atau cystitis, biasanya terjadi akibat penumpukan bakteri. Hal ini dapat membuat aroma urine menjadi berbau belerang.

Selain itu, penyakit ini juga bisa menyebabkan nyeri dan sensasi terbakar saat buang air kecil, nyeri perut bawah, kelelahan, dan terdapat darah dalam urine.

Artikel Lainnya: Urine Berbau Manis Tanda Diabetes dan Ketoasidosis Diabetik

 

5 dari 7

5. Masalah pada Organ Hati

ISK Bisa Bikin Warna Urine Berubah (Oradige59/Shutterstock)
loading

Masalah pada hati (liver) dapat membuat organ tersebut mengalami penurunan fungsi. Cepat atau lambat, hal ini dapat mengakibatkan racun tidak tersaring dengan optimal. 

Karenanya, Anda mungkin saja akan mengeluarkan urine berbau belerang. Anda patut curiga mengalami masalah pada organ hati apabila urine bau belerang disertai dengan keluhan, seperti mual dan muntah, bengkak di pergelangan tangan atau kaki, kulit menguning, dan sakit perut.

6 dari 7

6. Prostatitis

Inkontinensia Urine dan Tinja
loading

Prostatitis atau peradangan prostat juga dapat menyebabkan urine bau sulfur. Penyakit ini bisa terjadi akibat infeksi bakteri Escherichia Coli, Pseudomonas, Neisseria gonorrhoeae, atau Chlamydia trachomatis.

Selain air seni berbau sulfur, prostatitis dapat pula menyebabkan demam, tubuh menggigil, aliran urine melemah, dan nyeri di perut.

[bacajuga:Baca Juga](3653081 3650801 3646190)

Anda disarankan untuk segera berobat ke dokter apabila mengalami urine berbau belerang yang disertai dengan gejala-gejala lainnya. Semakin dini dideteksi dan diobati, semakin besar pula peluang kesembuhan.

Apabila curiga mengalami gejala yang mengarah ke urine berbau belerang, Anda bisa mengonsultasikan kondisi kesehatan kepada dokter dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

 

Sumber:

Healthline. Diakses 2022. What Causes Urine to Smell Like Sulfur and How Is This Treated?

Medical News Today. Diakses 2022. Why does my urine smell like sulfur?

Ditinjau oleh dr. Atika

ARTIKEL TERKAIT

Mengenal Lebih Jauh tentang Pemeriksaan Urodinamik

Info Sehat
07 Mar

Cara Mendiagnosis Diabetes Insipidus

Info Sehat
11 Feb

Penyebab Urinoma, Penumpukan Urine di Luar Saluran Kemih

Info Sehat
10 Feb

Penyebab Oliguria, Keluar Urine Lebih Sedikit dari Biasanya

Info Sehat
07 Feb

Mengenal Fungsi Lengkung Henle dalam Anatomi Ginjal

Info Sehat
03 Feb

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat