Pengaruh Fibromyalgia Terhadap Hasrat Seksual
searchtext customer service

Pengaruh Fibromyalgia Terhadap Hasrat Seksual

Efek dari fibromyalgia dapat memengaruhi hasrat seks penderitanya. Seperti apa pengaruhnya? Simak di sini.
Pengaruh Fibromyalgia Terhadap Hasrat Seksual

Fibromyalgia merupakan suatu kondisi saat nyeri pada muskuloskeletal (otot, tulang, dan sendi) disertai dengan gangguan tidur, kelelahan, serta masalah suasana hati. 

 

Selain memicu rasa nyeri, kondisi  ini bisa mengganggu kemampuan seseorang untuk beraktivitas, termasuk aktivitas seksual. 

 

Lantas, bagaimana efek dari fibromyalgia bisa berpengaruh pada pengalaman serta gairah seks seseorang? Berikut ulasannya.

 

 

 

1 dari 3

Pengaruh Fibromyalgia Terhadap Seks

Pengaruh Fibromyalgia Terhadap Seks (Albina-Glisic/Shutterstock)
loading

Kehidupan seksual akan terpengaruh selama seseorang menderita fibromyalgia. Kondisi ini terjadi karena menurunnya gairah seksual serta nyeri yang membuat Anda tidak bisa menikmati hubungan seksual.

 

Dijelaskan oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, “Fibromyalgia bisa menyebabkan penurunan orgasme dan nyeri pada genital. Karena mudah nyeri dan tidak merasakan kenikmatan, gairah seksual pun menurun.”

 

Sementara itu, beberapa penderita fibromyalgia juga sering menghindari berhubungan seksual. Pasalnya, mereka takut cedera dan nyeri yang semakin buruk. 

 

Artikel Lainnya: Badan Pegal Usai Hubungan Seks, Cek 5 Penyebabnya

 

Melansir WebMD, penurunan gairah seksual bisa pula terjadi karena pengaruh obat yang dikonsumsi. Beberapa obat yang dimaksud, antara lain duloxetine, milnacipran, paroxetine, serta sertraline. 

 

Penderita penyakit ini pun ada kalanya merasakan stres. Melansir Verywell Mind, stres akan memicu pelepasan hormon kortisol dan epinefrin yang menyebabkan gairah seksual menurun.

 

Stres akan membuat seseorang memikirkan banyak hal dan mudah letih. Oleh sebab itu, penderita pun akan lebih memilih mengalihkan keinginan untuk berhubungan seksual. 

 

Begitu pula suasana hari penderita yang sesekali memburuk, merasa cemas, serta depresi, akan menurunkan dorongan seksual.

 

Artikel Lainnya: Sederet Penyebab Kram Perut Setelah Berhubungan Intim

 

2 dari 3

Cara Mengurangi Efek Samping Terhadap Seks

Cara Mengurangi Efek Samping Terhadap Seks
loading

Seks memiliki peran penting untuk memperkuat hubungan. Selain itu, hubungan seksual akan meningkatkan endorfin yang bisa mengurangi nyeri dan memicu perasaan bahagia. 

 

Berikut ini adalah tips untuk mengatasi efek samping fibromyalgia terhadap seks.

 

  • Konsultasikan Efek Samping Obat ke Dokter

 

Jika Anda merasa bahwa pengobatan yang diterima bisa memengaruhi hasrat seksual, pertimbangkan untuk mengkonsultasikannya ke dokter.

 

Perubahan jenis obat ataupun mengurangi dosis obat bisa meningkatkan gairah seksual dan membuat Anda bisa menikmati hubungan seksual. Akan tetapi, hindari berhenti ataupun mengganti obat tanpa berkonsultasi ke dokter.

 

  • Mengelola Gejalanya

 

Beberapa penderita fibromyalgia bisa mengalami gejala yang mengganggu kenyamanan, seperti nyeri yang berkelanjutan, kelelahan, kecemasan, kaku pada sendi, serta sulit melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk berhubungan seksual.

 

Untuk itu, cobalah kelola gejala yang ada dengan melakukan pengobatan, serta menjalani pola hidup sehat dengan berolahraga.

 

Artikel Lainnya: Nyeri saat Berhubungan Seks dengan Posisi Woman on Top, Ini Penyebabnya

 

  • Temukan Posisi Seks yang Nyaman

 

Posisi seks yang tepat akan membantu Anda lebih nyaman dalam berhubungan seksual. Misalnya, saat fibromyalgia memicu nyeri pada punggung bawah, Anda bisa berhubungan seks dengan posisi pasangan di atas atau sama-sama berbaring miring.

 

Jika Anda mengalami nyeri pinggul, bisa menggunakan bantal supaya tubuh lebih stabil saat berhubungan seksual. Coba pula posisi lainnya yang dirasa lebih nyaman dan tidak menyebabkan nyeri semakin parah. 

 

Menurut dr. Iqbal, Anda juga bisa menggunakan pelumas seks untuk mengurangi tekanan serta gesekan yang bisa memicu nyeri dan mengganggu kenikmatan dalam berhubungan intim.

 

  • Kompres dan Berendam Air Hangat 

 

Kedua aktivitas ini akan mengurangi beberapa kondisi yang disebabkan oleh fibromyalgia, seperti nyeri dan kejang otot, serta peradangan.

 

Selain itu, sensasi panas dari kompres dan mandi air hangat bisa melancarkan peredaran darah kebagian tubuh yang nyeri dan mengurangi kekakuan yang Anda rasakan.

 

Akan tetapi, pastikan tidak mengompres bagian tubuh yang nyeri dengan air yang terlalu panas karena bisa membuat kulit terbakar. Sementara itu, disarankan untuk berendam dengan air hangat selama 15 menit.

 

[bacajuga:Baca Juga](3649561 3210610 3634298)

 

Itu dia pengaruh fibromyalgia terhadap seks. Pastikan Anda mendapatkan pengobatan yang tepat supaya kehidupan seksual Anda tidak terganggu.

 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, tanyakan ke dokter melalui fitur LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

 

(PUT/AYU)

 

Referensi:

  • WebMD. Diakses 2022. Fibromyalgia and Sex.
  • Mayo Clinic. Diakses 2022. Fibromyalgia.
  • Verywell Mind. Diakses 2022. How Stress Can Cause a Low Libido.
  • Wawancara dr. Muhammad Iqbal Ramadhan.

 

ARTIKEL TERKAIT

Mengenal Tophi, Komplikasi Asam Urat Karena Tidak Diobati

Info Sehat
06 Jan

Manfaat Melakukan Olahraga Barre untuk Kesehatan Tubuh

Info Sehat
12 Des

Awas Gangguan Sendi Mulai Usia 35 Tahun, Lakukan Ini!

Info Sehat
18 Nov

Berbagai Penyakit Sendi yang Harus Anda Waspadai

Info Sehat
21 Okt

Sakit Pinggang Saat Bangun Tidur, Ada Gejala Apa?

Info Sehat
26 Agt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat