Penuhi Kebutuhan Vitamin C Pasien Isoman dengan Minuman Ini
searchtext customer service

Penuhi Kebutuhan Vitamin C Pasien Isoman dengan Minuman Ini

Selain dalam bentuk tablet, vitamin C dalam bentuk minuman dapat dijadikan salah satu terapi untuk pasien isoman COVID-19. Berikut tips memilih minuman vitamin C.
Penuhi Kebutuhan Vitamin C Pasien Isoman dengan Minuman Ini

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa minggu terakhir, kasus COVID varian Omicron di Indonesia terus bertambah. Tidak dimungkiri, banyak keluarga atau kerabat Anda satu per satu mulai terinfeksi virus corona dan harus menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. 

Saat isoman, pasien COVID-19 gejala ringan hingga sedang diminta memantau kondisi fisiknya setiap hari dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Caranya dengan berolahraga ringan, mengonsumsi makanan yang bergizi, berjemur, serta tetap mengonsumsi obat atau suplemen yang diberikan oleh dokter.

Salah satu vitamin yang dianjurkan dikonsumsi saat isolasi mandiri adalah vitamin C. Mikronutrien ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara meningkatkan produksi sel darah putih yaitu limfosit dan fagosit. Kedua sel darah putih tersebut bertugas melindungi tubuh dari infeksi.

Selain itu, vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kerusakan sel akibat paparan bebas dan merupakan agen antiinflamasi untuk membantu menurunkan reaksi peradangan di dalam tubuh. 

Untuk mendapatkan vitamin C, Anda bisa memperolehnya dari mengonsumsi sayur dan buah-buahan, serta suplemen tambahan dalam bentuk obat maupun minuman.   

Artikel Lainnya: Mitos Seputar Vitamin C yang Tidak Perlu Dipercaya

1 dari 3

Pilih Minuman Vitamin C untuk Pasien Isoman, Perhatikan Ini

loading

Jika bosan mengonsumsi vitamin C dalam bentuk tablet, kapsul, atau makanan, Anda bisa memilih vitamin C dalam bentuk minuman. 

Tidak sekadar mencukupi kebutuhan vitamin harian, minuman vitamin C juga turut membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Memilih minuman mengandung vitamin C pun tidak boleh sembarangan. Pastikan Anda memilih minuman vitamin C dengan memerhatikan beberapa hal, seperti ada tidaknya tambahan soda, kadar gula, hingga kandungan pengawet.

Jangan lupa untuk membaca aturan pakai yang tertera di kemasan produk. Hal ini penting dilakukan untuk terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan. 

Terlalu banyak mengonsumsi vitamin C juga dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan hingga masalah batu ginjal.

Akan tetapi, jangan khawatir, selama konsumsi vitamin C tidak lebih dari 2.000 mg/ hari dan Anda minum air putih dalam jumlah cukup, kelebihan vitamin C di dalam tubuh akan dibuang bersama urine.

Artikel Lainnya: Penularan Omicron Lebih Cepat, Cegah dengan Vitamin C!

2 dari 3

Minuman Vitamin C Pilihan untuk Pasien COVID-19

loading

Saat ini banyak produk minuman vitamin C yang beredar di pasaran. Akan tetapi, Anda bisa memilih HiC1000 sebagai minuman vitamin C yang bagus dikonsumsi selama isolasi mandiri.

HiC1000 merupakan minuman vitamin C 1.000 mg sekali minum (one shot high vitamin C drink) tanpa kandungan soda, tanpa pengawet, serta memiliki kadar gula yang lebih rendah. 

Meski mengandung 1.000 mg vitamin C, HiC1000 tetap aman dan nyaman di lambung. Pasalnya,  HiC1000 mengandung buffered vitamin C yaitu sodium askorbat dan tanpa soda.

Sodium askorbat adalah jenis vitamin C yang derajat keasamannya lebih rendah sehingga nyaman di lambung dan meminimalkan kenaikan asam lambung.

Produk HiC1000 dipastikan higienis karena menggunakan kemasan HDPE yang mempertahankan kandungan vitamin C agar tetap stabil dan tidak mudah rusak. 

Dibandingkan kemasan kaca, HDPE lebih ringan sehingga memudahkan Anda untuk membawa minuman vitamin C ini. 

Di samping itu, HiC1000 menggunakan teknologi Retort untuk proses sterilisasi sehingga vitamin C tetap terjaga selama 12 bulan tanpa bahan pengawet.

Artikel Lainnya: Biar Cepat Sembuh, Ini Deretan Vitamin untuk Pasien COVID-19

Untuk memenuhi asupan vitamin C harian selama isolasi mandiri, Anda cukup mengonsumsi satu botol HiC1000 dalam sehari. Minuman vitamin C ini tersedia dalam dua varian, yaitu vitamin lemon dan vitamin orange

Jangan lupa segera habiskan minuman vitamin C ini setelah dibuka untuk menghindari kandungan vitamin C yang teroksidasi karena manfaatnya dapat menurun. 

Baca Juga

Kini, mengonsumsi vitamin C tak selalu harus dalam bentuk kapsul atau tablet, Anda bisa memanfaatkan minuman vitamin C untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian. 

Apabila ragu, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi minuman vitamin C selama isoman. Konsultasi langsung dengan dokter melalui fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

Referensi :

  • EverydayHealth. Diakses 2022. 7 Scientific Health Benefit of Vitamin C.
  • Healthline. Diakses 2022. 7 Impressive of Vitamin C Supplement.
  • Healthline. Diakses 2022. Can Vitamin C Protect You from COVID-19?
  • Medical News Today. Diakses 2022. Vitamin C: Why is it important?

 

ARTIKEL TERKAIT

Tak Sempat Berjemur Saat Pandemi, Awas Kekurangan Vitamin D!

Info Sehat
15 Mar

Anak Susah Makan, Penuhi Nutrisinya dengan Susu

Info Sehat
08 Mar

Tips Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak Selama Pandemi

Info Sehat
08 Mar

Jaga Daya Tahan Tubuh Anak Saat Pandemi, Pilih Susu yang Mana?

Info Sehat
08 Mar

Awas Gangguan Tumbuh Kembang Anak, Cegah dengan Minum Susu

Info Sehat
08 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat