Lebih Cepat Diserap, Minuman Vitamin D adalah Pilihan Tepat - Info Sehat Klikdokter.com
searchtext customer service

Lebih Cepat Diserap, Minuman Vitamin D adalah Pilihan Tepat

Memenuhi asupan vitamin D untuk daya tahan tubuh bisa dengan mengonsumsi minuman vitamin D. Kenapa harus dalam bentuk cair? Simak di sini.
Lebih Cepat Diserap, Minuman Vitamin D adalah Pilihan Tepat

Klikdokter.com, Jakarta Sejak pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia, kesadaran terkait menjaga sistem imun tubuh semakin meningkat. 

Ada banyak cara menjaga daya tahan tubuh, mulai dari makan makanan bergizi, olahraga teratur, tidur cukup, hingga konsumsi vitamin pendukung. 

Salah satu vitamin yang dikatakan sangat berperan dalam sistem kekebalan tubuh adalah asupan vitamin D. Vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin larut lemak yang berperan besar dalam sistem imun manusia. 

Bagi masyarakat awam, vitamin D dulunya hanya dikenal berperan dalam penyusunan tulang dan gigi saja, sehingga lebih banyak diberikan kepada anak-anak dalam bentuk susu.

Artikel Lainnya: Vitamin D Pengaruhi Risiko Kematian COVID-19? Ini Kata Peneliti

Berbagai penelitian terkini menemukan bahwa vitamin D juga memiliki andil penting dalam melindungi tubuh manusia dari serangan penyakit, utamanya penyakit-penyakit infeksi seperti COVID-19. 

Data dari berbagai jurnal ilmiah menyebutkan bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin D rendah di dalam tubuhnya cenderung memiliki gejala yang lebih berat jika menderita penyakit virus corona. 

Pada penelitian lain juga menemukan hubungan yang kuat antara tingkat kematian akibat virus corona dengan rendahnya kadar vitamin D dalam darah. 

Hal tersebut semakin didukung oleh fakta bahwa pemberian vitamin D pada pasien coronavirus dapat menurunkan risiko perburukan dan kematian akibat COVID-19.

Bagaimana vitamin D dapat mencegah perburukan COVID-19? Salah satunya karena vitamin ini mencegah munculnya badai sitokin, salah satu penyebab utama kerusakan jaringan dan gagal napas pada pasien virus corona.

Oleh sebab itu, di tengah serangan gelombang ketiga virus corona (gelombang coronavirus omicron) saat ini, sangat direkomendasikan bagi setiap orang untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian, yaitu antara 400 IU pada bayi hingga 1000 IU pada orang dewasa. 

Sebenarnya, vitamin D dapat diperoleh dari berbagai sumber. Tetapi, meski Indonesia merupakan negara tropis, ternyata masih banyak masyarakat yang mengalami kekurangan vitamin D.

Jadi, dibutuhkan tambahan asupan vitamin D yang lain selain dari paparan sinar matahari. Salah satu yang sangat mudah dilakukan adalah dengan mengonsumsi minuman vitamin D.

Artikel Lainnya: Vitamin D Pengaruhi Risiko Kematian COVID-19? Ini Kata Peneliti

1 dari 3

Vitamin D dalam Bentuk Cair Lebih Cepat Diserap Tubuh

loading

Ya, salah satu cara mendapatkan vitamin D harian Anda adalah dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung vitamin D. Mengapa? 

Para dokter merekomendasikan untuk konsumsi vitamin D dalam bentuk cair. Karena, vitamin D dalam bentuk cair relatif lebih mudah & cepat diserap oleh tubuh dibandingkan dalam bentuk kapsul, tablet, atau hisap. Selain itu, bentuk cair juga tidak harus mengalami proses pencernaan seperti makanan.

Vitamin D Bentuk Cair

Penyerapan oleh tubuh hingga 98%

Vitamin D Bentuk Tablet/Isap

Penyerapan oleh tubuh 3-20%

Dokter umum menyampaikan bahwa mengonsumsi vitamin cair untuk daya tahan tubuh tentunya juga sangat efektif dan praktis. Dapat dikonsumsi di mana saja dan kapan saja. 

Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh dan terhindar dari berbagai penyebab penyakit COVID-19.

Perlu diingat bahwa vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Jadi, untuk semakin mempermudah penyerapannya, Anda juga disarankan mengonsumsinya bersamaan dengan makanan yang mengandung lemak.

Artikel Lainnya: Kombinasi Vitamin Terbaik untuk Jaga Imun Selama Pandemi

2 dari 3

Pilihan Minuman Vitamin D yang Efektif dan Praktis

loading

Lalu, minuman apa yang mengandung vitamin D yang dapat memenuhi kebutuhan harian anda? Jawabannya adalah Hydro Coco VITA-D

Hydro Coco VITA-D merupakan minuman dengan vitamin D3 pertama di Indonesia, Hydro Coco VITA-D tinggi vitamin D3, yaitu sebanyak 600 IU, sehingga 100% memenuhi kebutuhan vitamin D3 harian tubuh.

Selain itu, minuman kemasan ini sangat praktis untuk dibawa kemana-mana. Jadi, Hydro Coco VITA-D dapat dikonsumsi di manapun dan kapanpun Anda inginkan.

Dengan mengkonsumsi vitamin D dari Hydro Coco VITA-D, daya tahan tubuh akan terjaga selama pandemi. Anda pun akan terlindungi dari berbagai faktor penyebab penyakit COVID-19. 

Selain kaya akan vitamin D, Hydro Coco VITA-D yang berasal dari air kelapa asli juga mengandung berbagai nutrisi, serat, dan kaya akan mineral. Manfaat minuman vitamin D ini pun sangat baik untuk kesehatan Anda secara umum. 

Hydro Coco VITA-D aman dikonsumsi setiap hari, karena tidak mengandung pengawet dan memiliki logo PLS (pilihan lebih sehat) berkat kadar gula yang rendah.

Baca Juga

Oleh sebab itu, jangan ragu lagi untuk memenuhi kebutuhan vitamin D anda dengan rutin mengkonsumsi Hydro Coco VITA-D. Anda bisa mendapatkannya di Indomaret, Alfamart, supermarket terdekat (area pulau jawa). 

Pertanyaan seputar COVID-19 atau masalah kesehatan lainnya bisa Anda berikan lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

Referensi: 

National Library of Medicine (PubMed). Diakses 2022. Bioavailability of Different Vitamin D Oral Supplements in Laboratory Animal Model.

Healing Blends. Diakses 2022. Liquid or Pill Vitamin: Which is Better?

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Zakya Radhita Nasution

Dokter Umum
wallet
Rp. 15.000
avatar

dr. Wendri Wildiartoni Pattiawira

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Benarkah Flu Patch Bisa Menggantikan Peran Vaksin Flu?

Info Sehat
24 Mar

Vaksin COVID Diperpanjang Masa Kedaluwarsanya, Efektifkah?

Info Sehat
24 Mar

Awas Tertukar Gejala Omicron dan Flu, Kapan Harus Tes PCR?

Info Sehat
23 Mar

Penuhi Kebutuhan Vitamin C Pasien Isoman dengan Minuman Ini

Info Sehat
18 Mar

Tidak Sebabkan Batuk & Pilek, Makan Es Krim Justru Memberikan Manfaat untuk Kesehatan

Info Sehat
17 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat